Doa untuk Orang Sakit dan Arti Syafakillah Beserta Jawabannya yang Benar

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 21 Januari 2022 12:47
Doa untuk Orang Sakit dan Arti Syafakillah Beserta Jawabannya yang Benar
Saat sedang menjenguk orang sakit, maka doa-doa inilah yang bisa dibacakan untuk memohon kesembuhan.

Dream – Ketika ada anggota keluarga, saudara, maupun teman yang sedang sakit, sudah sewajarnya jika Sahabat Dream merasa khawatir. Kamu ingin sekali mengetahui bagaimana kondisinya saat ini dan sebisa mungkin menjenguk dan memberikannya semangat untuk sembuh.

Ketika tak bisa datang menjenguk, kita biasanya akan memberikan semengat untuk orang sakit melalui pesan WhatsApp. Bagi orang yang sedang menjenguk orang sakit, maka jangan lupa untuk turut mendoakannya juga.

Doa untuk orang sakit sangat penting sebagai permohonan kepada Allah SWT yang memiliki kuasa dalam menyembuhkan hamba-Nya yang sedang mengalami penyakit.

Salah satu tren yang banyak kita saksikan saat ini adalah beberapa teman di WhatsApp Group yang memberikan ucapan “ Syafakillah” atau “ Syafakallah”. Ucapan yang sama juga disampaikan ketika menjenguk orang sakit?

Dua kata ini memang semakin sering kita dengar ketika sedang menjenguk orang sakit dan menjadi bagian dari ucapan doa untuk orang sakit.

Mungkin dari sahabat Dream ada yang belum mengetahui artinya atau bahkan ada yang sudah tahu, tetapi belum mengetahui bagaimana jawaban dari ucapan tersebut.

Berikut ini akan dibahas terkait ucapan arti dari syafakillah beserta jawabannya dan ucapan doa untuk orang sakit yang biasanya dibaca sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui Kapanlagi.com.

1 dari 2 halaman

Arti Ucapan Syafakillah dan Jawabannya

Arti Ucapan Syafakillah dan Jawabannya© Freepik.com

Saat sedang menjenguk orang sakit dan mendoakannya, sahabat Dream mungkin pernah mendengar ada yang menyebutkan “ Syafakillah”. Ya, ucapan ini adalah ucapan yang baik, begitu juga dengan artinya yang memohon kesembuhan untuk orang sakit tersebut.

Untuk kata “ Syafakillah” sendiri ditujukan sebagai doa untuk perempuan yang sedang sakit. Berikut adalah bacaan doa lengkapnya yang bisa dibaca ketika menjenguk seorang perempuan yang sedang sakit:

شفـاك الله شفـاء عاجلا، شفـاء لا يغـادر بعده سقمـا

Syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba'dahu saqaman.

Artinya: “ Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya, dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

Setelah diberikan ucapan doa untuk orang sakit tersebut, maka harus dijawab oleh orang yang sedang sakit. Jawaban dari doa tersebut adalah:

Aamin.

Artinya: “ Kabulkanlah (Ya Allah).”

Tidak hanya menjawab “ Aamin” saja. Selain itu bisa juga mengucapkan rasa syukur dengan menjawabnya sebagai berikut:

Jazaakumullah khairan.

Artinya: “ Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan.”

Setelah mengetahui ucapan doa untuk orang sakit berupa “ Syafakillah” dan jawabannya, sahabat Dream juga perlu untuk mengetahui beberapa istilah ucapan lain yang hampir sama, namun sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Berikut adalah beberapa istilah tersebut:

Syafakallah: “ Semoga Allah menyembuhkan kamu” (Ditujukan untuk laki-laki yang sedang sakit).

Syafakillah: “ Semoga Allah emnyembuhkan kamu” (Ditujukan untuk perempuan yang sedang sakit).

Syafahullah: “ Semoga Allah menyembuhkannya” (Ditujukan untuk orang ketiga. Bisa dibacakan doa yang sama dengan mengganti pada bagian awal doa menjadi bacaan Syafahallah untuk laki-laki).

Syafahallah: “ Semoga Allah menyembuhkannya” (Ditujukan untuk orang ketiga. Bisa dibacakan doa yang sama dengan mengganti pada bagian awal doa menjadi bacaan Syafahallah bagi perempuan).

2 dari 2 halaman

Ucapan Doa untuk Orang Sakit Lainnya

Ucapan Doa untuk Orang Sakit Lainnya© Freepik.com

Saat menjenguk orang sakit, ada ucapan doa untuk orang sakit lainnya yang bisa dibaca. Doa ini juga sangat baik untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sedang sakit. Berikut adalah beberapa bacaan doa untuk orang sakit yang bisa sahabat Dream baca:

Doa untuk Orang Sakit Pertama

Berikut adalah ucapan doa untuk orang sakit yang bisa sahabat Dream baca untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sedang sakit:

اَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ اَنْ يُعَافِيَكَ وَيُشْفِيَكَ

As alulloohal 'adziima robbal 'arsyil 'adziimi ayyu'aafiika wa yusyfiyaka.

Artinya: “ Aku memohon pada Allah yang Maha Agung, Tuhan Arsy yang agung, semoga memberikan kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit).

Doa untuk Orang Sakit Kedua

Berikut adalah ucapan doa untuk orang sakit yang bisa sahabat Dream baca utnuk memohon kesembuhan dan berharap agar penyakit tersebut tidak kambuh lagi:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robban naasi adzhibil ba'sa asyfi antasy syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-an laa yughoodiru saqoman.

Artinya: “ Ya Allah, Tuhan semua manusia, hilangkan penyakitnya, sembuhkan dia. Hanya Engkau yang bisa menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan yang berasal dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

Doa untuk Orang Sakit Ketiga

Berikut adalah ucapan doa untuk orang sakit agar sakit yang diderita bisa menghapuskan dosa-dosanya:

ﻻَﺑَﺄْﺱَﻃَﻬُﻮْﺭٌﺇِﻥْﺷَﺎﺀَﺍﻟﻠﻪُ

Laa yaksa thohuurun in syaa Allah.

Artinya: “ Tidak mengapa, semoga sakitmu menghapuskan dosa-dosamu. Insya Allah.”

Itulah penjelasan tentang ucapan Syafakillah yang ditujukan pada orang sakit berikut dengan jawabannya serta beberapa ucapan doa untuk orang sakit yang bisa dibaca ketika sedang menjenguk orang sakit.

Beri Komentar