Untuk Kaum Hawa, Lima Amalan Ini Buat Makin Cantik

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 15 Oktober 2019 15:00
Untuk Kaum Hawa, Lima Amalan Ini Buat Makin Cantik
Cantik bisa didapat lewat amalan sholeh.

Dream - Kecantikan, sifat yang melekat pada diri setiap wanita. Sifat tersebut membuat wanita tampak menyenangkan di hadapan orang lain.

Kecantikan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu cantik fisik dan cantik batin (inner beauty). Cantik fisik mudah didapat lewat beragam perawatan.

Berbeda dengan cantik batik atau cantik dari dalam. Kecantikan yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan sifat dan perilaku seorang wanita kepada orang lain.

Inner beauty mengarahkan wanita untuk selalu berbuat kebaikan kepada sesamanya. Dia tidak pernah tega melihat saudaranya kesusahan dan berusaha memberikan bantuan sebisanya.

Selain itu, inner beauty juga mendorong seorang wanita untuk berperilaku lembut namun kuat sekaligus. Sehingga kaum hawa bukanlah makhluk yang lemah.

Dikutip dari Bincang Syariah, Islam menyeru pada kecantikan dan keindahan namun dengan cara yang patut. Karena Islam sangat menghargai dan melindungi harkat dan martabat para wanita.

Setiap wanita punya cara masing-masing untuk mempercantik dirinya. Pun demikian dengan para Muslimah.

1 dari 6 halaman

Amalan Sholeh Percantik Diri

Namun demikian, seorang Muslimah dapat mempercantik diri lewat sejumlah amalah sholeh. Amalan-amalan tersebut akan membuat kecantikan seorang Muslimah terpancar.

Amalan pertama yaitu wudu. Selain sebagai cara bersuci, amalan ini juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Wudu dapat membuat kulit semakin cerah. Ini karena setiap kotoran pada kulit terhapus olehnya.

Tak hanya itu, wudhu juga membuat otot rileks dan pikiran menjadi tenang. Maka dianjurkan berwudhu sebelum tidur agar tubuh bisa beristirahat secara maksimal.

Amalan kedua yaitu sholat Tahajud. Sholat ini tidak sekadar ibadah melainkan rahasia kecantikan Muslimah.

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, disebutkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa orang yang melaksanakan sholat Tahajud di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari.

Sehingga, wajah seorang Muslimah yang melaksanakan sholat Tahajud di malam hari akan berseri di pagi harinya.

 

2 dari 6 halaman

Perbanyak Puasa, Sedekah, dan Zikir

Amalan ketiga yaitu puasa. Ini merupakan cara yang efektif untuk program diet demi mendapatkan tubuh ideal.

Banyak program diet yang kini sedang tren di masyarakat. Tetapi, tidak jarang program tersebut justru menimbulkan sakit.

Berbeda dengan puasa yang bernilai ibadah. Puasa bisa mengurangi berat badan dan berdampak baik pada kesehatan jiwa.

Amalan keempat yaitu bersedekah. Amalan ini mendorong untuk bersikap ikhlas atas pemberian kepada sesama sekaligus menghindarkan dari kecintaan dunia.

Orang yang terlalu memetingkan urusan duniawi cenderung lebih mudah stres. Ini karena dia sibuk memikirkan cara untuk mempertahankan hartanya.

Dampak yang sangat mudah terlihat yaitu wajah. Orang stres memiliki wajah yang terlihat selalu ketakutan, berkerut dan lesu.

Berbeda dengan orang yang rajin sedekah, wajahnya selalu terlihat ceria. Wajah tersebut memberikan dampak positif bagi diri dan lingkungannya.

Sedangkan amalan kelima yaitu zikir. Amalan ini membuat hati menjadi tentram dan membuat wajah sedap dipandang.

Wanita yang banyak berzikir akan memiliki wajah cantik berseri. Sehingga, zikir merupakan salah satu jalan yang tepat bagi seorang wanita tampil cantik.

Sumber: Bincang Syariah

3 dari 6 halaman

Dianjurkan Sholat Taubat Setiap Hari, Ini Manfaatnya

Dream - Tak ada manusia yang terlepas dari dosa, kecuali mereka yang sudah ditetapkan oleh Allah sebagai manusia ma'shum, yaitu para nabi dan rasul.

Sadar atau tidak, kita kerap melakukan kesalahan setiap harinya. Kesalahan tersebut berdampak pada semakin meningkatnya dosa.

Sudah jamak dipahami, dosa menyebabkan seseorang dimasukkan ke dalam negara. Bahkan dosa yang sifatnya kecil bisa jadi penghalang seseorang masuk surga.

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk selalu memohon ampun kepada Allah. Baik dengan ibadah maupun doa.

Dikutip dari Islami, cara tobat bisa melalui sholat Taubat. Sholat ini dapat menjadi penghapus dosa yang telah kita lakukan.

4 dari 6 halaman

Manfaat Sholat Taubat Setiap Hari

Sangat dianjurkan melaksanakan sholat Taubat setiap hari. Ini mengingat bisa jadi kita melakukan kesalahan setiap harinya.

Dasar pelaksanaan sholat Taubat salah satunya yaitu hadis riwayat Imam Tirmidzi.

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " Seorang hamba yang melakukan dosa kemudian dia bersuci dan mengerjakan sholat, setelah itu minta ampun kepada Allah, maka Allah akan mengampuni dosanya." Setelah itu, Rasul membaca ayat 'Dan juga orang-orang yang apabila melakukan perbuatan keji dan menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, dan mohon ampun atas dosa-dosa mereka (Surat Ali Imron ayat 135)'.

Sholat Taubat dilaksanakan dalam dua rakaat. Hati difokuskan untuk mengingat Allah.

Usai sholat, dianjurkan memperbanyak istighfar untuk memohon ampunan. Mudah-mudahan amalan ini dapat menjadi penggugur dosa.

Dianjurkan setiap hari agar Allah selalu mengampuni segala dosa yang pernah kita lakukan. Baik itu disengaja maupun tidak.

Sumber: Islami.

5 dari 6 halaman

Jangan Pernah Memotong Omongan Orang Lain, Ini Penjelasan Ulama

Dream - Islam mengajarkan manusia untuk menjadi makhluk beradab. Karena adab merupakan patokan dalam menilai perilaku seseorang.

Seseorang yang memiliki adab baik tidak akan menimbulkan kerugian dan kerusakan bagi saudaranya. Demikian pula sebaliknya, jika adab seseorang buruk, dia bisa menjadi ancaman bagi sesamanya.

Salah satu adab yang sangat diperhatikan dalam ajaran Islam adalah berbicara dengan orang lain. Ada sejumlah larangan yang harus diperhatikan, terutama soal memotong omongan orang lain.

Dalam ajaran Islam, memotong omongan orang lain merupakan aktivitas yang dilarang. Ada banyak dampak buruk yang ditimbulkan dari aktivitas ini.

Dikutip dari NU Online, Sayyid Abdullah bin Alawi Al Haddad dalam kitabnya Risalatul Mu'awanah wal Mudhaharah wal Muwazarah memberikan penjelasan sebagai berikut.

" Dengarkan orang lain yang berbicara kepadamu, dan jangan sekali-kali kamu putus pembicaraan itu, kecuali mengandung ucapan yang mendatangkan murka Allah, seperti ghibah (menggunjing), misalnya. Apabila seseorang sedang membicarakan sesuatu padamu, sedangkan engkau telah mengetahuinya sebelumnya, jangan tunjukkan bahwa engkau telah mengetahuinya. Yang demikian itu dapat membuatnya tersinggung. Ketika seseorang berbicara kepadamu tentang hal yang tidak sebenarnya, janganlah engkau mengatakan padanya, 'Berita itu tidak seperti yang engkau katakan, tetapi 'begini'... dan 'begini'... Dan jika berita itu berkaitan dengan masalah keagamaan, tunjukkan kepadanya bagaimana sebenarnya secara halus sehingga tidak menyinggung perasaannya."

 

6 dari 6 halaman

Sejauh Bukan Gunjingan

Larangan memotong omongan orang lain salah satunya karena setiap orang punya untuk didengarkan. Sehingga, hak dia untuk berbicara tidak bisa dipotong begitu saja tanpa alasan yang dibenarkan syariat.

Dibolehkan memotong omongan jika yang dibicarakan merupakan hal yang tidak sesuai syariat, seperti menggunjing. Karena menggunjing adalah hal yang dilarang dalam Islam dan pelakunya diibaratkan seperti sedang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Tetapi, memotong omongan yang tidak menggunjing dibolehkan. Syaratnya, sebelumnya memohon izin lebih dulu.

 

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie