Waktu Terbaik Baca Alquran Saat Ramadan, Kapan Itu?

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 13 April 2021 20:00
Waktu Terbaik Baca Alquran Saat Ramadan, Kapan Itu?
Tadarus jadi aktivitas ibadah yang identik dengan Ramadan.

Dream - Selain sholat Tarawih, aktivitas ibadah lain yang cukup identik dengan Ramadan yaitu membaca Alquran bersama-sama. Masyarakat mengenal aktivitas ini dengan tadarus Alquran.

Tadarus Alquran dilakukan beberapa orang muslim di masjid atau mushola. Setiap orang akan kebagian jatah membaca Alquran, melanjutkan bacaan orang sebelumnya.

Baca Alquran jadi aktivitas yang memang dianjurkan. Khususnya saat Ramadan berlangsung.

Bahkan terdapat anjuran untuk memperbanyak khatam Alquran di bulan Ramadan. Dibolehkan khatam dalam satu hari, sementara hal ini tidak terjadi di bulan-bulan lainnya.

Sebenarnya, adakah kaidah mengenai waktu terbaik baca Alquran saat Ramadan?

 

1 dari 2 halaman

Waktu Baca Alquran

Terkait hal ini, ada baiknya kita menyimak penjelasan Imam An Nawawi yang dituangkan dalam kitab Al Adzkar.

" Adapun waktu utama baca Alquran di luar shalat ialah pada malam hari. Paruh kedua malam lebih utama dibanding paruh pertama. Disunahkan juga membacanya ketika selang waktu maghrib dan isya. Sementara waktu siang, yang dianjurkan ialah ketika usai shalat subuh. Pada prinsipnya, kapan pun baca Alquran diperbolehkan. Tidak ada kemakruhan untuk baca Alquran kapan saja. Bahkan baca Alquran di waktu yang dimakruhkan sholat sekali pun tetap diperbolehkan."

Semangat Baca Alquran Selama Ramadan, Begini Caranya© MEN

 

2 dari 2 halaman

Rinciannya

Dari penjelasan tersebut, dapat diketahui waktu terbaik baca Alquran yaitu dalam sholat. Sedangkan di luar itu, yaitu pada malam hari.

Tepatnya pada paruh kedua dibandingkan di paruh pertama. Dianjurkan juga membaca Alquran di antara waktu Maghrib dan Isya.

 

Ilustrasi Doa Berdoa Baru© Ilustrasi (Shutterstock.com)

Membaca Alquran pada siang hari juga dibolehkan. Tetapi sangat dianjurkan setelah sholat Subuh.

Meski demikian, pada dasarnya membaca Alquran kapan saja dibolehkan. Meskipun dalam waktu dimakruhkan sholat seperti sebelum Dhuha dan sesudah Ashar.

Sumber: NU Online

Beri Komentar