Susi, Wanita Sukses Bangkitkan Pelelangan Ikan Pangandaran

Reporter : Ayik
Rabu, 29 Oktober 2014 10:45
Susi, Wanita Sukses Bangkitkan Pelelangan Ikan Pangandaran
Ia melihat potensi pada ibu-ibu di lingkungan sekitar yang menjadi wanita pengangkat bakul ikan. Bermodalkan Rp 750 ribu, Susi menjalankan usahanya itu.

Dream - Susi Pudjiastuti merupakan Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti yang mengelola sebuah perikanan dan kelautan, selain itu ia juga pemilik dari PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan penerbangan Susi Air. Semua ha litu tidak didapatkan secara instan. Di balik kesuksesannya, banyak airmata yang membasahi pipi. Menjadi Menteri mungkin puncak cerita tentang sukses seorang pengusaha otodidak ini.

Wanita kelahiran Pangandaran 15 Januari 1965 ini telah memiliki lebih dari 50 unit pesawat berbagai jenis. Padahal ia tak pernah menamatkan bangku SMA. Pesawat itu antara lain Grand Caravan 208B, Piaggio Avanti II, Pilatus Porter, serta Diamond DA 42. Kebanyakan pesawat itu dioperasikan di luar Jawa seperti di Papua dan Kalimantan.

Pada 1983 Susi menjual perhiasan kalung, gelang dan cincin miliknya demi mengelola tempat pelelangan di Pangandaran. Ia melihat potensi pada ibu-ibu di lingkungan sekitar yang menjadi wanita pengangkat bakul ikan. Bermodalkan Rp 750 ribu, Susi menjalankan usahanya itu. Hasil pertama sebanyak 1 kilogram ikan, dan hanya cukup untuk satu resto saja.

Usahanya dalam memajukan bisnis perikanannya, ia mencoba masuk pasar kota besar seperti Jakarta. Ia membeli sebuah truk sebagai alat transportasi memasarkan ikan-ikannya. Susi rela bekerja keras, berangkat sore agar sesampainya di Jakarta pukul 2 pagi.

Penasaran dengan kisah sukses Susi? Yuk simak kisahnya Baca di sini

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar