Zikir Pagi dan Sore Ada Batas Waktunya, Kapan?

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 8 November 2018 06:01
Zikir Pagi dan Sore Ada Batas Waktunya, Kapan?
Di luar waktu yang disebutkan dalam Alquran dan Hadis tidak termasuk pagi dan sore.

Dream - Salah satu dari amalan yang begitu dianjurkan adalah zikir di kala pagi dan sore. Dua waktu ini dianggap memiliki keistimewaan tersendiri yang tepat digunakan untuk mengingat Allah SWT.

Ketentuan mengenai zikir di waktu pagi dan sore tercantum secara tersirat pada Surat Ghafir ayat 55.

" Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu sore dan pagi."

Tetapi, kapankah zikir ini dijalankan? Adakah batas waktu pelaksanaan zikir pagi dan siang?

Dikutip dari Islami.co, waktu zikir pagi dimulai sejak tibanya waktu Subuh hingga matahari terbit. Sementara zikir sore mulai sejak masuknya waktu Ashar hingga matahari terbenam.

1 dari 1 halaman

Dalil yang Mendasari

Dasarnya adalah firman Allah SWT dalam Surat Qaf ayat 39 yang artinya sebagai berikut.

" Maka bersabarlah kamu terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)."

Dalil lain yang menjadi hujjah atas batasan waktu zikir ini adalah hadis Rasulullah Muhammad SAW diriwayat Imam Abu Dawud dari Anas bin Malik RA.

" Aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Shubuh hingga terbit matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak dari putra Nabi Ismail AS. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berzikir kepada Allah mulai dari (waktu) sholat Ashar sampai terbenam matahari lebih aku cintai daripada memerdekakan empat orang budak."

Ayat dan hadis ini merupakan hujjah (dasar hukum) yang kuat mengenai batasan waktu zikir pagi dan sore. Pada dua waktu tersebut, kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak zikir.

Selengkapnya...

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark