Menguji Xpander Cross: Garang di Luar, Lembut di Dalam

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 7 Februari 2020 15:40
Menguji Xpander Cross: Garang di Luar, Lembut di Dalam
(Katanya) juara banget kenyamanannya, bener gak tuh?

Dream – Perjalanan Media Drive Mitsubishi batch terakhir di Lombok, diawali dengan pembagian kendaraan bagi masing-masing kelompok. Sesuai dengan jenisnya, ada yang menjajal Xpander Cross, Outlander PHEV, Eclipse Cross hingga New Triton. Tim Dream berkesempatan mencoba kenyamanan (penumpang) Xpander Cross tipe transmisi manual.

Dilihat dari sisi luar, mobil SUV ini cukup elegan dengan desain yang maskulin. Dengan panasnya kota Lombok yang mencapai sekitar 33 derajat celsius dan cukup menyengat, memasuki ruangan mobil ini terasa sangat nyaman.

 Sensasi Ketangguhan Xpander Cross Jelajah Pulau Seribu Masjid© DREAM.CO.ID

Desain ruangan elegan dan minimalis, ruangan yang besar serta sejuknya AC membuatmu lebih rileks setelah terpapar matahari atau berkeringat.

Di sela-sela kursi supir dan penumpang terdapat area yang digunakan sebagai tempat persneling serta penyimpanan barang cukup besar. Namun, itu tidak terlalu mengganggu posisi duduk.

1 dari 4 halaman

Seberapa Nyaman?

Posisi duduk juga tetap nyaman meskipun terdapat laci yang cukup besar di bawah dasbor. Tim Dream bisa duduk nyaman tanpa mengganggu kaki penumpang di belakangnya karena ruangan belakang masih cukup lega.

 Sensasi Ketangguhan Xpander Cross Jelajah Pulau Seribu Masjid© DREAM.CO.ID

Kenyamanan jadi semakin lengkap dengan menyetel lagu via Bluetooth atau kabel USB. Kedua koneksi tersebut berlaku pada iPhone dan Android.

 Sensasi Ketangguhan Xpander Cross Jelajah Pulau Seribu Masjid© DREAM.CO.ID

Jika suaranya terlalu kencang atau kecil dan mengganggu konsentrasi, supir bisa mengontrolnya lewat tombol yang ada pada stir mobil.

2 dari 4 halaman

Ini Keunggulannya

Berada di kursi tengah Xpander Cross sama nyamannya dengan yang di depan. Ruangannya cukup lega dan terdapat port charger USB agar bisa mengisi daya baterai ponsel atau barang elektronik lainnya.

Kompartemen dalam mobil ini pun cukup banyak. Di belakang kursi penumpang depan dan di pintu. Selain memiliki kursi depan dan tengah yang cukup luas, ternyata bagasi di belakangnya cukup luas.

 Sensasi Ketangguhan Xpander Cross Jelajah Pulau Seribu Masjid© DREAM.CO.ID

Terlepas dari interiornya, mobil ini memiliki hentakkan yang cukup halus. Dijalanan berbatu juga bisa membuatmu tetap nyaman dan performanya cukup prima. Itu berkat adanya special tuned suspension (supsensi khusus) dengan rebound spring dibanding dengan Xpander biasa.

Salah satu nilai plus lainnya, kekedapan kabin sangat baik. Suara bising nyaris tak terdengar dari luar saat semua kaca ditutup.

 Sensasi Ketangguhan Xpander Cross Jelajah Pulau Seribu Masjid© DREAM.CO.ID

Mobil ini sangat cocok digunakan untuk sehari-hari maupun perjalanan jauh. Apalagi, mobil ini cukup irit dan memuat banyak orang serta barang. Sangat ideal untuk bepergian bersama keluarga maupun teman-teman.

3 dari 4 halaman

Seberapa Laku, Siapa Saja Pembelinya?

Dream - Sejak resmi diluncurkan pada November 2019, Xpander Cross diklaim mencapai target penjualan yang telah ditetapkan distributor resmi Mitsubishi di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI)

Menurut Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group PT MMKSI, sejak launching November sampai dengan Desember 2019 penjualan (retail) Xpander Cross sudah mencapai 2.121 unit.

Sedangkan penjualan sepanjang Januari 2020, Xpander Cross telah terjual hingga 1.812 unit. Harapan Mitsubishi, Xpander Cross bisa menambah volume 1.500 sampai 2.000 unit

Adapun penjualan terbesar Xpander Cross masih berada di wilayah Jabodetabek, sebanyak 39 persen, kemudian Jawa Timur 11 persen, Jawa Barat 9 persen, Jawa Tengah 5 persen dan pulau Sumatra 4 persen.

4 dari 4 halaman

Daftar Harganya

Dream - Mitsubishi Xpander akhirnya memiliki adik baru. Setelah dirilis pertama kali tahun 2017 lalu, Mitsubishi Motor Indonesia resmi memperkenalkan Xpander versi SUV hari ini, Selasa, 12 November 2019.

Diberi nama Xpander Cross, Mitsubishi menampilan sisi lain dari Xpander yang lebih macho dan `berotot`.

" Dengan diluncurkan Xpander Cross, kami akan mengembangkan kapasitas produksi guna bersiap meningkatkan ekspor," kata Executie Officer Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato, di Jakarta, Selasa 12 November 2019.

 Mitsubishi Xpander Cross. © Dream.co.id/Sandy Adam

Xpander Cross hadir dalam tiga model berbeda yaitu M/T dengan transmisi manual, A/T yang bertransmisi otomatis, dan oaket premium dalam leather seat premium package yang menggunakan transmisi otomatis.

Mobil Xpander Cross tersedia dalam warna quartz white pearl, jet black mica, sterling silver metallic, graphite grey metallic, dan sunrise orange metallic.

Mitsubishi mematok harga jual Xpander Cross dikisaran Rp267,7 juta--Rp286,7 juta.

Berikut ini rinciannya.

1. Xpander Cross leather seat premium: Rp286,7 juta

2. Xpander Cross A/T: Rp277,7 juta

3. Xpander Cross M/T: Rp267,7 juta.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya