Pajero Sport Bekas Jadi Primadona

Reporter : Putu Monik Arindasari
Kamis, 18 Maret 2021 08:12
Pajero Sport Bekas Jadi Primadona
Masih cukup tingginya harga baru Pajero Sport, membuat beberapa orang akhirnya lebih memilih versi bekasnya.

Dream - Mitsubishi Pajero Sport menjadi salah satu favorit di segmen SUV medium. Pun di pasar mobil bekas, mobil yang satu ini merupakan model yang banyak diminati.

Posturnya tinggi besar sehingga terkesan gagah dan prestisius. Plus kemampuannya dalam menerjang berbagai medan jalan, menjadi alasan banyak orang untuk memilih mobil ini.

Sayangnya, masih cukup tingginya harga baru Pajero Sport, membuat beberapa orang akhirnya lebih memilih versi bekasnya.

" Pajero Sport memang banyak diminati. Biasanya tidak lama di showroom, udah laku terjual," kata Joni Gunawan, pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua saat berbincang dengan Dream, Rabu 17 Maret 2021.

Menurutnya Pajero Sport memiliki banyak varian yang tentunya akan menawarkan banyak kelebihan buat pemburu mobil bekas. Dengan harga yang sepadan, Pajero Sport bekas memberikan nilai lebih dari segi kelengkapan.

 

1 dari 5 halaman

Tipe Paling Laku

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Adapun Pajero Sport yang paling diminta adalah varian Dakar. Kemudian, Exceed AT karena jadi tipe termurah dengan transmisi otomatis.

" Paling laku itu yang Varian Dakar. Harga bervariasi, tergantung dari tahun keluaran dan kondisinya," kata Joni

Namun, kata dia, Pajero Sport memiliki harga yang cukup bertahan dibandingkan pesaing terkuatnya, Toyota Fortuner.

Harga Pajero Sport edisi 2009 - 2015 (generasi kedua) memiliki rentang harga Rp190-300 juta. Untuk generasi ketiga yang rilis pada 2016, kisaran harga di atas Rp330 juta.

Misalnya Pajero Sport Dakar keluaran 2017 dijual Rp400 juta, dan versi tahun 2018 tipe Dakar Ultimate seharga Rp450 juta.

Sedangkan Pajero Sport tahun 'muda' antara 2019 dan 2020 dijual harga bekasnya Rp470-500 juta.

© Dream
2 dari 5 halaman

Alasan yang Membuat Pajero Sport Layak Dibeli

Untuk harga bekasnya sendiri, di kelas mobil SUV harga Mitsubishi Pajero Sport cukup bersaing dengan merek lainnya. Contohnya saja bila dibandingkan dengan SUV sporty dari Toyota yaitu, Frotuner.

Pajero Sport bekas generasi kedua dibanderol dengan kisaran harga Rp200-300 juta. Bergantung pada tahun dan varian yang dipilih.

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Performa Mesin Tangguh

Mitsubishi Pajero Sport 2009 memiliki performa mesin yang tangguh. Ditenagai mesin 4D56 2.477 cc 4 silinder SOHC. Tenaga mesin ini mampu mencapai 138 horsepower dan torsi maksimal 314 Nm.

Mitsubishi Pajero Sport dirilis dengan dua macam sistem penggerak roda yakni 4x4 dan 4x2. Keduanya memiliki kekuatan mesin yang sama. Transmisi Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Bagian suspensi depan disematkan Independent double wishbone dan bagian belakang Rigid Axle dengan per daun.

3 dari 5 halaman

Interior

Dibandingkan kompetitor lainnya, Mitsubishi Pajero Sport memiliki ruang kabin yang lega. Kelegaan ini terutama begitu terasa pada tempat duduk row kedua. Hal ini yang akan membuat penumpang row kedua merasa nyaman saat berkendara dengan Pajero Sport.

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Desain dashboard juga terlihat mewah, dengan paduan dominasi warna silver dan hitam dan tambahan aksen kayu.

Dengan bahan hardplastic, di bagian dashboard juga terdapat AC controller dan gate type cukup mewah. Di bagian headunit tersematkan sistem audio tanam yang mampu memutar musik CD dan Radio.

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Bagian Multi Instrumen Display (MID) Mitsubishi Pajero Sport menggunakan tipe analog. Jok kursi memiliki material kulit dengan bahan standar. Di bagian kemudi, terlihat tambahan fitur Audio Control yang membantu pengemudi saat ingin mengatur audio.

Kabin cukup lapang memberi ruang yang luas untuk membawa barang-barang tambahan di kursi penumpang. Tentunya fitur yang pasti ada di kelas SUV premium adalah sunroof di bagian tengah Mitsubishi Pajero Sport tipe tertinggi.

© Dream
4 dari 5 halaman

Eksterior

Pajero Sport memang memiliki desain gril yang kokoh dan membuat mobil ini mempunyai kesan sporty. Pada dasarnya hal ini untuk menunjang desain dari mobil SUV tersebut.

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Eksterior di bagian depan, dilengkapi foglamp di bagian bawah dengan headlamp trapesium yang memberikan kesan gahar. Terdapat tambahan lubang udara berbentuk trapzoid.

Kemudian eksterior samping Mitsubishi Pajero Sport disajikan dengan mulus dan tanpa dihiasi banyak aksen. Ground clearance cukup tinggi di kelas SUV.

Disematkan jugga Step Side dan aksen krom di bagian gagang pintu dan spion. Untuk ban disematkan velg alloy berukuran 14 inci.

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Beralih ke eksterior belakang dengan rearlamp berbentuk trapezoid. Ditambahkan pula rearspoiler pada tipe tertentu. Serta buritan polos dengan pintu belakang yang besar.

Meski meiliki bodi besar dan kokoh, nyatanya mobil SUV tetap sporty dengan kesan mewah, embuat para pengemudinya merasa pede dan macho saat mengendarai mobil Pajero Sport.

5 dari 5 halaman

Fitur Keselamatan

Mitsubishi Pajero Sport memiliki beberapa fitur keselamatan seperti sensor parkir dan imobillizer untuk keamanan mobil. Di sisi depan, pengemudi dan penumpang akan lebih aman dengan teknologi dual SRS Airbags.

Pajero Sport Bekas© Shutterstock.com

Tersemat pula teknologi pengereman sudah ditanam pada Pajero Sport dengan sistem ABS dan EBD. Tentu ditambahkan juga fitur seatbelt yang sudah ada di tiap kursi penumpang dan pengemudi

Di bagian pengereman sudah disematkan rem Ventilated Disc dan Leading Trailing Drums untuk rem bagian belakang. Mitsubishi Pajero Sport dibekali dengan Double Wishbone dan suspensi 3 link

© Dream
Beri Komentar