Diklaim Satu-Satunya! Pria AS Jual Pelat Nomor Mobil Senilai Rp340 M

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 27 Oktober 2021 10:12
Diklaim Satu-Satunya! Pria AS Jual Pelat Nomor Mobil Senilai Rp340 M
Apa istimewanya pelat kendaraan itu?

Dream – Komponen mahal dari sebuah mobil bukan hanya diukur dari mesin atau fitur modern yang dirancang untuk membuat nyaman pengguna. Salah satu komponen yang sering luput dari perhatian adalah pelat nomor kendaraan.

Tentu saja pelat nomor kendaraan itu bukan nomor atau angka sembarangan. Biasanya harga sebuat penanda mobil ini ditentukan dari keunikannya. 

Dikutip dari Carscoops, Rabu 27 Oktober 2021, sebuah pelat nomor kendaraan ini dijual di OpenSea, marketplace NFT. Seseorang berusaha menjual pelat kendaraan “ MM” dengan 5.888 ethereum, setara US$24,06 juta (Rp340,76 miliar). Kalau terjual, pelat nomor ini bisa menjadi yang termahal di dunia.

Sang penjual memesan nomor pelat kendaraan khusus ini dan mengklaim tak ada yang sama di California, Amerika Serikat. “ MM” ini juga menunjukkan inisial sang penjual, Michael Modecki.

Sekadar informasi, salah satu pelat kendaraan yang pernah dijual mahal di Amerika Serikat adalah “ 6”. Pelat ini laku senilai US$675 ribu (Rp9,56 miliar) pada 2008. Ada juga yang termahal di dunia yang laku US$14,8 juta (Rp209,61 miliar). Pelat “ 1” ini laku di pelelangan di Abu Dhani.

Kepada DuPont Registry, sang penjual mengaku ingin membuka kesempatan untuk menjadi kaya bagi pemilik kendaraan. Dia optimistis pelat kendaraan bisa menjadi barang yang bisa menjadi non fungible token.

“ Saya ingin penjualannya bisa mendemonstrasikan kegunaan baru NFT di ruang fisik,” kata dia.

1 dari 5 halaman

Viral, Bukan Sulap Bukan Sihir, Pelat Merah Mobil Ini 'Auto' Berubah Hitam

Dream - Belum lama ini beredar video viral tentang pelat mobil yang diganti ketika mengisi bensin di SPBU. Seorang pengendara mobil mengganti pelat mobil dari warna merah menjadi hitam.

Dikutip dari akun Instagram @lambe_turah, Kamis 12 Agustus 2021, mobil Kijang Innova berpelat merah KU 1105 B sedang mengisi BBM di SPBU.

Mobil pelat merah disulap jadi pelat hitam (1)© Akun Instagram @lambe_turah

2 dari 5 halaman

Tak lama, pengemudi mobil keluar dari kendaraan sembari membawa pelat hitam. Lalu, dia mengganti pelat merah itu dengan pelat hitam KT 66 FS.

Kejadian ini direkam oleh pengemudi mobil di belakang Kijang Innova itu.

Mobil pelat merah disulap jadi pelat hitam (2)© Akun Instagram @lambe_turah

3 dari 5 halaman

Kalau dilihat dari pelat kendaraan, diketahui kejadian ini berlangsung di Kalimantan. Sekadar informasi, KU adalah pelat kendaraan untuk Kalimantan Utara dan KT untuk Kalimantan Timur.

" Bukan sulap, bukan sihir. Tapi emang bisa berubaaahhh...," tulis @lambe_turah.

 

Bukan sulap bukan sihir.© Akun Instagram @lambe_turah

4 dari 5 halaman

Keren, ya Sulapnya

" Sulap" ini membuat warganet geleng-geleng. Mereka tak habis pikir mengapa pelat kendaraan diganti di tempat.

" Wahhh, keren sekali sulapnya," tulis akun @jezfa.

" Pelat nomor sekarang udah canggih ya? Bisa copot pasang dan berubah warna," tulis @bdgeulis_id.

" Banyak tingkah ya warga +62. Ntar ditangkap cuma modal minta maaf. Plis deh cabut aja SIM nya," tulis @iwan.big.

5 dari 5 halaman

Biar Apa?

Warganet berspekulasi alasan pengemudi mengganti pelat nomor kendaraan. Ada juga yang menyebut penggantian pelat kendaraan itu agar pengemudi tidak gerah ketika memakai mobil dinas di luar pekerjaan.

" Udah banyak kali yang kayak gini. Pelat merah dijadiin pelat item. Tujuannya ya biar nyaman aja kalau dipakai di luar jam kantor," tulis @dedeqmen_dol.

" Mungkin dia jalan di tanggal merah, kak. Kan nggak boleh mobil dinas dipakai untuk kepentingan pribadi," tulis @mommee_kitchenproject.

Beri Komentar