Tokopedia Beauty Awards 2022
Boleh dibilang, merek lokal kecantikan dan perawatan diri belakangan ini sudah mampu bersaing hingga berhasil menarik kepercayaan konsumen untuk setia menggunakan produknya. Inilah yang membuat produk kecantikan dan perawatan diri terbaik asli Indonesia terus bermunculan.
Demi membantu konsumen menentukan produk kecantikan dan perawatan diri dari merek lokal, sebuah ajang penghargaan tahunan bernama Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2022 pun digelar. Lewat ajang penghargaan tersebut, sebanyak 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri versi pilihan masyarakat ditentukan.
Lantas, seperti apa prosesnya? Serta merek lokal kecantikan dan perawatan diri apa saja yang terpilih sebagai yang terbaik pilihan masyarakat? Biar tak penasaran, simak ulasan selengkapnya berikut ini!
Proses penentuan penghargaan ini sendiri didasarkan pada ratusan ribu votes yang dikumpulkan selama 1-20 November 2022. Selain itu, pemenang juga dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream hingga perkembangan produknya. Misalnya, seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan di e-commerce, menjadi pertimbangan tersendiri dalam menentukan pemenang.
Menariknya, para pemenang akan mendapat berbagai keuntungan untuk menunjang usaha, antara lain modal pemasaran berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2022 yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri.
Di samping lewat TBA, beragam inisiatif lain juga dihadirkan untuk membantu tumbuh-kembang para pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri, khususnya UMKM, sekaligus mempermudah masyarakat mengakses produk mereka. Mulai dari Tokopedia Beauty Dealight, Beauty Flash Friday, Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lagi.
Tak sampai di situ, inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien; dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar.
Salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula layanan pemenuhan pesanan (fulfillment), Dilayani Tokopedia, yang memungkinkan penjual–termasuk UMKM kecantikan dan perawatan diri–menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, agar masyarakat bisa mendapatkan produk dari para penjual ini dengan lebih cepat dan efisien.
Berkat kehadiran deretan inisiatif tersebut, tercatat berbagai temuan menarik khususnya di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri pada kuartal III 2022:
Adapun ke-25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat di TBA 2022 selengkapnya terbagi ke dalam beberapa kategori berikut ini:
Itulah ke-25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri pilihan masyarakat di TBA 2022. Dari beberapa produk tersebut, adakah yang menjadi favoritmu?
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN