5 Formula Skincare yang Tak Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 7 Februari 2022 19:12
5 Formula Skincare yang Tak Dianjurkan untuk Pemilik Kulit Sensitif
Selalu baca kemasan, agar tahu secara detail formula yang terkandung di dalam skincare.

Dream - Memiliki kulit sensitif, kita memang harus ekstra hati-hari dalam memilih skincare. Maksud hati ingin kulit wajah selalu sehat, bebas jerawat dan glowing, terkadang yang terjadi malah sebaliknya.

Hal itu lantaran kondisi kulit yang sensitif dan formula skincare yang terlalu keras serta tidak cocok. Bagi Sahabat Dream yang kerap memiliki masalah pada kulit seperti kemerahan, gatal atau mudah muncul jerawat, pintar-pintarlah memilih skincare.

Ada formula yang sebaiknya dihindari. Baca keterangan dalam kemasan skincare. Jika terdapat lima formula berikut sebaiknya jangan digunakan.

1. Beraroma wangi/ mengandung parfum
Hindari produk kecantikan yang memiliki bahan wewangian atau parfum. Aromanya memang menggoda, tapi produk kecantikan dengan parfum bisa menyebabkan kulit iritasi dan memerah.

“ Beberapa produk menambahkan agen pengharum agar produknya lebih harum atau menutupi bau kimia dari bahan aktif lainnya. Biasakan membaca dengan baik tiap kandungan di dalam produk untuk mengetahui bahan apa yang memicu reaksi pada kulit, sehingga lebih mudah dihindari nantinya,” ujar dr. Astrid, dikutip dari KlikDokter.

 

1 dari 2 halaman

2. Produk dengan bahan aktif yang banyak

Hindari juga produk yang berisi terlalu banyak bahan aktif. Usahakan memilih produk yang bahan aktifnya sedikit untuk memudahkan dalam mengetahui pemicu reaksi. Kamu bisa konsultasi dengan dokter guna mengetahui bahan-bahan aktif apa yang sebaiknya dihindari, apalagi bila memiliki riwayat atopi (kecenderungan genetik berkembangnya hipersensitivitas).

5 Tips Hindari Produk Skincare Palsu© MEN

3. Minyak Esensial
Karena punya kulit sensitif, beberapa orang jadi memilih minyak esensial alami agar kulit tidak bereaksi alergi. Jangan terjebak, pasalnya tidak semua produk kecantikan berlabel organik aman digunakan pada kulit sensitif.

" Justru harus menghindari menggunakan minyak esensial. Karena, selain biasanya memiliki aroma tertentu sehingga serupa dengan pewangi, minyak esensial juga bisa menyebabkan iritasi karena belum terjamin keamanannya,” kata dr. Astrid.

 

2 dari 2 halaman

4. Alkohol

skincare© Shutterstock

Produk kecantikan yang memiliki kandungan alkohol justru bisa memperburuk kondisi kulit sensitif. Produk ini bisa membuat kulit jadi semakin kering, bahkan terasa perih ketika digunakan pada kulit wajah. Alkohol jenis pelarut dapat meningkatkan kemanjuran beberapa produk, tetapi tetap berisiko menimbulkan rasa tidak nyaman bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.

5. Sulfat
Sulfat merupakan salah satu komponen yang membuat busa dalam produk kecantikan. Sulfat sendiri terbuat dari garam mineral yang mengandung sulfur. Kandungan ini bisa menyebabkan kulit sensitif menjadi lebih kering dan gatal-gatal.

Penjelasan selengkapnya baca di KlikDokter.

Beri Komentar