6 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Membersihkan Makeup Mata

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 5 Juni 2020 08:12
6 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Membersihkan Makeup Mata
Bersihkan makeup dengan lembut dan hati-hati ya.

Dream - Riasan makeup mata adalah bagian paling rumit dari seluruh rangkaian makeup wajah. Tak jarang para wanita akan menghabiskan waktu lebih lama untuk memperindah bagian tersebut. Dalam merias makeup mata memang dibutuhkan kesabaran ekstra. Salah sedikit, tampilanmu akan terlihat tidak rapi dan berantakan.

Setelah beraktifitas, tentunya kita perlu membersihkan riasan makeup yang melekat pada wajah. Namun, terkadang kita terburu-buru dan hanya membersihkan secukupnya. Padahal jika makeup dibiarkan hingga esok hari, bisa jadi timbul berbagai masalah kulit lainnya.

Salah satu kegiatan membersihkan yang menguras kesabaran adalah makeup mata. Dengan semua lapisan eyeshadow, eyeliner, dan maskara, riasan mata menjadi lebih tebal dan sulit dihilangkan. Mata dan kulit di sekitar kita cukup sensitif jika dibersihkan terlalu keras. Melansir dari Boldsky, berikut daftar kesalahan umum yang sering terjadi ketika menghapus makeup mata. 

1 dari 3 halaman

 3 Jenis Campuran Bahan Alami Ini Bisa Membersihkan Wajah© MEN

1. Terlalu Keras Membersihkan Makeup

Kesalahan pertama yang biasa dilakukan ketika membersihkan makeup adalah terlalu keras melakukannya. Kulit di sekitar mata sangat rentan terhadap iritasi. Jika tidak hati-hati, kulit di sekitar mata bisa terkelupas, bahkan menyebabkan bulu mata ikut tercabut. Untuk itu, berhati-hatilah dan bersihkan dengan lembut saat mencoba menghilangkan makeup. 

2. Menggunakan Pembersih Wajah Untuk Menghilangkan Makeup Mata

Mencuci wajah tidak sama dengan menghapus makeup. Saat kita terlalu mengantuk, kita biasa menjadi lebih terburu-buru dan sering melewatkan proses pembersihkan makeup dan menggunakan pembersih wajah untuk menyingkirkan makeup mata. Padahal hal itu tidak cukup.

Pembersih wajah tidak memiliki kemampuan untuk menghapus semua lapisan makeup mata. Sebaiknya kamu tetap menggunakan makeup remover yang khusus dibuat untuk mata untuk menjaga kulit sekitar mata tetap halus dan lembut.

 

2 dari 3 halaman

3. Membeli Makeup Remover yang Tidak Tepat

Kesalahan selanjutnya yang biasa terjadi adalah salah memiliki produk. Saat ini terdapat berbagai jenis makeup remover yang dijual, namun beberapa di antaranya mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya bagi mata. Jadi, pilihlah bahan yang aman digunakan di mata.

4. Mencoba Menggosok Makeup Mata yang Waterproof

Saat ini kebanyakan jenis makeup mata dibuat dengan teknologi waterproof (tahan air). Kandungan waterproof memang sangat digandrungi para wanita karena akan menjaga riasan sepanjang hari. Kita pun tidak perlu khawatir makeup luntur.

Meski memiliki kelebihan tidak cepat luntur, makeup mata jadi lebih sulit untuk dibersihkan. Namun, jangan sampai menggosok bagian mata tersebut ya, Sahabat Dream. Karena kulit di sekitar mata sangat tipis, kemungkinan robeknya lebih besar.

 Membersihkan Wajah Ternyata Ada Aturannya, Yakin Sudah Benar?© MEN

3 dari 3 halaman

5. Tidak Menunggu Makeup Remover Meresap

Make-up waterproof biasanya memerlukan waktu lebih lama ketika dibersihkan. Oleh karena itu, kita perlu menunggu makeup remover untuk meresap dan melelehkan makeup. Jika kamu kesulitan untuk menghapus riasan mata, seperti maskara, cobalah mendiamkan beberapa saat kapas yang sudah diberikan remover. Kemudian bersihkan. 

6. Lalai Melakukan Double Cleansing dengan Sabun Wajah

Setelah selesai membersihkan makeup, terkadang sisa-sisa pembersih makeup masih tertinggal di kulit. Jika tidak dihilangkan, kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kerusakan kulit. Jangan lupa untuk melakukan double cleansing sebelum tidur. 

Beri Komentar