5 Langkah Mudah Cegah Bibir Berubah Warna

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 29 Oktober 2018 14:15
5 Langkah Mudah Cegah Bibir Berubah Warna
Ternyata bahaya sebagai perokok pasif dapat mempengaruhi kesehatan bibir.

Dream - Merawat bibir bukanlah perkara mudah. Sembarangan memakai produk kecantikan hanya akan menyebabkan bibir jadi hitam dan pecah-pecah.

Saat memilih produk perawatan bibir, pastikan mengandung pelembab agar tetap sehat. Selain itu, usahakan untuk memilih lipstik yang bebas paraben berbahaya.

Untuk merawat bibir yang sudah terlanjur berubah warna, ada cara mudah yang bisa dilakukan di rumah. Dokter sekaligus influencer, Hemas Nura membagikan beberapa tips sederhana merawat bibir.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

1. Pakaip pelembap yang mengandung SPF
Mengenakan pelembap bibir seperti lip balm atau lip mask sebelum tidur, merupakan hal paling dasar untuk menjaga kesehatan bibir.

Hal ini penting dilakukan karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang bisa menjaga kelembapan, seperti kulit di bagian tubuh lainnya. Sehingga kamu perlu menjaganya dengan memakai pelembap bibir.

" Bibir tidak memproduksi pelembap sendiri. Kalau nggak yakin dengan kandungan pada lip mask, bisa pakai minyak zaitun," imbuh dokter berhijab itu di acara Kunena Eatery, Yogyakarta, Sabtu lalu.

Bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan sensitif, sangat penting melindunginya dari sinar UV dengan produk bibir berkandungan SPF.

" Kamu nggak bisa pakai SPF untuk muka atau badan, pada bibir. Pilih lip balm yang mengandung SPF minimal 30."

2. Scrub bibir seminggu sekali
Sel kulit mati bisa menyebabkan kulit kusam dan menghitam. Hal yang sama pun terjadi pada bibir. Untuk menjaga bibir tetap cerah dan lembap, lakukan scrub bibir menggunakan gula pasir.

Agar lebih maksimal, campurkan dnegan minyak zaitun atau madu, sekali seminggu. Hal ini juga bisa merangsang produksi kolagen yang membuat bibir lebih kenyal.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock



3. Hindari asap rokok
Rokok merupakan salah satu penyebab warna bibir menghitam. Hal tersebut ternyata tidak hanya terjadi pada perokok aktif, namun dapat menimpa perokok pasif.

" Kandungan tar dan nikotin pada asap rokok membuat bibir menghitam serta kering," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

4. Minimalisir konsumsi kafein

Kerap mengonsumsi kafein bisa merangsang produksi urin dan membuatmu sering buang air kecil. Akibatnya, tubuh mudah dehidrasi dan kulit menjadi kering.

Untuk menghindari hal tersebut, hindari konsumsi kopi dan teh yang terlalu berlebihan.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

5. Konsumsi vitamin dan air 
Menjaga kesehatan bibir tidak cukup dari luar saja, tapi harus menjaga nutrisi dari dalam tubuh. Contohnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, E dan B. Disertai dengan mencukupi kebutuhan minum 2-3 liter sehari.

Kebiasan tersebut dapat menjaga penampilan bibir lebih sehat. " Jika gizinya kurang dan pola hidupnya kurang sehat, bibir akan kering dan gelap," tambahnya.

Bibir yang kering dan gelap juga merupakan sinyal bahwa bibir atau tubuh sedang kurang sehat. Apalagi jika bibirmu memucat. Perubahan warna bibir disebabkan oleh pembuluh darah yang menyempit.

" Kalau bibir gelap, mungkin dia merokok atau minum alkohol dan kafein. Tapi kalau pucat, bisa jadi anemia, HIV atau herpes. Harus periksa karena banyak penyebabnya," tutupnya.

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian