Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Manfaat Timun untuk Wajah, Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit Wajah

7 Manfaat Timun untuk Wajah, Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit Wajah Menggunakan Timun Untuk Merawat Wajah (Foto Ilustrasi: Freepik.com)

Dream – Manfaat timun untuk wajah sudah dirasakan oleh banyak orang, terutama perempuan. Selain untuk lalapan, timun ternyata juga dimanfaatkan untuk perawatan diri terutama area wajah. Apalagi timun sangatlah mudah ditemukan di Indonesia dan bisa kamu beli dengan harga yang sangat terjangkau.

Selain dijadikan sebagai lalapan, timun juga diolah menjadi acar, campuran pada salad, rujak, dan bahkan bisa dijadikan jus timun yang menyegarkan. Sedangkan untuk melakukan perawatan kulit wajah, timun biasanya hanya perlu dipotong tipis-tipis dan ditempelkan ke wajah.

Manfaat yang diberikan oleh timun ini tidak terlepas dari berbagai kandungan yang dimiliki oleh timun. Kandungan tersebut berupa vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu juga ada beberapa mineral, seperti mangan, magnesium, dan silika. Kesemua kandungan itulah yang bisa memberikan manfaat istimewa untuk kamu jika dikonsumsi secara rutin.

Bahkan timun pun banyak dijadikan sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan, seperti toner, masker, scrub, dan masih banyak lagi. Berikut adalah beberapa manfaat timun untuk wajah sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

Menenangkan Mata Bengkak dan Meredakan Ruam

Ilustrasi Mata Bengkak

Menenangkan Mata Bengkak

Manfaat timun untuk wajah yang pertama adalah bisa menenangkan mata bengkak. Hal ini karena timun memiliki kandungan berupa flavonoid dan antioksidan yang ampuh untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, serta iritasi. Selain itu, timun juga mampu memberikan efek pendinginan yang bisa menyusutkan pembuluh darah, sehingga bengkak di mata pun bisa reda.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengiris timun yang dingin dan meletakkannya di mata. Lakukan ini secara rutin demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Meredakan Ruam

Manfaat timun untuk wajah juga bisa kamu gunakan untuk meredakan ruam. Sayuran yang satu ini bisa membantumu untuk mengambalikan kulit agar bisa normal lagi dan bebas dari adanya bekas luka di wajah.

Demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu bisa menggunakan masker timun yang dicampurkan dengan lemon. Lalu perlu kamu diamkan sejenak sekitar 15 menit dan bersihkan dengan menggunakan air dingin. Lakukanlah secara rutin hingga beberapa minggu dan rasakan kemajuan pada kulit wajahmu.

Melembabkan Kulit dan Anti Penuaan

Ilustrasi Penuaan Kulit

Melembapkan Kulit

Manfaat timun untuk wajah juga bisa kamu andalkan untuk melembapkan wajah. Apalagi timun adalah salah satu jenis sayur yang banyak mengandung air. Setidaknya terdapat 96 persen kandungan air yang ada di dalam timun.

Demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu perlu mencampurkan timun dengan bahan lainnya yang bisa melembapkan kulit wajah. Misalnya saja berupa madu dan aloe vera atau lidah buaya.

Anti Penuaan

Manfaat timun untuk wajah lainnya adalah sebagai anti penuaan. Jika kondisi ini terjadi, tentu saja bisa mengganggu penampilanmu. Solusinya adalah dengan menggunakan timun. Caranya adalah dengan mencampurkan setengah timun yang kamu tumbuk dengan dua sendok makan yoghurt. Lalu kamu oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian kamu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Cara ini sangat efektif karena timun memiliki kandungan vitamin C dan asam caffeic yang bisa mengatasi kerutan dan kerusakan kulit wajah yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Mengatasi Kulit Berminyak serta Mencegah Jerawat dan Pori-pori

Ilustrasi Mengalami Jerawat

Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak di wajah, maka timun bisa membantu kamu untuk mengatasinya. Karena berasal dari bahan alami, mengatasi kulit berminyak dengan timun tentunya lebih aman untuk kulit wajahmu.

Kamu cukup membersihkan timun lalu dikupas kulitnya. Kemudian haluskan timun sebanyak setengah saja dan campurkan dengan satu sendok makan yoghurt tawar, kemudian aduk sampai rata. Lalu tinggal kamu aplikasikan ke wajah dan didiamkan sekitar 10 menit. Barulah kamu bilas sampai bersih.

Mencegah Jerawat dan Pori-pori

Bagi kamu yang ingin memiliki wajah bebas jerawat dan terhindar dari masalah pori-pori, maka timun bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena sel kulit mati yang juga berminyak bisa menyumbat pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

Selain itu, timun juga memiliki sifat astringen yang mampu untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Bahkan sari timun bisa kamu gunakan sebagai toner yang ampuh untuk membersihkan noda di wajah.

Mengobati Kulit Terbakar Oleh Matahari dan Iritasi

Ilustrasi Iritasi Kulit

Manfaat timun untuk wajah berikutnya adalah bisa mengobati kulit yang terbakar oleh matahari dan juga mengobati iritasi. Jika kulitmu terpapar sinar matahari terlalu sering, maka efeknya bisa menimbulkan rasa sakit.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kamu bisa memanfaatkan timun. Karena timun mengandung beragam nutrisi yang diantaranya berupa air, kalium, sulfat, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membuat kulitmu lebih tenang. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu meletakkan timun yang sudah diiris ke wajah selama 15 menit. Lalu pakailah pelembap wajah yang biasa kamu gunakan.

Itulah 7 manfaat timun untuk wajah. Demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kamu bisa menggunakan timun secara rutin sebagai bahan perawatan wajah alami yang aman dan menyehatkan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pilih

10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pilih

Memiliki kulit wajah yang cerah merupakan keinginan semua wanita. Yuk ikuti rekomendasi krim malam berikut!

Baca Selengkapnya
4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

4 Kunci Menjaga Kelembapan Kulit di Iklim Tropis

Menjaga kelembapan dan kesehatan kulit tidak selalu mudah meski tinggal di lingkungan beriklim tropis. Lakukan 4 cara berikut untuk memastikan kulitmu lembap.

Baca Selengkapnya
5 Tanda Kesehatan Kulit Sudah Sehat Menyeluruh, Harus Paham!

5 Tanda Kesehatan Kulit Sudah Sehat Menyeluruh, Harus Paham!

Kulit yang tampak sehat tidak hanya memancarkan kecantikan luar, tetapi juga mencerminkan kesehatan dan kecantikan dalam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Benarkah Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami?

Benarkah Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami?

Minum air putih dinilai ampuh untuk tetap menjaga dan membuat tubuh lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Manfaat Air Gula Hangat bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi yang Cepat Diserap

Manfaat Air Gula Hangat bagi Tubuh, Jadi Sumber Energi yang Cepat Diserap

Air gula bisa membantu asupan kalori harian bagi tubuh.

Baca Selengkapnya
Rahasia Minum Air Putih yang Tepat untuk Kulit Flawless

Rahasia Minum Air Putih yang Tepat untuk Kulit Flawless

Tak bisa hanya sekadar minum, ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan ketika meminum air.

Baca Selengkapnya
3 Cara Praktis Manfaatkan Air Beras untuk Perawatan Kulit, Bikin Makin Glowing!

3 Cara Praktis Manfaatkan Air Beras untuk Perawatan Kulit, Bikin Makin Glowing!

Punya banyak manfaat untuk kulit, sudah cobain perawatan dengan air beras?

Baca Selengkapnya
Tidur Miring Dapat Menyebabkan Kerutan, Benarkah?

Tidur Miring Dapat Menyebabkan Kerutan, Benarkah?

Ternyata, posisi tidur bisa mempengaruhi kondisi kulit dalam jangka panjang. Cari tahu penyebab dan posisi tidur terbaik yang disarankan dermatologis.

Baca Selengkapnya
Ini Dampak Mencuci Wajah Setiap Pagi Bagi Kulit

Ini Dampak Mencuci Wajah Setiap Pagi Bagi Kulit

Tidak ada aturan tertulis saat membicarakan tentang seberapa sering seseorang perlu membersihkan kulitnya.

Baca Selengkapnya