Cara Hilangkan Stretch Mark Usai Melahirkan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 25 Maret 2019 07:44
Cara Hilangkan Stretch Mark Usai Melahirkan
Jangan panik, ini cara mengatasinya.

Dream - Kehamilan merupakan masa-masa yang menyenangkan dan paling ditunggu oleh wanita. Tapi saat hamil, biasanya mereka akan menghadapi beberapa masalah yang cukup membuat kewalahan.

Meskipun sebagian besar dapat ditangani, salah satu masalah yang biasanya meninggalkan bekas seumur hidup adalah stretch mark.

Stretch mark adalah guratan-guratan yang biasanya muncul pada kulit bagian tubuh di mana lemak sering terkonsentrasi.

Awalnya, stretch mark berwarna merah. Jika tak segera ditangani, akan berubah jadi putih dan sulit untuk dihilangkan.

Penurunan berat badan drastis, perubahan fisik atau kehamilan dapat menyebabkan tanda-tanda ini muncul di perut, paha, betis dan lengan.

Meskipun ada banyak krim dan obat untuk mengatasi stretch mark yang tersedia di pasaran, satu-satunya cara permanen untuk menghilangkannya adalah operasi.

Dermabrasi atau perawatan laser juga membantu, tetapi berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi stretch mark secara alami sebagaimana dikutip dari Times of India.

1 dari 2 halaman

1. Cocoa Butter

 cocoa butter

Cocoa butter atau lemak kakao adalah obat terbaik untuk mencegah stretch mark selama kehamilan. Saat diaplikasikan selama kehamilan, akan menguatkan dan mengencangkan kulit, sambil menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jika diterapkan pasca kehamilan, enzim dalam cocoa butter juga membantu mengurangi kerusakan jaringan kulit.

2. Apricot Scrub

Apricot scrub adalah scrub yang bisa mengelupas jaringan kulit mati dan rusak yang biasanya muncul di bekas luka. Scrub ini juga membantu mengenyalkan dan mengencangkan kulit, sehingga stretch mark bisa hilang.

3. Lidah Buaya

Sahabat Dream bisa menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark. Oleskan bubur lidah buaya pada stretch mark dan lakukan pijatan untuk mengencangkan kulit.

Enzim yang ada di lidah buaya mendorong pengangkatan jaringan yang rusak sambil menjaga kulit tetap sehat. Lidah buaya juga akan mencerahkan warna kulit.

4. Minyak Lavender

Minyak lavender adalah obat rumahan yang paling direkomendasikan untuk mengatasi stretch mark. Ketika diaplikasikan tiga kali sehari ke area kulit yang mengalami stretch mark, minyak lavender menginduksi pertumbuhan jaringan kulit baru untuk membuat stretch mark secara bertahap memudar.

5. Minyak Aromatik

Minyak aromatik, seperti chamomile, alpukat, almond manis dan jojoba mempromosikan penyembuhan stretch mark dan pengencangan kulit.

Minyak ini paling baik digunakan jika dikombinasikan dengan minyak lavender, dan bahkan dapat membantu mencegah terulangnya stretch mark.

2 dari 2 halaman

6. Kapsul Vitamin E

 Vitamin E

Pijat area yang terdampak stretch mark dengan kapsul Vitamin E dua kali sehari. Kapsul ini akan melembabkan kulit secara lebih baik, selain membantu menghilangkan guratan-guratan ini dengan cepat.

7. Jeruk Lemon

Jus jeruk lemon juga membantu menyembuhkan stretch mark. Oleskan jus jeruk lemon pada area yang terdampak dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas seperti biasa.

8. Putih Telur

Pecahkan telur dan ambil bagian putihnya saja. Setelah itu oleskan pada area kulit yang terdampak. Putih telur dapat membantu mengurangi stretch mark.

9. Jus Kentang

Buat jus dari satu buah kentang. Kemudian oleskan jus kentang pada stretch mark dan biarkan mengering selama beberapa menit. Setelah kering, cuci bersih dengan air hangat.

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary