Awas! Cream Blush Bisa Sebabkan Jerawat dan Beruntusan

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 8 Desember 2021 18:35
Awas! Cream Blush Bisa Sebabkan Jerawat dan Beruntusan
Pilih jenis blush yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Dream - Menggunakan makeup memang bisa membuat wajahmu terlihat lebih menarik dan cantik. Tapi, bukan berarti kamu bisa menggunakannya sembarangan.

Jika salah menggunakan makeup, kamu bisa mengalami berbagai masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang paling sering dialami adalah jerawat dan beruntusan.

Jerawat dan beruntusan tidak hanya terjadi akibat makeup yang tidak dibersihkan dengan tepat ketika membersihkan riasan. Tapi, juga bisa diakibatkan oleh jenis dan formula produk itu sendiri.

1 dari 2 halaman

Blush bisa menyebabkan jerawat dan beruntusan

Dilansir Byrdie, pemakaian cream blush ternyata dapat menyebabkan jerawat dan beruntusan. Dermatologis, Alexandra Snodgrass, mengungkapkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh jenis cream blush yang memiliki kandungan bersifat non-comedogenic dan bisa menyebabkan jerawat.

Memakai Cream Blush© Shutterstock

Biasanya, kandungan tersebut bertujuan untuk membuat blush lebih mudah diratakan pada kulit. Maka dari itu, kamu harus selalu memerhatikan kandungan pada blush dan pilih produk yang bersifat non-comedogenic. Terutama, jika ingin memakai cream blush.

Di samping memerhatikan produk kosmetik yang digunakan, perhatikan juga kondisi tubuhmu. Mulai dari perubahan atau keseimbangan hormonal, peradangan, perkembangan bakteri, serta sel kulit mati. Sehingga, kamu bisa mengetahui penyebab jerawat dan beruntusan yang sedang dialami.

2 dari 2 halaman

Kandungan kosmetik yang perlu dihindari

Memakai Blush© Shutterstock

Berhati-hatilah ketika menggunakan kosmetik yang memiliki kandungan coconut, flaxseed, palm, dan soybean oils. Keempat kandungan tersebut diklaim bersifat non-comedogenic dan bisa menyebabkan jerawat maupun beruntusan.

Pastikan juga produk yang digunakan tidak mengandung banyak minyak. Jika ingin mengurangi kandungan minyak pada produk makeup, aplikasikanlah menggunakan kuas yang bersih. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan wajah sebelum dan setelah makeup agar bisa lebih efektif mencegah beruntusan maupun jerawat.

Tips memilih blush yang lebih aman pada kulit

Terlepas dari memerhatikan kandungan produk, kamu juga bisa memilih formula yang lebih cocok untuk jenis kulitmu. Kulit yang kering lebih cocok menggunakan cream blush. Sedangkan, kulit berminyak lebih cocok menggunakan powder blush untuk meminimalisir potensi beruntusan atau jerawat.

Laporan: Anzila Riskia Putri

Beri Komentar