Ketahui Kandungan Tepat untuk Mengeksfoliasi Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male
Sabtu, 24 September 2022 11:40
Ketahui Kandungan Tepat untuk Mengeksfoliasi Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Ikuti panduan dokter kulit agar lebih mudah menemukan eksfoliator yang tepat.

Dream - Sebagian orang memerlukan eksfoliasi kulit untuk memperlancar proses regenerasi. Sehingga, kondisi kulit lebih bersih, sehat, dan cerah. Tapi, proses eksfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

Pasalnya, eksfoliasi seringkali dilakukan menggunakan scrub atau skincare yang memiliki kandungan cukup iritatif bagi kondisi kulit tertentu. Untungnya, kini banyak skincare yang bisa digunakan untuk mengeksfoliasi wajah dan mengandung bahan aktif ringan serta aman bagi semua kondisi kulit.

Agar lebih mudah menentukan kandungan skincare yang tepat untuk mengeksfoliasi kulit, berikut panduan dari Dokter Kulit, Muneeb Shah.

1 dari 6 halaman

Mengeksfoliasi Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Eksfoliasi menggunakan skincare cenderung lebih aman karena mengurangi kerusakan fisik akibat gesekan dari alat perawatan kulit. Selain itu, kamu juga bisa memilih kandungan yang tepat serta mengontrol jumlah produk yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhan kulit.

Setelah memutuskan untuk memakai skincare untuk mengeksfoliasi kulit, ketahui jenis kulitmu terlebih dulu. Jika kulitmu tergolong normal, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung glycolic acid.

2 dari 6 halaman

Bagi orang yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, skincare dengan salicylic acid akan lebih ampuh untuk mengeksfoliasi wajah dan membersihkan pori-pori. Tapi jika kulitmu kering, gunakanlah skincare dengan kandungan lactic acid agar kelembapan wajah tidak terganggu akibat proses eksfoliasi.

Sementara pemilik kulit sensitif, disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung mandelic acid atau PHA. Beberapa produk skincare menggabungkan berbagai jenis asam dengan formula yang tepat. Sehingga, kamu bisa menjadikan panduan ini sebagai dasar pemilihan produk eksfoliasi sebelum mencoba menemukan skincare yang tepat.

4 dari 6 halaman

Mengenal Eksfoliasi Fisik dan Kimia, Apa Saja Bahan dan Kelebihannya?

Dream - Pengelupasan adalah proses pengangkatan sel kulit mati dari kulit untuk menyegarkan sekaligus proses peremajaan secara berkala. Sahabat Dream mungkin bertanya-tanya apa yang membuat langkah ini penting.

Kulit kita melepaskan sel-sel setiap 25-30 hari sekali untuk regenerasi dan membuat sel-sel kulit baru. Sel-sel yang dilepaskan ini lebih populer kita sebut sebagai sel-sel kulit mati.

Ketika tidak tertangani dengan baik, sel-sel kulit mati ini dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan berbagai masalah kulit dan membuatnya kering, kusam dan tidak merata.

Dengan rutin melakukan eksfoliasi, Sahabat Dream telah membantu proses menyingkirkan sel-sel kulit mati ini.

Hal pertama yang perlu Sahabat Dream ketahui adalah ada banyak cara untuk pengelupasan kulit pengelupasan fisik dan pengelupasan kimia.

5 dari 6 halaman

Eksfoliasi Kimia

Merawat Kulit© Shutterstock

Pengelupasan kimia, umumnya dikenal sebagai proses mengelupaskan sisa-sisa kulit mati dengan bantuan bahan bahan kimia. Proses ini lebih baik dilakukan oleh seorang profesional terlatih untuk mengurangi risiko yang terlibat.

Pengelupasan kimiawi tidak hanya menambah kilau alami pada kulit, tetapi juga membantu mengatasi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, kerutan, dan bekas jerawat.

Apa saja bahan kimia yang terlibat?

Pengelupasan kimia menggunakan exfoliant seperti asam glikolat, asam laktat dan asam malat. Ini juga dikenal sebagai AHA (asam alfa-hidroksi). Bahan-bahan ini dianggap sebagai yang terbaik untuk kulit kering karena tidak menembus lebih dalam ke dalam kulit.

Bahan kimia lain yang digunakan untuk melakukan pengelupasan kimia adalah asam salisilat, yang merupakan asam beta-hidroksi (BHA). BHA sedikit lebih agresif dan ideal untuk kulit berminyak dan/atau berjerawat.

Asam lain yang cukup lembut untuk digunakan pada kulit sensitif adalah asam mandelic. Namun, ini dapat digunakan bersama untuk melakukan proses.

Bahan lain yang dapat dicari dalam exfoliant kimia adalah enzim buah. Ini juga efektif dalam pengelupasan kulit. Tetapi kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan seorang profesional sebelum melakukannya.

 

6 dari 6 halaman

Exfoliasi fisik

Pengelupasan fisik adalah cara paling umum untuk pengelupasan kulit dan mungkin lebih awam dilakukan. Lulur yang kita gunakan sehari-hari adalah alat atau exfoliant untuk pengelupasan fisik.

Dengan menggosok produk granular lewat gerakan melingkar akan membantu mengelupas dan merevitalisasi kulit.

Proses pengelupasan fisik cukup mudah karena Sahabat Dream hanya butuh membasahi wajah, menggosok wajah menggunakan exfoliant setidaknya selama 30 detik dan kemudian membilasnya dengan air hangat sebelum mengeringkannya dengan lembut menggunakan handuk lembut.

 

Beri Komentar