Tips Menata Makeup Lebih Rapi ala Metode Konmari, Yuk Coba!

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 25 Oktober 2018 17:15
Tips Menata Makeup Lebih Rapi ala Metode Konmari, Yuk Coba!
Sekarang saatnya menyingkirkan semua produk makeup yang tidak terpakai.

Dream - Bagi beauty junkies, merias wajah merupakan kesenangan tersendiri. Tak heran jika mereka rela menghamburkan uang demi membeli berbagai produk kecantikan terbaru.

Lipstik maupun bedak tak cukup satu. Demi mendapatkan riasan terbaik, berbagai beauty item ikut dikoleksi dalam jangka waktu lama.

Namun sayangnya, menyimpan produk kecantikan dan alat-alat makeup terkadang menjadi masalah tersendiri. Mengenakan produk kecantikan yang telah melewati masa tenggang, dapat mengancam kesehatan kulit wajah.

Selain itu, terlalu banyak menyimpan produk kecantikan akan membingungkan saat ingin mengenakannya.

Penemu Metode Konmari, Marie Kondo dan penata ruang profesional, Jamie Hord, dari Horderly Professional Organizing membagikan tips menyimpan produk riasan yang tepat.

Metode Konmari adalah metode merapikan barang yang dibuat oleh Marie Kondo, seorang konsultan kerapian di Jepang. Menyimpan produk kecantikan dan peralatan makeup dengan benar tidak hanya membuat ruangan kelihatan lebih rapi. Tapi juga untuk memperpanjang masa pakainya.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

1. Buang produk yang tidak terpakai
Menurut Kondo, produk kecantikan harus bisa membuat kamu senang dan tetap menyukainya sampai kapan pun. " Mereka yang suka makeup boleh memiliki koleksi dalam jumlah yang banyak. Tapi fokus pada apa yang disukai saja. Singkirkan yang sudah tidak disukai," katanya.

2. Simpan berdasarkan kategori
Kunci menyimpan produk kecantikan dan peralatan makeup yang benar adalah benar-benar mengenali barangnya dengan baik. Buang produk yang kedaluwarsa dan berikan tempat untuk produk dan peralatan kesukaanmu.

Untuk melakukan ini, baik Kondo dan Hord menyarankan untuk mengeluarkan semuanya dan meletakkannya di lantai. Setelah itu pilah-pilah berdasarkan kategori. Jika ingin mengikuti saran Kondo, ambil produk dan peralatan yang membuatmu senang dan bahagia, lalu singkirkan sisanya.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

3. Sederhanakan rutinitas makeup
Memilah makeup yang cocok maupun tidak dengan wajah, memberi keuntungan dalam banyak hal. " Kita bisa menghemat dengan membeli produk kecantikan dan peralatan makeup yang bagus bagi penampilan kita," ungkapnya.

Metode ini sangat cocok untuk wanita karier yang harus tampil oke dalam waktu singkat. Menurut Hord, menyederhanakan makeup akan membantu mengatasi kebingungan saat memutuskan apa yang akan dipakai.

 Shutterstock

Foto: Shutterstock

Selain itu, metode ini juga mencegah kebingungan saat harus mengenakan makeup sebelum berangkat kerja. Ada tips dari Kondo untuk menyimpan produk kecantikan dan peralatan makeup secara rapi dan efektif.

Pertama, bagi ruang di dalam laci menggunakan kotak kosong. Kedua, taruh produk dan peralatan kecantikan dalam posisi berdiri jika memungkinkan. Terakhir adalah mencoba menata produk dan peralatan kecantikan serapi mungkin agar tampak indah dipandang mata.

Sementara Hord, menyarankan untuk membeli laci akrilik yang tembus pandang. Tidak hanya tampak indah dipandang, tapi juga memudahkan kamu mengambil produk kecantikan dan peralatan makeup yang kamu butuhkan.

(Sumber: Makeup.com)

Beri Komentar
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim