Lipstick Matte Formula Ringan untuk Bibir Pecah-pecah

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Selasa, 6 Agustus 2019 16:13
Lipstick Matte Formula Ringan untuk Bibir Pecah-pecah
Tren lipstik matte semakin bergeser ke tekstur yang lebih ringan dan breathable.

Dream - Lipstik telah lama digunakan untuk mempercantik bibir. Bibir yang berwarna dapat membuat wajah terlihat segar dan menawan.

Sejak beberapa tahun belakangan, matte liquid lipstick masih menjadi primadona di kalangan makeup junkie. Teksturnya lebih creamy dibanding lipstik batang sehingga mudah dipakai.

" Liquid lipstick berjenis matte masih menjadi tren. Tapi masalah yang sering didapat dari lipstick matte adalah bibir kering dan pecah-pecah," kata Chaerun Nisa Putri, Senior Product Manager for L'Oreal Paris Indonesia di Jakarta, Senin 5 Agustus 2019.

Pemilik bibir kering pada umumnya memakai lipbalm terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan lipstik. Namun cara ini dinilai tidak praktis dan memberi kesan sticky pada bibir.

Inovasi terbaru hadir dari L'Oreal Rouge Signature, matte color ink pertama dengan tekstur yang sangat ringan.

 L'Oreal© Dream

Pada polesan pertama, lipstik memiliki sedikit kemiripan dengan liptint yang ringan dan tidak lengket. Formula matte memberi warna vibrant yang melekat sempurna pada bibir.

Hadir dalam 10 shade untuk kulit wanita Indonesia, seluruh warna mewakili tren lip color kekinian dengan nuansa living coral, earth tone hingga burgundy. (mut)

1 dari 6 halaman

Menelusuri Sejarah Awal Terciptanya Lipstik

Dream – Produk kecantikan seiring berjalannya waktu memiliki sejumlah variasi yang bagus untuk diaplikasikan ke wajah. Tidak heran bila para peneliti dan ilmuwan produk kecantikan akan berlomba-lomba untuk menciptakan suatu produk baru.

Hingga saat ini terdapat berbagai macam jenis make up seperti foundation, highliter, cushion, blush on, eyeshadow, mascara, eyeliner hingga lipstik. Semua jenis make up tersebut tentu saja juga memiliki berbagai macam varian yang telah disesuaikan dengan kulit wajah, tidak terkecuali lipstik.

 Pakai Lipstik Saat Puasa, Batalkah?© MEN

Lipstik merupakan salah satu produk kecantikan yang akan selalu ada di dalam tas para wanita. Pewarna bibir ini telah masuk kedalam salah satu barang penting sama seperti handphone bagi sebagian besar wanita. Pada era milenial ini, lipstik memiliki sejumlah variasi yang sangat cocok untuk digunakan baik semua kalangan.

Liptint yang sangat cocok digunakan untuk para kalangan remaja. Lipcream yang sangat cocok digunakan untuk kalangan usia diatas 20 tahun. Bahkan juga terdapat lipbalm yang dimana berfungsi unutk melembabkan bibir. Segala varian ini juga telah memiliki sejumlah pilihan warna mulai dari warna nude hingga warna gelap seperti hitam.

Namun, tahukah kalian tentang sejarah terbuatnya lipstik? Dengan memperingati Hari Lipstik Internasional yang jatuh pada tanggal 29 Juli ini, yuk kenali dan pelajari sejarah terbentuknya lipsik berikut ini.

2 dari 6 halaman

Peradaban Kuno

Ada masa peradaban kuno, pewarna bibir ternyata juga digunakan loh girls baik itu wanita ataupun pria. Lipstik merupakan perlambangan simbol status serta dijadikan sebagai obat. Pengguna lipstik pertama kali yaitu bangsa di peradaban Sumeria. Pada masa itu, pewarna yang digunakan berasal dari bahan alami seperti buah, serangga, inai hingga karat tanah liat.

 Yuk Kenali Sejarah Lipstik di Hari Lipstik Internasional© shutterstock

Namun tahukah kalian? Orang Mesir merupakan penduduk yang dianggap sebagai pecinta lipstik pertama. Penduduk Mesir pada umumnya lebih menyukai lipstick yang berwarna hitam dan ungu. Pewarna pada lipstik tersebut diperoleh dari carmine yang berasal dari serangga koklea, timah, hingga campuran yodium dengan bromin man-nite. Dengan kandungan tersebut membuat mereka sering terkena penyakit serius hingga kematian.

Hingga akhirnya, Abulcasis, salah satu ilmuwan dari Arab, secara tidak sengaja menemukan lipstik padat. Pada awalnya, Abulcasis hanya ingin membuat stok yang akan digunakan untuk menerapkan parfum di mana bisa ditekan menjadi cetakan.

Kemudian, Abulcasis mencoba melakukan hal yang sama namun dia menambahkan pewarna. Dengan eksperimen tersebutlah yang membuat Abulcasis menemukan lipstik padat.

3 dari 6 halaman

Abad Pertengahan

Lipstik kembali mucul pada saat Ratu Elizabeth menduduki pemerintahan Inggris. Kemunculan lipstik ini membuat suatu kepopuleran yang berbeda dari sebelumnya yaitu dengan kulit putih pucat dan bibir merah merona seperti yang digunakan oleh Ratu Elizabeth.

Pada masa itu, tidak semua orang bisa memiliki lipstik, hanya wanita dan selebriti bangsawan saja yang bisa memperolehnya. Baru pada sekitar 3 abad setelahnya, lipstick bisa digunakan oleh para aktor dan para pekerja.

 Yuk Kenali Sejarah Lipstik di Hari Lipstik Internasional© shutterstock

Pada 1884 sesudah masehi, Guerlain, salah satu perusahaan parfum asal Perancis secara komersil memproduksi dan menjual lipstik untuk pertama kalinya. Perusahaan ini dalam membuat lipstik menggunakan bahan dari lilin lebah, minyak jarak serta lemak rusa yang nantinya dibungkus oleh kertas sutra.

4 dari 6 halaman

Abad ke-19

Memasuki abad ke-19, lipstik mulai banyak bermunculan variasi dan jenisnya. Dimulai dengan dibuatnya lipstik yang ditempatkan pada wadah silindris pleh Maurice Levy pada tahun 1915. Dengan dibuatnya lipstik model baru tersebut membuat produk ini dapat mengambil hati dan tempat para wanita.

 Yuk Kenali Sejarah Lipstik di Hari Lipstik Internasional© shutterstock

James Bruce Mason Jr pada tahun 1923 akhirnya membuat lipstik menjadi lebih mudah untuk digunakan. Dia membuat perubahan pada tabung dimana mampu untuk diputar dengan lipstik yang lebih modern. Karya Bruce inilah yang sampai saat ini masih sering kita gunakan modelnya.

Pada era tahun tersebut, gelombang feminisme mulai muncul pertama kali yang membuat para wanita menuntut lebih banyak hak termasuk dalam pemilih. Pada saat itu juga, para wanita memilih unutk menggunaka lipstik sebagai simbol dari feminisme. Tidak berhenti disitu saja, pada era tahun ini perusahaan seprti Guerlain, Chanel, Estee Lauder, dan Elizabeth Arden mulai untuk menjual lipstik.

5 dari 6 halaman

Makin Digandrungi Wanita

Seiring dengan berjalannya waktu, lipstik telah memiliki berbagai macam jenis, model hingga warna. Pada awal tahun 2000, lipstik dengan jenis lip gloss menjadi salah satu favorit sejulah kalangan wanita. 

 Yuk Kenali Sejarah Lipstik di Hari Lipstik Internasional© shutterstock

Mengapa tidak? Selebriti ternama seperti Britney Spears, Paris Hilton dan Christina Aguilera sering menggunakan lip gloss.

6 dari 6 halaman

Era Kekinian

Hingga memasuki abad ke-21 inipun, lipstik tetap terus berkembang baik itu dalam formulanya ataupun dengan modelnya. Sebuah survei menunjukkan bahwa rata-rata wanita di Amerika Serikat rela menghabiskan uang lebih dari US$ 3.500 (Rp 49.064 juta) untuk membeli lipstik seumur hidupnya.

 Yuk Kenali Sejarah Lipstik di Hari Lipstik Internasional© shutterstock

Saat ini, seperti yang sudah kita ketahui bersama salah satu keluarga dari Kardashian, Kylie Jenner, telah meluncurkan produk andalannya yaitu lipstick. Kylie diperkirankan akan menjadi tonggak penting dalam sejarah lipstik yang akan mendatang.

(Sumber: stylecraze)

Beri Komentar
Menu Berbuka Puasa Sehat dan Anti Ribet Ala Chef Deny Gumilang