Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Cara Membuatnya Sebagai Obat Usir Jerawat

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 13 Mei 2022 12:31
Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah dan Cara Membuatnya Sebagai Obat Usir Jerawat
Kandungan senyawa penting di dalam daun biji seperti antioksidan dan vitamin C baik untuk kulit wajah.

Dream - Manfaat daun jambu biji untuk wajah mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Padahal manfaatnya mampu mencegah penuaan dini hingga mengatasi masalah jerawat.

Kandungan senyawa penting di dalam daun biji seperti antioksidan dan vitamin C baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan kadar kedua zat penting itu lebih besar daripada kandungan pada buahnya.

Sahabat Dream bisa mendapatkan manfaat daun jambu biji tersebut dengan membuatnya sebagai masker wajah. Untuk menghindari efek sampingnya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Penasaran apa saja manfaat daun jambu biji untuk wajah? Simak informasi selengkapnya berikut ini dikutip dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Wajah

Ilustrasi© Shutterstock.com

Beragam manfaat daun jambu biji untuk wajah bisa mulai kamu perhatikan. Sebab kamu bisa memanfaatkannya sebagai masker wajah alami untuk mencegah penuaan dini dan masalah jerawat yang membandel.

1. Sebagai Agen Antiaging

Manfaat daun jambu biji untuk wajah yang pertama adalah mampu mencegah penuaan dini. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya, daun jambu biji berperan sebagai anti aging yang baik untuk kulit wajah.

Penelitian dari jurnal Food Chemistry menunjukkan fungsi antioksidan dari daun jambu biji melindungi kulit dari kerusakan sekaligus memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Gejala penuaan dini bisa berupa kerutan, garis-garis halus, dan flek hitam.

2 dari 3 halaman

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat daun jambu biji untuk wajah juga diyakini bisa mengatasi masalah jerawat. Penelitian dalam American Journal of Chinese Medicine, ekstrak daun jambu biji diklaim efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.

Hal ini berkat kandungan senyawa antimikroba, antiseptik, dan antiradang yang mampu membersihkan pori-pori kulit dan menenangkannya serta mengurangi jerawat.

 

3. Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Selain masalah jerawat, manfaat daun jambu biji untuk wajah juga berkhasiat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Kandungan antiseptik pada daun jambu biji dipercaya efektif menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Antiseptik bisa membersihkan bakteri penyebab jerawat sehingga mencegah kemunculannya di kemudian hari.

3 dari 3 halaman

4. Mengangkat Komedo Hitam

Manfaat daun jambu biji untuk wajah juga mampu mengangkat komedo hitam atau blackhead. Blackhead merupakan tonjolan kecil berwarna hitam yang muncul pada area kulit akibat tersumbatnya folikel rambut oleh minyak dan sel kulit mati.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan cara membuatnya masker daun jambu biji. Cukup haluskan 1-2 buah lembar daun jambu biji. Lalu oleskan pada area wajah yang terdapat komedo hitam.

 

5. Meredakan Kulit Gatal

Manfaat daun jambu biji untuk wajah juga bisa meredakan kulit gatal. Kulit yang gatal bisa menyebabkan masalah kulit serius jika tidak segera ditangani. Untuk meredakan rasa gatal yang muncul, Sahabat Dream bisa meredakannya dengan daun jambu biji.

Kadungan senyawa di dalamnya dapat menghambat alergi (antihistamin) yang mengurangi rasa gatal.

Beri Komentar