8 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Rabu, 23 Oktober 2019 07:36
8 Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan
Selain buahnya, daun jambu biji juga mengandung segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Dream – Jambu biji termasuk buah favorit. Biasanya diolah menjadi jus, campuran es buah, atau puding.

Bukan hanya buahnya, daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan menjadi minuman. Daun jambu biji diketahui bisa mengatasi masalah kesehatan. Mulai dari keluhan yang ringan hingga berat.

Hal ini tidak lepas dari kandungan nutrisi dan mineral yang ada di dalam daun jambu biji. Vitamin C, flavonoid, antioksidan dan tanin merupakan kandungan yang ada di daun jambu biji.

Daun jambu biji juga dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya lagi, Dream telah merangkum informasi mengenai manfaat daun jambu biji untuk kalian. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Manfaat Daun Jambu Biji: Mengatasi Diare

Bagi yang sedang menderita diare, manfaatkan daun jambu biji untuk mengatasinya. Menurut sebuah penelitian, daun jambu biji memiliki sifat antidiare.

Coba konsumsi teh daun jambu biji saat diare. Bisa juga konsumsi kapsul ekstrak daun jambu biji atau dengan menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, intensitas diare bisa berkurang.


2. Manfaat Daun Jambu Biji: Mencegah Obesitas

Percaya atau tidak, daun jambu biji secara efektif mampu membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena daun jambu biji akan menghentikan pati kompleks dari konversi menjadi gula.

Meningkatnya berat badan terjadi saat gula dimetabolisme oleh hati kemudian diubah menjadi lemak. Nah, lemak yang dihasilkan nantinya akan dikeluarkan ke dalam darah. Konsumsi ekstrak daun jambu biji secara teratur dan dengan dosis yang tepat.

2 dari 5 halaman

3. Manfaat Daun Jambu Biji: Menurunkan Kolesterol

Menurut Journal of Nutrition and Metabolism, mengonsumsi ekstrak daun jambu biji secara teratur setiap harinya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ekstrak ini juga akan menurunkan kadar trigliserida tanpa menimbulkan efek samping lainnya.


4.    Manfaat Daun Jambu Biji: Mencegah Kanker

Daun jambu biji diketahui memiliki kandungan likopen yang sangat tinggi. Likopen inilah yang memiliki peranan penting dalam mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Pasalnya, kandungan tersebut memiliki sifat melawan kanker khususnya kanker mulut, kanker payudara dan kanker prostat. Menurut Journal Cancer Letters, minyak esensial jambu biji bisa memperlambat perkembangan kanker pada pasien kanker lambung. Hal ini karena daun jambu biji juga kaya tanin, quercetin, aromandreno dan masih banyak zat penting lainnya.

3 dari 5 halaman

5. Manfaat Daun Jambu Biji: Mengendalikan Gula Darah

Menurut Journal of Nutrition and Metabolism, ekstrak daun jambu biji juga mampu mencegah parahnya penyakit diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi teh daun jambu biji secara teratur dan dosis yang tepat, bisa menjaga kadar gula darah pasien menjadi stabil. Sebelum mengonsumsi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter

6.   Manfaat Daun Jambu Biji: Mengatasi Masalah Gusi

Dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, daun jambu biji mampu melindungi gigi dan gusi dari berbagai masalah. Mulai dari peradangan, gigi berlubang, gusi berdarah dan masih banyak lainnya. Hal tersebut juga telah dinyatakan dan diterbitkan dalam Journal of Pharmacognosy Review.

4 dari 5 halaman

7. Manfaat Daun Jambu Biji: Atasi Demam Berdarah

Hati-hati saat memasuki musim hujan sebab berbagai jenis nyamuk akan berterbangan di sekitar rumah. Begitu juga dengan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah, Aedes aegypti

Seseorang yang terindikasi menderita demam berdarah, kadar darah yang ada tubuh akan mengalami menurunan. Semakin turun kadar darah dan trombosit pasien, maka semakin kritis pula kondisinya. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, nyawa bisa menjadi taruhannya.

Daun jambu biji mampu untuk mengatasi masalah tersebut. Menurut Journal of Natural Medicines, daun jambu biji merupakan salah satu obat paling baik untuk meningkatkan kadar trombosit pasien.


8.    Manfaat Daun Jambu Biji: Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, daun jambu biji juga memberikan khasiat pada kulit dan rambut. Pada kulit wajah, daun jambu biji mampu membantu kalian mengatasi jerawat yang membandel.

Daun ini juga akan menyamarkan bintik-bintik gelap dan menghilangkan garis halus hingga keriput pada wajah. Sedangkan pada rambut, daun jambu biji secara efektif dapat membantu dalam menumbuhkan rambut baru yang lebih sehat.

5 dari 5 halaman

Resep Teh Daun Jambu Biji

Bahan:

  • 6 lembar daun jambu biji
  • 1 liter air mineral

 

Cara Membuat:

  1. Bersihkan daun jambu biji dengan air mengalir
  2. Masukkan air mineral pada panci sedang
  3. Tambahkan daun jambu biji yang telah dibersihkan sebelumnya
  4. Didihkan selama 10 menit
  5. Saring air rebusan dan masukkan ke dalam teko
  6. Tambahkan madu murni secukupnya
  7. Teh daun jambu biji telah siap untuk dihidangkan (mut)

 

 

(Sumber: Boldsky)

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik