9 Manfaat Buah Jambu bagi Kesehatan Tubuh

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Rabu, 16 Oktober 2019 16:13
9 Manfaat Buah Jambu bagi Kesehatan Tubuh
Selain enak untuk dikonsumsi, buah jambu juga memiliki segudang manfaat.

Dream – Indonesia memang dikenal memiliki beragam jenis buah-buahan. Mulai dari buah apel, durian, nangka, buah naga, hingga buah jambu. Setiap masing-masing buah tentu saja memiliki manfaatnya tersendiri.

Begitu pula dengan buah jambu biji. Buah yang memiliki rasa cukup manis dengan aroma yang tajam ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika kalian lupa, buah jambu biji pada umumnya berbentuk oval dengan kulit berwarna hijau muda yang dilengkapi pula biji yang bisa dikonsumsi.

Kandungan nutrisi yang tinggi, tak mengherankan bila buah jambu biji memiliki manfaat yang tak terhitung lagi banyaknya. Tidak hanya buahnya saja, daun jambu biji juga telah digunakan sebagai obat diare dalam pengobatan India serta China.

Lantas apa saja sih manfaat dari buah jambu? Jika penasaran, langsung saja simak informasi lebih lanjutnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Manfaat Buah Jambu dalam Meningkatkan Kesehatan Jantung

 9 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh© pixabay.com

Buah jambu diketahui memiliki kandungan vitamin dan antioksidan sangat tinggi. Kedua kandungan tersebut mampu membantu tubuh dalam melindungi jantung dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun jambu biji akan mengurangi tekanan darah serta menurunkan kolesterol jahat. Sedangkan, buah jambu bijinya dikenal memiliki kontribusi yang kuat terhadap kesehatan jantung.

2. Manfaat Buah Jambu dalam Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serta yang sangat tinggi pada buah jambu biji ternyata mampu memberikan efek positif bagi tubuh. Dengan mengonsumsinya, kalian akan merasakan perasaan kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tidak perlu khawatir akan gemuk, buah berwarna hijau ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Fakta inilah yang membuat buah jambu menjadi camilan sehat bagi kalian yang sedang menjalankan program diet.

2 dari 5 halaman

3. Manfaat Buah Jambu dalam Menurunkan Kadar Gula Darah

 9 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh© pixabay.com

Sebuah penelitian menunjukkan, ekstrak daun jambu biji mampu mengontrol gula darah di dalam tubuh. Selain itu, buah jambu juga bisa meningkatkan resistensi produksi insulin. Bahkan, studi lainnya juga mengatakan, mengonsumsi teh daun jambu biji secara efektif akan mengurangi kadar gula darah sesaat setelah memakannya.

4. Manfaat Buah Jambu dalam Mencegah Kanker

Memiliki kandungan antioksidan yang kuat, ekstrak jambu biji dan daun jambu biji mampu menangkal radikal bebas. Bagi yang belum tahu, radikal bebas merupakan salah satu senyawa yang dapat merusak sejumlah sel-sel sehat dalam tubuh.

Dengan menangkalnya, itu berarti kalian akan memiliki risiko terkena penyakit kanker sangat rendah. Manfaat buah jambu sebagai antikanker memang telah dikenal sejak jaman dulu kala. Buah jambu biji mampu mencegah dan menghambat perkembangan serta pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kalian.

3 dari 5 halaman

5. Manfaat Buah Jambu dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 9 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh© pixabay.com

Tahukah kalian? Buah jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ditambah dengan adanya antioksidan yang larut dalam air, membuat buah jambu mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tidak berhenti di situ, buah ini memiliki sifat antimikroba sehingga secara signifikan akan membunuh bakteri jahat serta virus penyebab infeksi.

6. Manfaat Buah Jambu dalam Membantu Sistem Pencernaan

Seperti dikatakan sebelumnya, buah jambu biji memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini tentu saja akan berdampak baik terhadap sistem pencernaan kalian. Terbukti dengan buah jambu biji mampu mencegah terjadi sembelit dan membantu melancarkan buang air besar.

Menurut sebuah penelitian, esktrak daun jambu biji juga bisa menurunkan intensitas serta durasi siare. Ekstrak tersebut nantinya akan bekerja membunuh semua mikroba berbahaya yang bersarang di usus.

4 dari 5 halaman

7. Manfaat Buah Jambu dalam Meredakan Nyeri Menstruasi

 9 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh© pixabay.com

Bagi setiap wanita pastinya akan mengalami masa mentrusasi setiap bulannya. Pada saat itu terjadi, sebagian besar wanita akan mengalami nyeri dan sakit perut yang luar biasa. Ektrak daun jambu biji ternyata bisa menjadi obatnya loh Sahabat Dream.

Memiliki kemampuan menghilangkan kram menstruasi, ekstrak ini sangat cocok dikonsumsi bagi kalian para wanita. Menurut sebuah penelitian, dengan mengonsumsi 6 mg ekstrak daun jambu biji setiap hainya akan mengurangi intensitas rasa nyeri dan sakit yang terjadi saat menstruasi.

8. Manfaat Buah Jambu dalam Mencegah Osteoartritis

Menurut sebuah penelitian terbitan Food Science and Nutrition, ekstrak daun jambu biji mampu mencegah gangguan pada osteoarthritis. Gangguan terseut misalnya saja seperti adanya kerusakan tulang rawan di asteoarthritis.

5 dari 5 halaman

9. Manfaat Buah Jambu dalam Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

 9 Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan Tubuh© pixabay.com

Sering disebutkan sebelumnya, buah jambu biji memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Bagi yang belum tahu, antioksidan sangat bagus dan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Menariknya, dengan mengonsumsi jambu biji atau hanya sekedar mengoleskan ekstrak jambu biji pada kulit mampu memperlambat proses penuaan dini loh.

Bahkan, bisa mencegah munculnya keriput pada kulit terutama wajah dan leher. Selain itu, buah jambu biji juga bisa digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi jerawat membandel. Hal ini dikarenkan buah jambu memiliki sifat antiinflamasi dan atimikroba di dalamnya.

Sumber: Boldsky

Beri Komentar