7 Manfaat Daun Pandan untuk Wanita, Bahan Alami Merawat Kecantikan Kulit dan Rambut

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 29 Juni 2022 10:34
7 Manfaat Daun Pandan untuk Wanita, Bahan Alami Merawat Kecantikan Kulit dan Rambut
Selain untuk bahan masakan yang membuat wangi, daun pandan adalah solusi kecantikan para wanita.

Dream – Daun pandan adalah tanaman yang sudah sangat populer di tengah masyarakat Indonesia. Apalagi daun ini banyak digunakan sebagai bahan masakan dengan aroma wangi yang khas. Misalnya saja ditambahkan untuk membuat bubur kacang hijau dan bubur sumsum. Selain itu, daun pandan juga bisa menjadi pewarna alami makanan untuk memberikan warna hijau yang cantik.

Selain bisa membuat hidangan menjadi wangi dan lezat, daun pandan ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan lho, sahabat Dream. Hal ini karena daun yang berbentuk panjang tersebut memiliki beberapa kandungan seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid yang baik bagi kesehatan.

Tak hanya itu saja, manfaat daun pandan untuk wanita terutama dalam menjaga kecantikan juga tak bisa dianggap remeh. Daun pandan menjadi bahan perawatan alami yang mudah dijumpai dan pastinya jauh dari bahan kimia. Sahabat Dream bisa menggunakannya secara rutin di rumah demi menjaga kecantikan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat daun pandan untuk wanita sebagaimana dirangkum Dream melalui bola.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Wanita

Manfaat Daun Pandan untuk Wanita© Freepik.com

Menghilangkan Komedo

Manfaat daun pandan untuk wanita yang pertama adalah bisa menghilangkan komedo. Menyadari bahwa komedo adalah salah satu musuh bagi para wanita yang biasanya muncul di area wajah. Terutama di bagian hidung. Adanya komedo dikarenakan banyaknya debu yang menumpuk di kulit wajah. Jika dibiarkan saja, maka akan menyumbat pori-pori wajah.

Nah, untuk menghilangkannya bisa menggunakan daun pandan. Caranya adalah dengan menjadikan masker. Kamu hanya perlu menyediakan ½ sendok teh air perasan daun pandan, 1 sendok teh madu, 1 buah pisang, dan ¼ sendok teh minyak zaitun. Haluskan semuanya sampai kental dan aplikasikan ke wajah sekitar 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Menghilangkan Flek Hitam

Adakah di antara sahabat Dream yang mengalami masalah flek hitam? Kondisi ini kerap kali membuat orang menjadi tidak percaya diri ketika bertemu orang lain. Apalagi sebagai seorang wanita, penampilan tentunya menjadi hal yang penting.

Untuk menghilangkan bercak-bercak hitam tersebut, sahabat Dream bisa menggunakan masker pandan. Caranya adalah dengan menyediakan air perasan daun pandan yang dicampur dengan madu murni, jeruk nipis, pisang, dan minyak zaitun. Kemudian aplikasikan ke wajah sampai rata sebanyak tiga kali seminggu. Lakukan secara rutin ya, sahabat Dream.

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Wanita

Manfaat Daun Pandan untuk Wanita© Freepik.com

Mengatasi Ketombe

Bagi seorang wanita, rambut adalah mahkota yang harus selalu dirawat agar tetap indah. Tapi, bagaimana jadinya jika kepala sahabat Dream mengalami masalah ketombe? Ya, rasa gatal akan sangat mengganggumu. Jika menggunakan sampo belum juga mampu mengatasi, sahabat Dream bisa menggunakan daun pandan.

Manfaat daun pandan untuk wanita ini bisa kamu dapatkan dengan cara menghaluskan daun pandan yang sudah dicuci bersih. Lalu campurkan dengan air secukupnya dan mengoleskan ke kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air.

Mencegah Kerontokan

Rambut rontok menjadi masalah tersendiri yang terkadang membuat beberapa orang merasa khawatir akan kesehatan dirinya. Tapi, sahabat Dream bisa mencoba terlebih dahulu mengatasi masalah rambut rontok dengan menggunakan daun pandan. Caranya adalah dengan menyediakan 1 lembar daun pandan, 10 daun bunga sepatu, 10 bungan melati, dan 1 bunga mawar.

Kemudian tambahkan setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak kemiri. Rebuslah hingga mendidih dan saring. Oleskan ke rambut dan kulit kepala sampai rata pada malam hari sebelum tidur. Gunakanlah sebanyak 2 sampai 3 kali selama seminggu secara rutin.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Pandan untuk Wanita

Manfaat Daun Pandan untuk Wanita© Freepik.com

Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini menjadi masalah yang kerap dialami oleh beberapa orang, termasuk para wanita. Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan halus di wajah dan wajah yang tampak kusam. Hal ini pun mampu menurunkan penampilan seseorang.

Untuk mencegah kondisi tersebut, sahabat Dream bisa memanfaatkan daun pandan yang kaya akan antioksidan. Kandungan inilah yang ampuh melawan radikal bebas dan membantu mempercepat proses regenerasi sel-sel untuk menghambat penuaan dini. Kamu hanya perlu menghaluskan daun pandan lalu diaplikasikan saja ke wajah sebagai masker.

Detoksifikasi

Manfaat daun pandan untuk wanita berikutnya adalah bisa menjadi detoksifikasi. Ya, sahabat Dream bisa menjadikan daun pandan sebagai teh yang menyehatkan. Perlu diketahui bahwa daun pandan mampu membersihkan hati dari adanya racun. Lalu, untuk kulit juga bisa menjadi lebih sehat dan cerah. Bisa dicoba mulai dari sekarang ya, sahabat Dream.

Mengangkat Kulit Mati

Kulit mati yang ada di tubuh maupun wajah tidaklah boleh dibiarkan begitu saja. Secara rutin haruslah dibersihkan dengan menggunakan scrub. Ketika kulit mati menumpuk, hal ini akan membuat kulit tampak kusam dan tidak sehat. Salah satu scrub alami yang bisa sahabat Dream coba adalah scrub daun pandan.

Caranya adalah dengan mencampurkan daun pandan dengan madu atau minyak zaitun. Gosokkan ke kulit tubuh dengan gerakan melingkar dan diamkan selama tiga menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Selamat mencoba.

Beri Komentar