Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan yang Diyakini Bisa Mencegah Keriput

Reporter : Arini Saadah
Sabtu, 14 Mei 2022 17:00
Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan yang Diyakini Bisa Mencegah Keriput
Manfaat minyak jarak sudah dikenal sejak ribuan tahun untuk mengatasi masalah kesehatan maupun perawatan kecantikan.

Dream - Minyak jarak alias castor oil merupakan ekstrak yang dibuat dari biji jarak atau Ricinus communis.

Biji jarak mengandung enzim ricin yang beracun. Tetapi setelah melalui proses panjang, enzim ini mati sehingga aman digunakan untuk merawat kecantikan.

Manfaat minyak jarak sudah dikenal sejak ribuan tahun untuk mengatasi masalah kesehatan maupun perawatan kecantikan.

Maka sudah bukan rahasia lagi kalau ada banyak produk obat maupun kosmetik yang menjadikan minyak jarak sebagai salah satu bahan utamanya.

Lantas apa saja manfaat minyak jarak untuk kecantikan? Berikut informasi selengkapnya, dirangkum Dream dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang seringkali muncul di area wajah. Banyak orang mengalami masalah jerawat baik pada tingkat ringan, sedang, hingga berat. Tak sedikit orang merasa kewalahan mengatasinya.

Bagi kamu yang sedang berjuang melawan jerawat, minyak jarak adalah salah satu bahan alami yang bisa kamu coba.

Kandungan asam risinoleat pada minyak jarak membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah. Tak hanya itu, kandungan minyak jarak tersebut dianggap mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan peradangan, sehingga jerawat pun bisa diatasi.

2 dari 5 halaman

2. Mengembalikan Kelembapan Alami Kulit

Manfaat minyak jarak untuk kecantikan yang selanjutnya ialah mampu mengembalikan kelembapan alami pada kulit wajah. Hal ini berkat kandungan asam risinoleat pada minyak jarak yang berperan melembapkan kulit.

Senyawa ini berfungsi mencegah hilangnya air dari bagian terluar kulit. Jika ingin mengaplikasikannya, disarankan kamu mencampurkan minyak jarak dengan minyak zaitun atau minyak almond, sebab minyak jarak bertekstur sangat kental.

3. Percepat Penyembuhan Luka

Tak jarang seseorang memiliki luka di wajah akibat benturan atau kecelakaan. Agar cepat sembuh dan kering, Sahabat Dream bisa mengoleskan minyak jarak pada luka. Minyak jarak akan melembapkan area kulit yang luka dan merangsang pertumbuhan jaringan yang bisa mencegah infeksi.

Tak hanya itu, manfaat minyak jarak juga berperan menghambat pertumbuhan sel kulit mati yang bisa memperlambat proses penyembuhan luka.

3 dari 5 halaman

4. Mencegah Keriput dan Bikin Awet Muda

Ilustrasi© Shutterstock.com

Manfaat minyak jarak untuk kecantikan juga diyakini bisa mencegah keriput. Masalah penuaan ini menjadi momok bagi banyak orang. Banyak hal dilakukan agar terhindar dari gejala penuaan yang mengganggu penampilan tersebut.

Salah satu caranya adalah rutin mengaplikasikan minyak jarak. Manfaat minyak jarak baik untuk mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Minyak jarak berperan merangsang produksi kolagen yang nantinya berfungsi menghaluskan dan menghidrasi kulit sehingga tampak awet muda.

4 dari 5 halaman

5. Baik Untuk Kulit Kepala dan Rambut

Tak hanya baik untuk kecantikan wajah, manfaat minyak jarak juga baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Kandungan asam lemak omega-6 dan asam risinoleat bermanfaat menghidrasi kulit kepala dan melembutkan helai rambut.

Digosokkan ke kulit kepala sambil memijat lembut akan melancarkan aliran darah yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Ekstrak dari biji jarak ini juga mampu melembapkan dan memperbaiki tekstur rambut yang kering.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Minyak Jarak bagi Kulit

Itulah beberapa manfaat minyak jarak untuk kecantikan yang bisa kamu coba. Tetapi di samping manfaatnya yang luar biasa, ada dampak yang terjadi jika tidak cocok dengan kandungan di dalamnya.

Efek samping dari minyak jarak di antaranya adalah diare, kram, mual, muntah, sakit perut, dan alergi. Penting untuk menggunakan minyak jarak dengan dosis yang tepat dan selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produknya.

Maka kamu juga perlu mengetes kecocokan kulitmu dengan minyak jarak. Cobalah oleskan sedikit pada kulit untuk melihat reaksinya. Apabila timbul kemerahan atau gatal, segera hentikan pemakaiannya.

Selanjutnya, ibu hamil juga tidak disarankan menggunakan minyak jarak, lantaran minyak ini diyakini dapat memicu kontraksi atau persalinan.

Saran terbaik sebelum menggunakannya adalah dengan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat minyak jarak untuk kecantikan kulitmu.

Beri Komentar