9 Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah, Meningkatkan Sirkulasi Darah hingga Memperlambat Penuaan

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 4 Agustus 2022 08:12
9 Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah, Meningkatkan Sirkulasi Darah hingga Memperlambat Penuaan
Rutin melakukan penguapan pada wajah mampu memberikan sensasi tenang dan rileks.

Dream – Siapa yang tak ingin memiliki kulit wajah yang sehat? Tentunya setiap orang memimpikan memiliki wajah yang sehat, mulus, dan cantik. Oleh karena itu, penting bagi sahabat Dream untuk selalu merawat kesehatan wajah secara rutin.

Saat ini ada banyak sekali produk-produk kecantikan yang menawarkan berbagai keunggulannya. Sahabat Dream bisa mendapatkan secara mudah produk-produk tersebut di minimarket, supermarket, bahkan di toko online. Tapi, kamu juga bisa lho melakukan perawatan wajah dengan lebih mudah dan pastinya hemat biaya.

Caranya adalah dengan menggunakan uap air panas. Sahabat Dream bisa melakukan cara ini di rumah ketika sedang bersantai. Manfaat uap air panas untuk wajah sangatlah banyak. Wajah bisa lebih bersih dan pastinya juga sehat.

Daripada makin penasaran apa saja manfaat uap air panas untuk wajah, berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui bola.com.

1 dari 3 halaman

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah© Shutterstock.com

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat uap air panas untuk wajah yang pertama adalah bisa meningkatkan sirkulasi darah. Kondisi aliran darah yang lancar sangatlah baik untuk kulit karena bisa nutrisi dan oksigen bisa tersalurkan ke kulit dengan lebih maksimal.

Jika proses menyalurkan nutrisi dan oksigen lancar, maka kulit wajah pun menjadi lembap dan cerah. Hal inilah yang menandakan bahwa kulit wajahmu sehat.

Mempersiapkan Wajah Menerima Skincare

Manfaat uap air panas untuk wajah berikutnya adalah mempersiapkan wajah untuk menerima kandungan dari skincare yang sahabat Dream gunakan. Dengan menggunakan uap air panas, maka mampu untuk meningkatkan suhu kulit. Sehingga nantinya sirkulasi darah juga akan meningkat dan membuat kandungan dari skincare lebih mudah masuk ke dalam kulit.

Sahabat Dream bisa menggunakan mesin penguap wajah atau bisa juga dengan menempelkan handuk hangat di wajah selama beberapa menit, baru menggunakan skincare.

Meningkatkan Produksi Elastin dan Kolagen

Memberikan uap air panas pada wajah mampu membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Jika sirkulasi darah lancar, maka produksi kolagen dan elastin pun akan meningkat. Dengan rutin melakukan penuapan pada wajah, maka sahabat Dream akan merasakan kulitmu lebih kencang dan awet muda. Hal ini pun mampu meningkatkan penampilanmu juga karena seperti yang kita tahu, wajah adalah bagian yang kerap menjadi pusat perhatian banyak orang.

2 dari 3 halaman

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah© Freepik.com

Membersihkan Pori-pori Wajah

Menggunakan uap air panas juga bisa membantu membersihkan pori-pori wajah. Saat uap air mengenai wajah, maka komedo pun akan menjadi lunak dan lebih mudah untuk diangkat. Selain itu, sel kulit mati dan kotoran lainnya juga akan ikut terangkat.

Jika sahabat Dream rutin memberikan uap pada wajah, maka hal ini akan mengurangi risiko kemunculan jerawat. Karena pori-pori lebih bersih jika dibanding dengan mereka yang tidak pernah melakukannya.

Membersihkan Sebum

Sebum adalah minyak produksi alami dari kelenjar sebaceous yang ada di wajah. Keberadaan minyak ini adalah untuk membuat kulit menjadi lembap. Jika sebum terkumpul di bawah permukaan kulit, maka akan menjadi sarang bakteri dan memicu datangnya jerawat dan komedo. Dengan menggunakan uap air panas, maka pori-pori akan terbuka dan sebum pun keluar. Dengan begitu sahabat Dream akan menjadi bersih.

Menghilangkan Minyak yang Terjebak di Pori-pori

Manfaat uap air panas untuk wajah selanjutnya adalah bisa membantu menghilangkan minyak yang terjebak di pori-pori. Karena keberadaan minyak yang terdapat di pori-pori bisa memicu bakteri untuk berkumpul di dalamnya. Kondisi pori-pori yang banyak mengandung bakteri, hal inilah yang menyebabkan jerawat muncul.

3 dari 3 halaman

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah

Manfaat Uap Air Panas untuk Wajah© Freepik.com

Menghidrasi Kulit

Kulit membutuhkan hidrasi agar tidak kering dan tetap lembap. Oleh karena itu, bagi sahabat Dream yang memiliki tipe kulit kering cobalah untuk melakukan penguapan pada wajah. Uap yang hangat tersebut bisa meningkatkan produksi minyak alami dengan kadar yang normal. Sehingga kelembapan wajah pun akan tetap terjaga.

Perlu sahabat Dream perhatikan juga bahwa setelah melakukan penguapan, selanjutnya adalah mengelap keringat dengan menggunakan handuk bersih dan mencuci wajah. Hal ini bertujuan untuk menghambat penyumbatan pori-pori dikarenakan minyak serta keringat yang keluar setelah melakukan penguapan.

Bisa Menenangkan

Ketika memberikan uap air panas pada wajah, hal ini bisa memberikan sensasi tenang dan rileks. Apalagi jika hal ini sahabat Dream lakukan ketika sudah menyelesaikan semua aktivitasmu. Maka momen ini akan membuatmu lebih rileks.

Agar kamu lebih merasa nyaman, bisa juga dengan memberikan minyak esensial, misalnya saja jojoba oil, tea tree oil, reship seed oil, dan sebagainya.

Memperlambat Penuaan

Sebagian besar menginginkan agar wajahnya selalu awet muda. Oleh karena itu, melakukan perawatan wajah sangatlah penting dan sebaiknya dilakukan secara rutin. Mengingat bahwa kulit mudah sekali terpapar debu dan benda asing lainnya yang bisa membuat elastisitas menurun dan muncul garis-garis halus.

Untuk memperlambat penuaan, sahabat Dream bisa memberikan uap air panas pada wajah sebanyak dua kali seminggu. Sehingga nantinya kulit tampak lebih bersih, lembap, dan membuat kulit elastis kembali.

Beri Komentar