Setelah Wudhu, Segera Pakai Sun Block Lagi

Reporter :
Rabu, 20 November 2019 07:47
Setelah Wudhu, Segera Pakai Sun Block Lagi
Wajib hukumnya menggunakan perlindungan berupa krim tabir surya atau sunblock.

Dream - Indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis, mendapat paparan sinar matahari selama setahun penuh. Artinya, kulit Sahabat Dream bakal selalu terpapar sinar ultraviolet sepanjang hari, saat beraktivitas di luar ruangan dan juga dalam ruangan.

Untuk itu wajib hukumnya menggunakan perlindungan berupa krim tabir surya atau sunblock. Penggunaannya harus setiap hari saat keluar rumah. Sejak anak-anak, sebenarnya kulit harus memiliki perlindungan.

" Kalau dari usia 20 tahun tidak menggunakan sunblock, belum keliatan efeknya sekarang. Mulai kepala 3 baru mulai keliatan garis-garis halus sekitar wajah kamu. Bisa lebih parah muncul melasma," ujar dr. Merissa Devlayzar, seorang dokter kecantikan dalam acara Defining Beauty in Woman and Man, di Serpong, Selasa, 19 November 2019.

Penggunaan sunblock memang tidak boleh disepelekan, karena ketika kulit mulai muncul flek kehitaman akan sangat sulit untuk dihilangkan. Ada baiknya untuk mencegah dampak dari paparan sinar matahari UVA dan UVB dari usia muda.

 

 

1 dari 5 halaman

Panduan menggunakan tabir surya

Untuk Sahabat Dream yang melakukan aktivitas hanya di dalam ruangan bisa menggunakan sunblock yang memiliki SPF (sun protection formula) 15. Lapisan pelindung ini akan bertahan kurang lebih sekitar 3 jam.

Jika sahabat dream wudhu atau mencuci muka sebaiknya gunakan kembali sunblock tadi. Lapisan pelindung biasanya akan ikut meluruh terkena air wudhu dan wajah tak punya lapisan pelindung.

 Gunakan sunblock

" SPF sunblock untuk dalam ruangan itu 15, itu bertahan 3 jam tapi kalau ambil wudhu atau mencuci muka harus apply lagi," ungkap dr. Merissa.

Apabila sahabat dream lebih banyak beraktivitas di luar ruangan dan sering terkena paparan sinar matahari, gunakan sunblock yang memiliki SPF 50. Sunblock dengan SPF 50 memiliki efek selama kurang lebih 8 jam.

Laporan: Shania Suha Marwan

2 dari 5 halaman

Tips Memilih dan Memakai Sunblock Saat Cuaca Panas

Dream - Sudah banyak konten yang membahas pentingnya pemakaian tabir surya untuk wajah. Namun masih banyak orang melupakan area mata dan bibir ketika memakainya.

 Tips Memilih dan Memakai Sunblock Saat Cuaca Panas

Padahal kedua area tersebut sangat sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, Make Up Artist (MUA) Phillips Kwok menyarankan untuk mengaplikasikan tabir surya di kedua area tersebut.

" Kalau sudah kena sinar matahari, mata dan bibir itu lebih sensitif," tutur Phillips dalam acara peluncuran The One Tremendous Mascara di Plataran Ramayana, Jakarta Pusat, Kamis 19 September 2019.

" Jadi sama pentingnya dengan pemakaian sunblock di muka. Apalagi kita tinggal di daerah yang lembap," tambah dia.

3 dari 5 halaman

Tidak Harus SPF Tinggi

Tabir surya yang dikenakan tidak harus memgandung SPF terlalu tinggi. " Menurutku sih SPF 35 aja cukup. Kalau ketinggian nanti mukanya nggak kuat. Yang penting jumlah tanda plus di samping 'PA', semakin banyak semakin bagus," imbuhnya.

Pengaplikasian tabir surya tidak hanya saat ingin keluar rumah, tapi juga setelah 30 menit pemakaian dan harus rutin dipakai kembali.

 shutterstock

" Setiap salat dipakai lagi aja. Lebih baik daripada langsung dipakai banyak sekaligus" .

4 dari 5 halaman

Tak Perlu Terlalu Banyak

Kamu tidak perlu memakai tabir surya terlalu banyak. Cukup dituang ke telapak tangan, dihangatkan dengan menggosok kedua tangan, lalu ditepuk pada wajah hingga merata.

 shutterstock

" Banyak orang pakainya seperti pelembap, langsung dioleskan. Efek sampingnya kalau SPF tinggi, kulit nggak kuat, komedoan, berkeringat dan makeupnya mudah luntur. Harus dihangatkan dan ditepuk rata. Kecuali spray," ungkap Phillips.

Jika kamu menggunakan tabir surya berbentuk stik, ratakan warnanya dan tepuk kembali menggunakan jari atau spons agar lebih menyerap.

5 dari 5 halaman

Cukupkah Memakai Tabir Surya yang Ada di Produk Kecantikan?

Dream - Sebagian besar produk kecantikan kini mengandung formula tabir surya atau SPF (sun protection formula), seperti foundation, tinted moiturizer, lip balm, lipstik, finishing powder dan face mist.

Tapi, apakah pemakaian produk kecantikan yang mengandung SPF cukup untuk melindungi kulitmu? Untuk menjawabnya, berikut pernyataan ahli dermatologis, Hadley King.

Masalah penting yang perlu dipertimbangkan ketika menggunakan pelembap, primer dan makeup dengan SPF adalah berapa banyak yang perlu dipakai agar terlindungi.

“ Kamu harus menggunakan sekitar 2 miligram produk per sentimeter persegi kulit atau setara dengan segelas kecil," kata King.

Jika merasa tidak dapat menggunakan banyak produk seperti tinted moisturizer, maka kamu mungkin lebih suka menggunakan primer sebanyak ini dengan SPF dan kemudian menggunakan sedikit makeup. (mut)

Beri Komentar
Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting