Tak Begitu Sulit, Inilah Cara Menghilangkan Jerawat Buta Secara Efektif di Rumah

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 25 September 2020 15:33
Tak Begitu Sulit, Inilah Cara Menghilangkan Jerawat Buta Secara Efektif di Rumah
Sebagian orang menginginkan solusi perawatan rumahan yang lebih murah untuk membantu menghilangkan jerawat buta.

Dream – Jerawat menjadi masalah yang tiada habisnya. Masalah kulit yang satu ini juga sangat menyebalkan dan bisa mengurangi kepercayaan diri.

Berbagai usaha penggunaan krim dan scrub jerawat mungkin sudah kamu lakukan namun juga belum kunjung berhasil.

Jika Sahabat Dream memiliki kulit yang rentan terhadap jerawat mungkin sering mengalami benjolan jerawat yang kadang terasa sakit. Namun jerawat ini tidak memiliki mata seperti biasanya, maka ini namanya adalah jerawat buta.

Jerawat buta adalah sejenis jerawat yang berkembang di bawah permukaan kulit biasanya disebabkan oleh kista atau nodul yang terbentuk saat sebum, bakteri dan kotoran terperangkap di pori-pori kamu.

Tidak perlu risau Sahabat Dream, kali ini kita akan bagikan tips perawatan rumahan untuk menghilangkan jerawat buta secara efektif. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

1 dari 7 halaman

Perawatan Jerawat Buta yang Tidak Biasa

Ilustrasi© freepik.com

Dikutip dari laman The Health Site, jerawat buta atau jerawat kistik terlihat seperti area putih besar di bawah kulit kamu yang mungkin akan terlihat dari kejauhan. Namun kamu bisa merasakan benjolan yang terasa sakit saat disentuh. Area ini juga akan terlihat kemerahan karena peradangan kulit di sekitarnya.

Jerawat buta ini akan membakar area bawah kulit kamu, sehingga dianggap sebagai jenis jerawat yang paling sulit diobati. Krim, scrub dan obat jerawat biasa yang dibuat untuk permukaan kulit tidak akan bisa mengatasi jerawat buta yang membandel.

Bahkan obat dan krim untuk permukaan kulit berjerawat malah akan memperburuk keadaan jerawat buta. Karena itu perlu perawatan khusus untuk mengatasi jerawat buta yang membandel ini dengan perawatan rumahan memerlukan kesabaran tapi tidak terlalu sulit dilakukan.

2 dari 7 halaman

Penyebab Jerawat Buta

Jerawat buta ternyata disebabkan oleh perubahan hormon yang melonjak (khususnya hormon kortisol). Lonjakan hormon inilah yang menjadi alasan munculnya jerawat buta biasanya sekitar waktu siklus menstruasi.

Kelenjar minyak kulit kamu bereaksi terhadap lonjakan hormon dengan memproduksi sebum secara berlebihan yang menyebabkan kelenjar minyak membengkak dan mengeras. Stres juga bisa menyebabkan lonjakan hormon kortisol penyebab jerawat. Sehingga bagaimana kamu mengelola stress juga menjadi salah satu bagian dari perawatan jerawat buta.  

Menurut ahli kulit, sebanyak 50 hingga 80 persen jerawat buta akan hilan dengan sendirinya namun memakan waktu hingga beberapa minggu bahkan bulan. Tapi jika bertahan lama di kulit wajah, kemungkinan akan meninggalkan bekas luka atrofi seperti kawah.

Sayangnya tidak ada cara menghilangkan jerawat buta dalam waktu semalam saja. Perlu diingat jangan pernah memencet atau memecahkan jerawat apapun karena justru memperburuk keadaan dan menyebabkan jaringan parut.

3 dari 7 halaman

5 Cara Menghilangkan Jerawat Buta

Ilustrasi© freepik.com

1) Penyuntikan Kortison

Suntikan kortison adalah cara tercepat untuk menghilangkan jerawat buta atau kistik. Tetapi suntikan kortison tentu membutuhkan biaya mahal. Banyak orang menginginkan solusi perawatan rumahan yang lebih murah.

Jadi di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan jerawat buta yang membandel secara efektif di rumah.

4 dari 7 halaman

2) Kompres Hangat

Ilustrasi© freepik.com

Menerapkan kompres hangat menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat buta yang membandel di wajah. Rendam kain bersih dalam air panas lalu tempelkan kain tersebut ke area jerawat buta.

Kompres hangat ini akan membantu mengeluarkan nanah dan menyembuhkannya. Namun jangan terlalu panas supaya tidak membakar kulit kamu. Aplikaskan kompres hangat ini selama 10 hingga 15 menit sebanyak tiga hingga empat kali sehari.

5 dari 7 halaman

3) Gunakan Stiker Jerawat

Cara menghilangkan jerawat buta yang membandel juga bisa dilakukan dengan menggunakan stiker jerawat. Tempelkan stiker jerawat di atas jerawat buta.

Stiker jerawat akan membantu menghilangkan sebum, bakteri dan kotoran darinya. Sebagian besar stiker jerawat mengandung asam salisilat yang merupakan bahan aktif melawan jerawat.

Kamu bisa mendapatkan stiker jerawat ini di apotek terdekat. Gunakan setiap hari hingga jerawat buta hilang dan pastikan untuk menggantinya setidaknya setiap 24 jam sekali.

6 dari 7 halaman

4) Campuran Antibiotik dengan Benzoyl Peroxide

Ilustrasi© freepik.com

Cara menghilangkan jerawat buta selanjutnya adalah dengan obat yang terbuat dari campuran antibiotic topikal seperti klandamisin dan eritromisin. Kedua antibiotic tersebut dapat memabntu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

Gunakan antibiotic ini bersamaan dengan benzoyl peroxide yang akan membantu mengeringkan jerawat buta. Aplikasikan kombinasi ini di area jerawat buta sebanyak dua kali sehari.

7 dari 7 halaman

5) Minyak Pohon Teh

Ilustrasi© freepik.com

Minyak pohon teh juga bisa kamu coba untuk menghilangkan jerawat batu yang membandel di kulit wajah cantikmu.

Encerkan minyak pohon teh dengan minyak kelapa atau jojoba maupun minyak zaitun. Oleskan campuran yang diencerkan ini sebanyak dua kali sehari hingga jerawat buta sembuh sepenuhnya.

Sahabat Dream juga bisa membiarkannya semalaman sambil tidur dan membilasnya pagi hari saat cuci muka.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat buta yang membandel secara efektif di rumah. Jika perawatan di rumah masih saja gagal, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit untuk mencari solusinya.

Beri Komentar