Tips Memilih Make Up untuk Kulit Gelap

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 23 Agustus 2019 19:45
Tips Memilih Make Up untuk Kulit Gelap
Apakah kamu termasuk pemilik warna kulit gelap?

Dream - Memilih warna make up untuk kulit gelap memang jadi tantangan tersendiri. Tapi pada umumnya kulit gelap sangat cocok dengan warna lebih cerah, seperti merah, plum, dan masih banyak lagi.

Produk kosmetik yang melimpah di pasaran juga menambah gamang kita untuk mengaplikasikannya pada kulit wajah yang terlihat gelap. Kita pasti butuh lebih banyak waktu untuk memilih foundation maupun bronzer terbaik.

Namun tenang saja, kali ini Dream memberikan tip dari laman Makeup.com untuk kalian yang berkulit gelap agar tidak salah memilih riasan.

1 dari 5 halaman

Ingat 10 Langkah Ini

Langkah 1: Cobalah warna foundation sebelum dibeli, kamu bisa mencobanya di sekitar tulang rahang dan membaurkannya menggunakan jari

Langkah 2: Aplikasikan foundation liquid agar kulitmu terlihat dewy

Langkah 3: Gunakan highlighter yang bernuansa keemasan dan hindari warna silver atau pink, aplikasikan pada pipi, tulang hidung, dahi serta dagu

Langkah 4: Gunakan kontur yang berwarna lebih gelap dari kulitmu, aplikasikan di area pipi, rahang, dan garis rambutmu

Langkah 5: Gunakan pensil alis berwarna lebih terang dari rambutmu untuk mengisi alis.

Langkah 6: Pilih eyeshadow shimmer atau bertekstur demi-matte untuk menambahkan kesan glowing yang natural. Pilih warna yang lebih terang untuk diaplikasikan di tulang alis. Lalu, aplikasikan warna lainnya di lipatan matamu. Tambahkan warna terang di inner corner agar terlihat lebih segar.

Langkah 7: Aplikasikan eyeliner liquid mulai dari sudut luar mata ke bagian dalam, jangan lupa aplikasikan juga di waterline

Langkah 8: Agar lebih bold, buatlah eyeliner wing

Langkah 9: Pilih maskara yang membuat bulu mata terlihat lebih panjang

Langkah 10: Gunakan lipstik berwarna bold untuk membuat penampilanmu lebih memikat

2 dari 5 halaman

Tips 1: Ketahui Undertone Kulitmu

Mengetahui undertone kulit merupakan cara utama dalam memilih warna make up. Terutama ketika memilih foundation yang pilihan warnanya terlihat sangat mirip.

Berikut tiga undertone yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulitmu:

Cool: Pink, merah atau undertone berwarna biru
Warm: Kuning atau undertone berwarna keemasan
Neutral: Seimbang antara cool dan warm undertone

Kalau belum cukup membantu, simak tips berikut.

 shutterstock

3 dari 5 halaman

Mencocokkan dengan Pakaian Berwarna Putih dan Cream

Ambil dua pakaian atau handuk berwarna putih serta krem atau broken white. Saat tidak mengenakan riasan, pilih salah satu yang paling sesuai dengan warna kulitmu.

Jika kamu memilih warna putih, berarti kulitmu termasuk warm undertone. Jika warna krem lebih cocok, maka kulitmu termasuk cool undertone. Sedangkan kalau keduanya cocok, berarti kulitmu netral.

 shutterstock

Melihat Pembuluh Darah

Lihatlah pembuluh darah di pergelangan tanganmu. Jika warnanya hijau, maka kulitmu termasuk warm undertone. Jika venamu berwarna biru, maka kulitmu termasuk cool undertone. Jika venamu memiliki kedua warna tersebut, berarti kulitmu netral.

Menggunakan Perhiasan

Jika perhiasan emas membuat warna kulitmu lebih menarik, maka kemungkinan kamu memiliki warm undertone. Jika perhiasan silver terlihat paling bagus untukmu, maka kulitmu termasuk cool undertone.

4 dari 5 halaman

Tips 2: Foundation untuk Kulit Gelap

Setelah mengetahui undertone kulitmu, kamu akan lebih mudah menemukan warna foundation yang paling cocok untukmu. Cobalah mengaplikasikan foundation di tulang rahangmu.

Biasanya warna kulit wajah lebih terang daripada area tubuh lainnya, jadi saat mencoba produk make up, cocokkan dengan warna kulit di area tubuh lainnya.

Cobalah dua hingga tiga warna secara bersamaan dan tunggu beberapa menit untuk membiarkan foundation menyerap ke dalam kulit. Lalu, tentukan yang paling cocok dengan kulitmu.

 shutterstock

Tips 3: Memilih Blush yang Tepat

Kulit gelap sangat cocok menggunakan blush on berwarna mauve, cranberry atau oranye terang. Jangan takut memakai blush on warna terang karena akan terlihat natural di wajahmu.

Jika kamu memiliki warm undertone, cobalah blush on berwarna fuchsia. Untuk cool undertone, bisa mencoba warna tangerine.

5 dari 5 halaman

Tips 4: Memilih Bronzer

Pilihlah bronzer berwarna natural agar lebih mudah dicocokkan dengan warna kulitmu. Aplikasikan pada dahi, pelipis dan tulang pipi agar wajah lebih berdimensi.

Tips 5: Warna Eyeshadow

Warna cerah akan membuat matamu terlihat lebih besar. Warna perhiasan seperti ungu, biru cerah, hijau zamrud atau merah anggur akan sangat cocok untukmu. Warna keemasan dan bronze akan membuat matamu lebih cerah.

 shutterstock

Hindari warna putih atau krem maupun frosty eyeshadow karena dapat membuat kulit menjadi kusam. Gunakan juga warna netral seperti nude shimmer atau demi-matte agar matamu terlihat lebih segar.

Tips 6: Memilih Warna Lipstik

Sama seperti warna blush on yang cerah, warna kulit gelap bisa bebas dalam memilih lipstik! Warna glossy pink atau ungu tampak segar. Sedangkan lipstik matte akan benar-benar membuat bibirmu terlihat lebih tebal.

Warna kulit dengan warm undertone akan sangat cocok menggunakan lipstik berwarna peach, oranye, bahkan cokelat. Sedangkan untuk kulit cool undertone lebih cocok menggunakan lipstik berwarna ungu, pink dan merah dengan undertone biru.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone