3 Strategi Jitu Usaha Kuliner Tampil Stand Out

Reporter : Dwi Ariyani
Rabu, 27 November 2019 14:20
3 Strategi Jitu Usaha Kuliner Tampil Stand Out
Menjalankan usaha kuliner memang bukan hal yang mudah, yuk cari tahu strateginya.

Membuka bisnis di bidang makanan kini lagi banyak diminati. Pasalnya, jenis usaha kuliner termasuk yang nggak mati karena selalu dicari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dan selera makan. Belum lagi tren kuliner yang terus berganti mendorong resto atau café baru terus bermunculan.

Menjalankan usaha kuliner memang bukan hal yang mudah, terutama di tengah ketatnya persaingan yang membuatmu harus lebih kreatif mencari cara untuk memasarkan resto atau café milikmu. Yuk, jajal beberapa strategi jitu berikut ini untuk tampil stand out.

Andalkan keunikan

Hanya sekadar ikut-ikutan tren kuliner yang lagi booming bukan jaminan resto atau café jadi laris manis. Justru keunikan yang dimiliki jadi modal penting untuk memiliki pelanggan setia dan terus mengembangkan usaha. Mulailah dengan mengembangkan menu makanan yang unik dan menggugah rasa penasaran penikmat kuliner. Selain itu, lengkapi juga dengan lingkungan yang tepat, misalnya dengan mengusung tema tertentu yang cocok dipakai hangout atau sekadar berfoto.

Miliki Review yang Baik

Pengalaman buruk yang dialami oleh pelanggan bisa jadi mimpi buruk buat kelangsungan bisnis kulinermu. Bukan hanya beredar lewat mulut ke mulut, kini mudahnya membagi informasi ini lewat media sosial pun bisa menjatuhkan reputasi tempat makan milikmu. Cegah sebelum terlambat dengan meningkatkan layanan dan terus menjaga kualitas dan citarasa makanan.

Tapi jika terlanjur ada ulasan buruk tentang resto atau cafemu, respon dengan sopan dan cepat. Awali dengan ucapan terima kasih karena telah mengunjungi tempat makanmu, lalu tanggapi ulasan yang diberikan tanpa melibatkan emosi. Jika masalahnya cukup besar, nggak ada salahnya untuk memberikan kompensasi atas ketidaknyamanan yang dialaminya, seperti kupon gratis atau porongan harga.

Tepat gunakan media sosial

Pemasaran via media sosial kini sudah nggak asing lagi, bahkan bisa jadi strategi yang cukup jitu untuk memasarkan usahamu. Pertama, kamu wajib menentukan media sosial yang sesuai dengan target pasar, kemudian merencanakan langkah-langkah selanjutnya. Mulai dari menggunakan user-generated content hingga menggaet influencer atau blogger yang bikin resto maupun café milikmu kian populer.

Kesempatan berharga datang dari situs dream.co.id yang merupakan situs Muslim Lifestyle pertama dan terbesar di Indonesia. Gelaran program Dream Day yang diadakan setiap tahun kini bukan hanya diadakan di pusat perbelanjaan, tapi mulai menyasar café, resto, maupun coffeshop untuk menggelar acara yang lebih private dan akrab.

Bermodal ruangan yang cukup luas dan nyaman, pelayanan terbaik, hingga menu makanan yang lezat, pemilik tempat makan bisa jadi host program Dream Day selanjutnya. Selain jadi saksi keseruan berbagai acara yang digelar khusus untuk Sahabat Dream ini, restoran atau café yang dijadikan lokasi kegiatan tersebut punya peluang lebih besar untuk tampil stand out dan tentunya bakal lebih dikenal.

Tunggu apalagi, segera daftarkan restoran atau café milikmu untuk lokasi penyelenggaraan event Dream Day berikutnya!

 

Beri Komentar