6 Bubur Khas Indonesia yang Nikmatnya Menggoda, Manis dan Sedap Semua Ada

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 1 Oktober 2021 14:43
6 Bubur Khas Indonesia yang Nikmatnya Menggoda, Manis dan Sedap Semua Ada
Menghadirkan cita rasa manis dan sedap, tinggal pilih aja mana yang sesuai seleramu!

Indonesia memang kaya akan warisan kuliner nusantara yang menggoda lidah. Dari Sabang sampai Merauke, kamu bisa menemukan makanan apapun yang diinginkan. Mulai dari makanan berat, kue tradisional, hingga dessert banyak tersaji dengan cita rasa khas kota asalnya masing-masing.

Begitu pun dengan bubur, olahan beras yang dibuat dengan tekstur lebih encer dan biasanya berisi berbagai lauk. Kalau selama ini olahan bubur yang kamu ketahui baru sebatas bubur ayam, ternyata masih ada sederet hidangan bubur khas nusantara lainnya yang nggak kalah lezat. Menghadirkan cita rasa manis dan sedap, tinggal pilih aja mana yang sesuai seleramu!

Bubur Manado

6 Bubur Khas Indonesia yang Nikmatnya Menggoda, Manis dan Sedap Semua Ada© Shutterstock

Dikenal juga dengan nama bubur tinutuan, kuliner yang satu ini adalah sajian khas Manado, Sulawesi Utara yang jadi salah satu kuliner favorit di daerah tersebut. Menu yang satu ini merupakan olahan labu kuning yang dicampur berbagai jenis sayuran. Mulai dari bayam, kangkung, kemangi, daun singkong, hingga jagung. Didominasi oleh sayuran, olahan yang satu ini cocok menjadi menu sarapan sehat sehari-hari.

Bubur Manado nggak hanya dimakan begitu saja. Biasanya ada lauk pelengkap lain yang menambah cita rasa sajian yang satu ini. Misalnya perkedel ikan nike, ikan cakalang, hingga sambal roa.

Bubur Sagu Ambon

Ambon juga punya salah satu hidangan bubur khas yang dikenal dengan nama bubur sagu. Sagu Ambon sendiri adalah bahan makanan tradisional penduduk Maluku yang berbentuk lempengan. Bahan tersebut kemudian diolah menjadi bubur dengan cita rasa manis dari gula merah dan gurihnya santan di dalamnya. Nah, untuk menikmatinya kamu bisa memakan langsung bubur sagu atau dengan pelengkap seperti talas kukus.

Bubur Sumsum

6 Bubur Khas Indonesia yang Nikmatnya Menggoda, Manis dan Sedap Semua Ada© Shutterstock

Masih belum bisa dipastikan makanan yang satu ini berasal dari mana. Tapi, bubur sumsum memang banyak ditemukan di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang paling terkenal adalah Madura. Kalo merunut sejarah, bubur ini sudah ada sejak zaman penjajahan dan dibuat untuk menyiasati krisis pangan yang terjadi di kalangan rakyat.

Meskipun awalnya dibuat di masa krisis, tapi nyatanya cita rasa manisnya yang khas mampu memikat para pecinta kuliner hingga saat ini. Bubur sumsum dibuat dari olahan beras ketan dan disajikan dengan guyuran kuah gula jawa yang menambah sensasi kelezatannya.

Bubur Ase

Mungkin nggak banyak yang mengenal bubur tradisional yang satu ini. Yup, bubur ase merupakan salah satu olahan khas Betawi yang sekarang terbilang jarang ditemui. Hidangan ini termasuk khas karena warnanya hitam berasal dari siraman kuah semur Betawi.

Menikmati bubur ase kamu akan dimanjakan oleh semur daging sapi, kacang kedelai, tauge, hingga kerupuk merah. Pastinya lezat dan bisa memanjakan lidah? Penasaran dengan rasanya?

Bubur Kampiun

6 Bubur Khas Indonesia yang Nikmatnya Menggoda, Manis dan Sedap Semua Ada© Shutterstock

Sajian khas tanah Minangkabau ini dikenal dengan cita rasa manis yang memanjakan lidah. Bubur kampiun terdiri dari campuran berbagai bahan untuk menghasilkan cita rasa manis dan lembut. Mulai dari ketan putih yang dikukus, bubur sumsum, ketan hitam, kolak pisang atau ubi, bubur kacang hijau dan candil.

Namun, isian ini bisa jadi berbeda di beberapa daerah. Misalnya dengan megganti bubur conde dengan bubur delima karena teknik memasaknya yang cukup sulit. Hal ini juga yang membuat bubur kampiun jarang ditemui di daerah lain kalau tidak langsung mengunjungi tanah Minang.

Bubur Candil

6 Bubur Khas Indonesia yang Nikmatnya Menggoda, Manis dan Sedap Semua Ada© Shutterstock

Jadi salah satu makanan yang populer di Pulau Jawa, bubur candil terbuat dari ketela dan tepung tapioka. Tekstur buburnya sendiri kenyal dan legit dengan kombinasi kuah santan dan gula merah yang membuat cita rasanya semakin istimewa.

Bubur candil sering menjadi makanan favorit untuk berbuka puasa. Seiring dengan zaman yang makin modern, inovasi bubur candil banyak ditemui di berbagai seller. Misalnya menghadirkan bubur candil berwarna hijau yang berasal dari pandan dan daun suji.

Manis dan sedap, berbagai varian bubur khas di tanah air tersedia lengkap dengan cita rasa khas yang menggoda selera. Mana yang paling bikin ngiler? Nggak perlu bingung masak sendiri, langsung aja search kuliner khas yang kamu inginkan di ManisdanSedap.com!

Platform kuliner yang satu ini hadir untuk memanjakan para foodies dan memudahkan mereka untuk melakukan pre order menu favorit dari berbagai kota di tanah air. ManisdanSedap.com merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Cara melakukan pemesanannya juga gampang banget. Kamu tinggal klik tombol pemesanan yang tersedia, nantinya akan langsung dihubungkan ke nomor WhatsApp seller. Jadi, transaksi dilakukan di luar platform dan bebas ribet. Kepoin menu favoritmu di ManisdanSedap.com sekarang juga!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More