Awas Keracunan, Perhatikan Keamanan Makanan Saat Traveling

Reporter :
Minggu, 30 Desember 2018 12:00
Awas Keracunan, Perhatikan Keamanan Makanan Saat Traveling
Jangan sampai saat perjalanan, Sahabat Dream mengalami masalah pencernaan.

Dream - Saat melakukan perjalanan jauh atau traveling, kita seringkali abai terhadap kebersihan dan keamanan makanan yang dikonsumsi. Sampai akhirnya masalah muncul seperti muntah, diare, bahkan sampai keracunan akut.

Perjalanan tentu akan sangat terganggu. Apalagi jika sampai membutuhkan perawatan medis. Untuk itu, perhatikan asupan yang dikonsumsi selama perjalanan.

Berikut ini cara memastikan keamanan makanan seperti dikutip dari Foodnetwork:

1. Bekal sesuai waktu perjalanan

Saat melakukan traveling dan membawa bekal, kita harus memikirkan durasi perjalanan. Beberapa makanan akan sangat mudah basi dalam suhu yang lembap dan panas. Idealnya, bekal yang dalam kondisi basah dan berkuah bisa bertahan 4 hingga 6 jam. Pilihan lauk kering memang lebih aman untuk menu bekal.

2. Bersihkan meja makan pesawat

Dalam sebuah studi tahun 2015 oleh TravelMath, seorang ahli mikrobiologi mengumpulkan 26 sampel dari 5 bandara dan 4 penerbangan, menemukan meja baki pesawat menjadi tempat paling kotor di pesawat. Untuk itu, seka meja nampan dengan tisu basah antibakteri dan jangan pernah menyentuh makanan secara langsung. Selalu gunakan serbet atau alat untuk mengambilnya.

1 dari 1 halaman

Selektif Memilih Makanan

3. Pilih makanan kemasan

Makanan dalam kemasan harus mematuhi praktik keamanan pangan yang ketat. Dalam situasi lapar dan darurat, boleh dibilang makanan kemasan adalah pilihan terbaik. Beberapa makanan ringan kemasan yang mengenyangkan, seperti biskuit, kacang-kacangan merupakan pilihan yang pas.

 Gara-gara Bekal Makan Siang, Orangtua dan Guru 'Perang Dingin'

4. Cuci botol minum

Mungkin ingin menghemat uang dengan menggunakan botol air yang dapat digunakan kembali, tetapi ada batasan berapa lama dapat digunakan kembali. Dengan bibir (dan bakteri) menempel di bagian mulut, pastikan untuk mencucinya dengan sabun dan air hangat setiap hari.

Laporan Ava Haprin

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan