Dihangatkan Berulang, Rasa Makanan Ini Justru Makin Nikmat

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 18 Desember 2018 16:01
Dihangatkan Berulang, Rasa Makanan Ini Justru Makin Nikmat
Bumbu rempah yang digunakan akan semakin meresap ke dalam makanan.

Dream - Indonesia memiliki beragam makanan lezat yang bisa membuat kamu gagal diet. Rasa rempah, bahan berkualitas, serta teknik memasak yang khas, membuat kenikmatan makanan Tanah Air sulit tertandingi.

Coba saja kamu bayangkan, dalam satu jenis makanan bisa terdapat setidaknya minimal lima jenis bumbu rempah yang digunakan. Tidak heran kalau ada beberapa makanan Indonesia yang akan terasa lebih lezat jika dipanaskan.

Hal ini dikarenakan bumbu rempah yang digunakan akan semakin meresap ke dalam makanan. Kalau tidak percaya, coba saja kamu icip lima makanan di bawah ini yang rasanya semakin lezat jika dipanaskan. Simak yuk!

1. Gudeg

 Gudeg© PergiKuliner

Makanan pertama ada gudeg yang terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dalam jangka waktu yang sangat lama yakni sekitar 3-5 jam lamanya. Kuliner khas Yogyakarta ini memiliki perpaduan bumbu rempah yang sangat banyak.

Terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, kemiri, ketumbar, daun salam, lengkuas, gula aren dan garam. Semakin lama gudeg dimasak dan dipanaskan kembali, maka tekstur nangka akan menjadi lebih lembut dan kuah gudeg akan semakin terasa gurih. Selain nangka, gudeg juga bisa dibuat telur dan ayam.

1 dari 2 halaman

2. Rendang

Rendang yang masuk dalam jajaran kuliner terlezat di dunia ini memang tidak perlu diragukan. Tapi tahukah kamu kalau rendang yang dipanaskan akan semakin terasa lezat rasanya.

 Rendang© Pergi Kuliner

(Foto: PergiKuliner)

Rendang terbuat dari bahan dasar daging kerbau atau sapi yang dipotong-potong. Lalu dimasak dengan santan dan bumbu rempah bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, pala, jintan, daun jeruk, sereh, daun kunyit, dan asam kandis. Menggunakan teknik memasak api kecil dan lama agar bumbunya meresap sempurna.

2 dari 2 halaman

3. Gulai

Mendengar kata gulai, pasti yang terbayang di pikiranmu adalah kuliner daging bersantan. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi, kambing, ayam, hingga jeroan seperti kikil dan usus.

 Gulai© PergiKuliner

(Foto: PergiKuliner)

Daging yang sudah dibersihkan kemudian dimasak bersama dengan santan dan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, ketumbar, jintan, pala, lengkuas, cengkeh, sereh, daun salam, daun jeruk, merica, gula dan garam.

Selengkapnya baca di Pergi Kuliner.

Beri Komentar