Durian J-Queen Rp14 Juta, Benarkah Sangat Lezat?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Sabtu, 2 Februari 2019 15:34
Durian J-Queen Rp14 Juta, Benarkah Sangat Lezat?
Ada yang membandingkan kualitas J-Queen dengan durian lain, hasilnya...

Dream - Beberapa waktu lalu, masyarakat dibuat heboh dengan penjualan durian di sebuah pusat perbelanjaan Plaza Asia, Tasikmalaya, Jawa Barat. Durian dengan nama J-Queen itu dibanderol dengan harga mencengangkan, Rp14 juta. 

Durian itu diklaim sangat langka karena hanya menghasilkan 20 buah per pohon selama 3 tahun. Sontak, banyak orang penasaran ingin mencoba selezat apa durian tersebut.

 

Durian J-Queen

Foto: Instagram @plazaasia.official

Sekelompok orang pecinta durian akhirnya mencicipi buah mahal itu. Mereka menemukan fakta tentang seberapa lezatnya durian J-Queen.

Lewat video yang diunggah ulang di akun gosip @lambe_turah, sekelompok pria tengah mengerubungi durian yang sudah terbelah dua. Ada beberapa jenis durian di meja, seperti bawor, tembaga hingga J-Queen.

Setelah mencoba masing-masing durian, mereka menyatakan kualitas J-Queen ternyata masih jauh di bawah durian unggulan lainnya.

"Ini boleh dikatakan durian yang bagus. Tapi dari banyak faktor lainnya dia masih kalah misalnya dengan jenis tembaga," tutur pria berbaju kuning.

Selain tembaga, J-Queen juga kalah dari durian bawor. Durian itu tidak memiliki daging setebal bawor dan tidak masuk ke dalam kriteria 'nikmat' bagi para pecinta durian.

"Kalau soal rasa, bagi kami, maniak durian, belum. Tapi bagi orang yang suka makan durian, ini lumayan," ucapnya.

Fakta tersebut sontak mengundang reaksi netizen. Banyak dari mereka yang merasa tertipu dengan durian itu.

"Jadi mereka keluarin 14 Juta?," ujar @mikaelantonov.

"Wahh..kecewa dong bli 14jt," balas @tutiprabawati.

"wah nyesel 7 turunan," akun @sioldera menimpali.

1 dari 3 halaman

Heboh Durian Seharga Rp14 Juta di Tasikmalaya

Dream - Meski berbau menyengat, durian menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Beragam jenis durian menjadi dari durian petruk, durian bokor, hingga memang punya daya tarik sendiri.

Baru-baru ini,  Plaza Asia Tasikmalaya, Jawa Barat, menjual durian seharga Rp14 juta. Namanya, durian J-Queen.

" Konon, durian ini hanya berbuah 3 tahun sekali," tulis Instagram @realplazaasiatasik, Minggu, 27 Januari 2019.

Harga mahal itu juga karena terbatasnya jumlah durian saat berbuah. Setiap pohon, hanya berbuah di bawah 20 butir. Keistimewaan lain durian ini yaitu tidak adanya benjolan di buahnya.

" Penelitian buat durian J-Queen juga membutuhkan waktu 4 tahun dan ini durian pemenang kontes di Penang, Malaysia," tulis akun tersebut.

Dilaporkan Ayo Bandung, Manajer Supermarket Plaza Asia, Heriyawan Tetan mengatakan, durian J-Queen ini memiliki keistimewaan lain. Buah durian ini merupakan produk lokal Kampung Bogamin, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Bobotnya 4 hingga 5 kilogram.

" Dagingnya terasa lezat," kata Heriyawan.

Sumber: Ayo Bandung

2 dari 3 halaman

Deretan Durian Mahal Berharga Miliaran

Dream - Durian jenis J-Queen kini sedang jadi perbincangan pecinta durian di Indonesia. Bagaimana tidak, durian yang dijual Supermarket Plaza Asia, Tasikmalaya, harganya mencapai Rp14 juta.

Durian memang dikenal sebagai buah mahal. Sebenarnya, selain J-Queen ada beberapa jenis durian lain yang harganya jauh lebih mahal. Salah satunya durian Kanyao yang dilelang di Nonthaburi, Thailand, pada 2017.

Pelelangan bertujuan mengumpulkan dana bagi sebuah panti asuhan di distrik Pak Kret. Kanyao adalah rajanya durian di Thailand dan termasuk varietas termahal. Harga Kanyao pada 2016 paling mahal sebesar 210.000 baht atau setara Rp93,5 juta.

Pemilik restoran Ban Bang Khen, Sompong Pisankitvanich, menawarkan tawaran tertinggi untuk durian Kanyao. Sebagaimana dilansir Bangkok Post, Kanyao berhasil dilelang seharga 2,05 juta baht (Rp91,3 miliar).

3 dari 3 halaman

Penghasil Durian Terbaik

Durian Kanyao ditanam oleh Somnuek Hanjaithai. Ia menanam sekitar 1.000 durian Kanyao di Bang Rak Noi, distrik Muang. Somneuk dikenal sebagai penghasil durian terbaik di Thailand.

 Cara Pintar Memilih Durian Matang dan Enak

Lebih dari 90 persen durian milik Somneuk dipesan banyak klien. Sebagian besar klien adalah pejabat senior dan berpenghasilan tinggi. Mereka ingin menikmati buah dengan tekstur ringan dan aroma durian yang sangat harum.

Provinsi Nonthaburi dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk menanam durian. Tanahnya subur dan dialiri air dari sungai Chao Phraya.

Durian lainnya yang juga sangat mahal adalah durian Volcano. Pelelangan durian Volcano matang pertama terjadi pada 2018 di provinsi Si Sa Ket, Thailand sebesar 150.000 baht ($6.260 atau setara Rp 66,84 juta).

 Kuliner: Festival Durian Sinpasa

Lelang dilakukan saat kantor distrik tersebut menggelar acara pekan raya buah tahunan. Durian Volcano ini dianggap masyarakat setempat sebagai raja buah yang akan membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi mereka yang memakannya.

Penawar tertinggi adalah pemilik pabrik tepung tapioka, Iam Siri. Itu adalah penawaran tertinggi untuk durian yang dilelang di provinsi tersebut.

Gubernur Si Sa Ket, Thawat Srabal mengatakan durian dari Kantharak memiliki keunikan dari segi rasa. Ini karena durian Volcano ditanam di tanah yang mengandung kalium dari letusan gunung berapi.

 Banjarnegara Borong Juara Festival Durian 2016

Itulah sebabnya durian yang dihasilkan dikenal dengan nama durian Volcano. Tekstur durian ini garing di bagian luar dan lembut di dalam. Rasanya manis dan baunya tidak terlalu menyengat, dilansir dari Asia One.

Sumber: Fitri Haryanti/ Liputan6.com

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo