Hanya Ada di Jepang, Soft Drink Rasa Belut dan Telur Ikan Pedas

Reporter : Sugiono
Rabu, 15 Januari 2020 07:48
Hanya Ada di Jepang, Soft Drink Rasa Belut dan Telur Ikan Pedas
Butuh eksperimen satu tahun untuk mengembangkan soft drink dengan rasa yang aneh dan unik.

Dream - Jepang terkenal dengan kulinernya yang unik dan terkadang terasa aneh untuk lidah orang-orang bukan penduduk asli Negeri Sakura.

Di antara kuliner aneh dan unik di Jepang adalah soft drink berbagai rasa yang diproduksi Kimura Beverage.

Pabrik minuman di Prefektur Shizuoka ini dianggap sebagai pelopor soft drink dengan rasa yang aneh dan unik di Jepang.

Kimura Beverage menonjol dibanding perusahaan lainnya karena orisinalitas citarasa minuman ringan mereka.

Bagaimana tidak? Mereka menciptakan soft drink dengan rasa mulai dari asinan plum hingga telur ikan dan keripik kentang.

Tidak sampai di situ saja. Mereka juga menciptakan minuman cola rasa kari, rasa roti melon, dan bahkan rasa belut. Itu semua hanyalah beberapa citarasa gila yang dipasarkan Kimura Beverage selama bertahun-tahun.

 

1 dari 4 halaman

Butuh Setahun Ciptakan Rasa Baru

Menurut Nippon TV, perusahaan tersebut menghabiskan hingga satu tahun untuk mengembangkan sebuah rasa.

Soft drink rasa telur ikan pedas buatan Jepang.© Cuplikan Video YouTube

Misalnya, untuk kreasi terbaru mereka - soft drink rasa pedas mentaiko (telur ikan yang dibumbui) - Kimura menghabiskan waktu setahun mencoba untuk mendapatkan rasa yang tepat dengan menghilangkan rasa ikan yang tidak enak.

Kimura Beverage memiliki portofolio lebih dari 100 jenis soft drink. Kebanyakan di antaranya memiliki rasa yang tidak biasa.

Strategi perusahaan adalah menghasilkan rasa minuman yang aneh sebanyak mungkin, untuk menarik pelanggan yang lebih luas.

Kimura mengatakan sebagian besar soft drink dengan rasa aneh buatannya dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh.

Kimura Beverage bertekad untuk menjadikan soft drink dengan rasa aneh dan unik sebagai ciri khas mereka.

Sumber: OddityCentral.com

 

 

2 dari 4 halaman

Cara Makan Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang

Dream - Mie ramen, makanan asal Jepang kini mulai mendunia. Jenis mie ini terbuat dari telur dan gandum yang dikeringkan.

Ramen harus langsung dikonsumsi setelah direbus agar tidak mengembang. Di Jepang, ramen banyak digunakan untuk isi sup serta hidangan utama lain.

Meski sudah cukup terkenal ternyata masih banyak penggemar mie ramel yang melakukan kesalahan saat menyantap menu yang sata ini. Bahkan ada juga yang tidak tahu cara makan mie ramen yang benar.

Nah, untuk memperingati National Ramen Day, pakar kuliner Jepang dari Inggris, Bonnie Chung, membagikan tips unik makan mie ramen.

Bonnie ingin menjelaskan cara makan mie ramen yang benar sesuai dengan tradisi yang ada di Negeri Sakura.

" Mie adalah simbol kehidupan dalam budaya Jepang dan memakannya dianggap sebagai pengalaman yang sangat istimewa yang harus disyukuri dan dinikmati," kata Bonnie.

 

3 dari 4 halaman

Begini Makan Mie Ramen Yang Benar

Ramen© Foto: Shutterstock

Bonnie mengatakan hanya tujuh persen orang Inggris yang menyeruput mie mereka. Sebagian besar masyarakat tak mau melakukannya karena dianggap tidak sopan.

Tetapi, kata Bonnie, justru inilah cara mengonsumsi mie ramen secara tradisional yang benar.

" Saat makan ramen, ambil mangkuk dengan tangan dan mulai mencium aroma kaldunya. Kemudian dengan menggunakan sumpit, ambil segumpal mie dan tarik dari kuahnya," ujar Bonnie.

Setelah itu, majukan mulut dan masukkan mie sambil diseruput. Semakin berbunyi, semakin baik.

Bonnie melihat masih banyak pengunjung restoran Jepang yang tidak menggunakan sumpit saat makan mie ramen.

" Sekira 13 persen orang menggunakan sumpit dengan benar, sedangkan 59 persen lainnya makan mie ramen dengan alat makan Barat," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Kesalahan Saat Menyiapkan Mie Ramen

Ramen© Foto: Shutterstock

Tidak hanya cara mengonsumsi, metode menyiapkan atau memasaknya pun kadang masih banyak yang salah.

" Mie lembek, lengket, dan berlendir sebaiknya dihindari saat memasak makanan seperti ramen," kata pemilik merek masakan Jepang Miso Tasty ini.

Seperti pasta, mie ramen harus selalu lunak tapi masih kenyal saat digigit atau 'shikoshiko' dalam istilah Bahasa Jepang.

Tapi tidak seperti pasta, jangan ambil mie ramen langsung dari wajan dan menaruhnya di mangkuk. Tapi segera membilasnya dengan air untuk menghilangkan pati, yang menciptakan tekstur lengket.

Setelah itu, taruh mie ramen dalam air es sambil menyiapkan bahan lainnya. Meskipun kedengarannya aneh, menaruh mie ramen di dalam air es akan mencegahnya dari terlalu matang dan lembek.

" Nah, tepat sebelum menyiapkan mie ramen untuk disajikan, cukup panaskan kembali selama 10 detik dalam air mendidih," jelas Bonnie.

Bonnie mengatakan masih banyak yang menganggap mie ramen instan sama saja dengan yang tradisional. Padahal proses menyiapkannya sudah jauh berbeda.

" Karena itu banyak orang Inggris yang menganggap mie ramen adalah makanan cepat saji. Apalagi dengan banyaknya mie instan yang beredar di pasaran," pungkas Bonnie.(Sah)

Beri Komentar