Mencuci Ayam Sebelum Dimasak Bisa Berbahaya?

Reporter :
Jumat, 2 Desember 2016 16:30
Mencuci Ayam Sebelum Dimasak Bisa Berbahaya?
Permukaan daging ayam mentah tertutup oleh bakteri jenis Salmonella dan Campylobacter.

Dream - Sudah jadi kebiasaan saat memasak ayam, sebelumnya dicuci terlebih dulu di bawah air yang mengalir. Tentunya dengan alasan higienis agar ayam yang diolah terbebas dari kuman dan bakteri berbahaya. Tapi siapa sangka kalau kebiasaan justru bisa berbahaya.

Hal ini terungkap dari penelitian yang dilakukan tim dari Drexel University, Amerika Serikat. Tim peneliti menemukan bahwa mencuci daging ayam sebelum dimasak malah akan menyebarkan bakteri yang ada di dalamnya.

" Permukaan daging ayam mentah tertutup oleh bakteri jenis Salmonella dan Campylobacter. Selama ini kita mengira bahwa dengan mencuci di air yang mengalir akan menghilangkan kedua macam bakteri itu," kata Jennifer Quinlan, salah satu peneliti.

Mencuci daging ayam bisa menyebarkan bakteri ke seluruh dapur. Air percikan dari proses mencuci daging ayam itu akan mengenai peralatan masak, tangan, pakaian, rak piring dan lainnya.

Jika memang ingin membersihkan permukaan daging ayam, Quinlan menyarankan untuk menggunakan disposable paper. Lalu setelah memasak, cuci semua peralatan masak dan tangan menggunakan sabun dan air hangat.

(Sumber: Witty Feed)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo