Overdosis Kafein Gegerkan Jepang

Reporter : Syahid Latif
Senin, 28 Desember 2015 16:46
Overdosis Kafein Gegerkan Jepang
Ini merupakan kasus pertama penduduknya meninggal karena terlalu banyak meminum kafein.

Dream - Publik Jepang dibuat heboh oleh kematian seorang pemuda berusia 20 tahun. Pria itu meninggal karena diduga meminum kafein berlebihan. Ini adalah kasus pertama di negeri tersebut.

Kombinasi kafein dalam minuman energi dan kurang tidur memang telah lama disebutkan bisa sangat berbahaya, bahkan berakibat fatal jika Anda berlebihan.

Mengutip laman indiatimes, Senin, 28 Desember 2015, seorang pekerja shift malam asal Kyushu, Jepang ditemukan tewas setelah 'overdosis' minuman energi bercampur kafein.

Penelitian forensik oleh Universitas Fukuoka menemukan adanya sepotong pil kafein dalam perut korban yang ditaksir berusia 20 tahunan itu. Tapi penyebab kematiannya adalah berlebihan minum minuman berkafein.

Korban yang bekerja shift malam di sebuah pompa bensin 24 jam itu memang terbiasa pulang subuh setiap harinya. Namun, bukannya segera tidur, ia tetap terjaga sampai sore hari dan kemudian tidur sedikit sebelum berangkat kerja.

Karena harus menjaga pompa bensin semalaman, pemuda itu mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar. Namun sepertinya dia keracunan kafein karena mengalami muntah dan gejala lainnya beberapa kali selama bertahun-tahun. Menurut Japan Times, ia muntah dan pergi ke rumah sakit pada hari ia meninggal.

Departemen Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengatakan ini adalah kasus pertama yang telah dilaporkan.

" Kami belum pernah mendengar keracunan kafein yang fatal sebelumnya," kata pernyataan Departemen Kesehatan Jepang.

Namun, Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) sedang menyelidiki apakah 13 kematian di AS terkait dengan minuman energi tertentu.

Beri Komentar