Pecinta Kopi, Ternyata Ada Waktu Terbaik untuk Meminumnya

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 3 Desember 2022 06:01
Pecinta Kopi, Ternyata Ada Waktu Terbaik untuk Meminumnya
Para ahli mengatakan bahwa terdapat waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi untuk mendapatkan manfaat dari kafein.

Dream - Kopi bagi para pecintanya selalu dicari setiap saat. Mulai dari pagi hari, setelah makan siang atau sore hari. Rasanya pasti ada yang kurang jika tak mendapat asupan kopi.

Sahabat Dream mungkin beranggapan kalau kopi dapat dinikmati kapan saja. Sebenarnya ada beberapa ilmu di balik waktu terbaik untuk minum kopi. Para ahli mengatakan bahwa terdapat waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi untuk mendapatkan manfaat dari kafein.

" Jika kamu adalah seseorang yang memiliki toleransi rata-rata terhadap kafein, maka setelah minum kopi, baik di pagi atau sore hari, maka akan merasa lebih waspada dan fokus selama satu hingga enam jam ke depan," kata Tamar Semuels, seorang ahli gizi dan diet.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk minum kopi, persisnya 30 menit sebelum menyelesaikan hal penting. Semakin dekat waktu mengonsumsinya, maka semakin merasa waspada dan fokus.


 

1 dari 4 halaman

Sementara orang yang sensitif terhadap kafein harus membatasi asupan kafein di pagi hari. Hal ini untuk mencegah gangguan tidur, kecemasan, merasa deg-degan, dan gejala lainnya yang ditimbulkan.

Minum Kopi Bisa Bikin Wajah Berjerawat? Ketahui Faktanya© MEN

Untuk mengetahui waktu yang pas, coba uji dengan minum kopi pada waktu yang berbeda sepanjang hari untuk mendapatkan produktivitas terbaik. Perhatikan juga efek samping yang mungkin timbul ketika mengonsumsinya setelah makan malam atau sebelum tidur.

Selain jam di atas, rentang waktu 8-9 pagi, siang sampai jam 13.00, dan 17.30-18.30 sore merupakan waktu ketika hormon kortisol meningkat. Maka, pada rentang waktu ini adalah waktu yang baik untuk minum kopi, yaitu pada saat kadar kortisol berada di titik rendah dan mendapat manfaat dari stimulan itu sendiri.


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: MarthaStewart

2 dari 4 halaman

Ada Racikan Kopi Pakai Kecap, Mau Coba?

Dream - Minuman kopi susu gula aren sejak lama jadi minuman yang disukai banyak orang. Bemrunculan banyak kedai kopi dengan racikan khas kopi susunya. Sebagai pemanis, gula aren kerap ditambahkan.

Ada juga racikan kopi yang unik, yang diunggah di akun Instagram @nattaama_. Ia membuat kopi dengan campuran kecap manis.

" Kopi campur kecap, aku pikir rasanya akan makin aneh guys, tapi gak nyangka rasanya bener-bener bikin aku nagih," ungkapnya dalam videonya.

Kopi susu kecap© Instagram

Untuk cara membuatnya cukup mudah. Siapkan dulu bahannya yaitu Nescafe sachet, susu kental manis, susu UHT, air panas, kecap, dan es batu. Selanjutnya, ambil gelas masukkan kopi, susu kental manis, dan tuang dengan air panas sedikit.

3 dari 4 halaman

Aduk hingga merata, tuang batu es sesuai selera, masukkan susu UHT. Aduk rata kembali, terakhir masukkan kecap manis sekitar 2 sendok makan ke racikan kopi tersebut.

Kopi kecap© Instagram

Kopi siap diminum, mau bikin sendiri di rumah?

4 dari 4 halaman

Lihat videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh makan bareng NATA (@nattaama_)

Beri Komentar