Serupa Pastel Bentuknya, Di Sini Tempatnya Panada Khas Manado yang Enak di Jakarta

Reporter : Iwan Tantomi
Jumat, 20 Mei 2022 21:56
Serupa Pastel Bentuknya, Di Sini Tempatnya Panada Khas Manado yang Enak di Jakarta
Pre-order dengan mudah melalui ManisdanSedap.com!

Jika lihat bentuknya, sekilas orang di Jakarta mungkin akan menyebut camilan satu ini sebagai pastel. Jajanan dengan pinggiran dipilin dan digoreng, ketika dimakan di dalamnya terasa isian yang beragam.

Namun, bagi orang Manado, ketika melihat jajanan tersebut akan otomatis menyebutnya sebagai panada. Benar saja, pastel dan panada punya rupa yang sama, tetapi sejatinya kudapan ini dua hidangan yang berbeda.

Jajanan Tradisional Manado

Panada sendiri merupakan jajanan khas Manado dengan bentuk serupa pastel goreng pada umumnya. Jajanan ini mudah dijumpai di berbagai sudut kota Manado.

Bahkan, masyarakat sana banyak mengonsumsinya sebagai camilan di kala bersantai maupun hidangan dalam sebuah acara hajatan.

Berbeda dengan Pastel

Meski begitu, panada berbeda dengan pastel. Jika pastel termasuk pastri, maka panada lebih dikategorikan sebagai roti.

Hal ini bisa dirasakan dari teksturnya. Panada cenderung lebih empuk layaknya roti ketika dimakan. Sementara pastel, ketika dimakan lebih terasa renyah dengan tekstur tipis layaknya pastri pada umumnya.

Begitu juga dari segi isian. Jika pastel berisikan campuran sayuran, hati ayam, wortel, kentang dan telur rebus, kadang juga bihun yang dibumbui, maka beda dengan panada.

Panada lebih berisi tumis ikan cakalang suwir yang dicampur dengan bumbu khas, bernama bumbu pampis. Bumbu halus khas Manado ini dibuat dari campuran bawang merah, daun bawang, cabai merah, kemangi dan daun jeruk.

Punya Cita Rasa yang Kuat

Manis dan Sedap/Ricaraja© Manis dan Sedap/Ricaraja

Mengingat isinya yang didominasi ikan laut dengan bumbu rempah yang kaya, cita rasa panada, khususnya isiannya lebih kuat. Terutama rasa pedas di dalamnya, begitu terasa ketika dikunyah.

Uniknya, rasa pedas tersebut berpadu sempurna dengan manisnya roti panada ini sendiri, sehingga menghasilkan kombinasi yang unik dan nikmat.

Panada yang Enak di Jakarta

Jika bukan orang Manado rasanya memang cukup merepotkan untuk membuat panada ini sendiri di rumah. Untungnya di Jakarta kini ada penjual panada enak dengan rasa autentik bernama Ricaraja.

Ricaraja membuatnya sama persis seperti aslinya, di mana isiannya juga olahan cakalang sedap dan pedas. Pembeli bisa memesannya matang maupun kemasan frozen.

Dikemas dalam plastik vacuum yang kedap udara, membuat kualitas panada bikinan Ricaraja terjaga dengan baik. Bahkan hingga sebulan lamanya apabila disimpan dalam freezer.

Apabila ingin menyajikannya tinggal digoreng saja sampai keemasan, habis itu nikmati panas-panas di waktu santai dengan secangkir teh favorit. Praktis banget kan? Pre-order sekarang dengan mudah melalui ManisdanSedap.com!

Platform tersebut merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Bukan hanya memudahkan penikmat kuliner menemukan dan memesan pre-order dari seluruh Nusantara, ManisdanSedap.com juga menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM. Dilengkapi fitur tombol langsung ke nomor seller, pembeli dan penjual bebas berinteraksi maupun bertransaksi terpisah dari platform ini.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar