Siap-Siap, Nasi Padang Lebih Mahal Jika Harga Minyak Goreng Curah Naik

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 8 Oktober 2019 13:12
Siap-Siap, Nasi Padang Lebih Mahal Jika Harga Minyak Goreng Curah Naik
Rencananya harga minyak goreng curah akan naik 1 Januari 2020

Dream - Harga minyak goreng curah direncanakan akan naik per 1 Januari 2020. Keputusan Kementerian Perdagangan tersebut muncul dengan mempertimbangkan alasan kesehatan karena minyak goreng rawan dioplos.

Dengan rencana tersebut, harga minyak goreng curah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) dilepas di kisaran Rp10.500 per liter. Sementara HET minyak kemasan Rp11 ribu per liter.

Meski baru rencana, usul menaikkan harga minyak goreng curah mendapat penolakan dari masyarakat. Martini, seorang pedagang nasi padang di Cawang, Jakarta, tak menutup kemungkinan akan menaikkan harga jual makanannya mengikuti kenaikan harga minyak goreng curah.

" Bisa naik harganya, karena nggak ada pedagang mau rugi. Kita pun sama," ujar wanita berusia 45 tahun itu dikutip Dream dari Merdeka.com, Selasa, 8 Oktober 2019.

 

1 dari 1 halaman

Perbandingan Biaya Masak Pakai Minyak Curah dan Kemasan

Martini menjelaskan minyak termasuk kebutuhan utama memasak. Dengan kenaikan harga, tak ada jalan lain selain menaikkan harga jual makanannya.

Menurut Martini, dia selama ini menggunakan minyak goreng curah karen lebih murah. Sementara minyak goreng kemasan biasanya harganya tak pernah tetap.

" Cari yang paling murah juga tetap mahal dia itu (minyak goreng kemasan," keluhnya.

Dalam sehari, Martini bisa menghabiskan sekitar 5-7 liter minyak goreng. Jika dihitung, pengeluarannya untuk minyak goreng curah mencapai Rp52.500-73.500 per hari.

Jika menggunakan minyak goreng kemasan, Martini harus merogoh uang lebih dalam. Dia bisa menghabiskan Rp55.000 - 77.000 per hari.

" Kalau dihitung-hitung bisa segitu sehari. Tapi kan kita jualan, bukan cuma hitung sehari. Pakai minyak kemasan juga susah, Bimoli itu berapa coba? Ada yang lebih murah, tapi jarang juga ketemu harga Rp 11.000 per liter itu," katanya.(Sah/ Sumber: Merdeka.com)

Beri Komentar
Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah