10 Pengusaha Indonesia Bergelar Orang Terkaya Dunia

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 7 Maret 2018 17:29
10 Pengusaha Indonesia Bergelar Orang Terkaya Dunia
Kekayaannya naik hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Dream - Majalah bisnis Forbes merilis daftar orang-orang terkaya di dunia pada 2018. Dari 20 nama pebisnis Indonesia yang masih daftar tersebut, dua orang diantaranya berhasil menembus deretan 100 besar dunia.

Kedua hartawan terkaya di Tanah Air itu adalah kakak beradik, Budi Hartono dan saudaranya, Michael Hartono.

Budi Hartono menduduki peringkat 69 dalam daftar yang berisi 2.208 hartawan terkaya dunia dari 72 negara. Kekayaan Budi tercatat mencapai US$17,4 miliar, setara Rp239,6 triliun.

Sementara itu, Michael yang menempati posisi ke 75 memiliki kekayaan senilai US$16,7 miliar, setara Rp230 triliun.

Kekayaan keduanya tercatat naik hampir dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Budi tahun lalu dilaporkan memiliki kekayaan sebesar US$9 miliar dan Michael memiliki kekayaan sebesar US$8,9 miliar.

Penguasaha rokok Djarum dan pemilik saham PT Bank Central Asia Tbk itu sekaligus mengukuhkan diri sebagai orang terkaya di Indonesia.

Di bawah posisi dua pengusaha itu, terdapat pebisnis petrokimia, Sri Prakash Lohia. Dia tercatat memiliki kekayaan sebesar US$7 miliar, atau setara Rp96,4 triliun.

Sri Prakash Lohia© Forbes

Pergeseran terjadi pada peringkat empat dan lima. Pemilik sejumlah media dan bisnis waralaba Chairul Tanjung yang sebelumnya berada di posisi empat harus turun ke posisi lima. Posisinya digantikan pemilik Bank Mayapada Tahir.

Chairul Tanjung dan Tahir© Forbes

Meski bertukar peringkat, nilai kekayaan dua pengusaha itu terbilang sama, yaitu sebesar US$3,5 miliar, setara Rp48,2 triliun.

1 dari 1 halaman

Posisi enam hingga sepuluh

Perubahan lain juga terjadi pada posisi enam hingga sepuluh.

Pada daftar tahun ini di posisi keenam terdapat Mochtar Riyadi dengan kekayaan sebesar US$3 miliar, setara Rp41,3 triliun.

Mochtar Riyadi© Forbes

Posisi ini sebelumnya ditempati pemilik pusat acara terbesar di Jakarta, Jakarta International Expo, Murdaya Poo. Pada daftar tahun ini, Murdaya bergeser ke peringkat delapan dengan nilai kekayaan US$2 miliar, setara Rp27,5 triliun.

Murdaya Poo© Forbes

Pada posisi ketujuh ditempati pengusaha petrokimia Prajogo Pangestu. Dia tercatat memiliki kekayaan sebesar US$2,9, setara Rp29,9 triliun. Tahun lalu posisi Prajogo berada di posisi ke sembilan.

Prajogo Pangestu© Forbes

Pada tahun ini posisi ke sembilan ditempati Peter Sondakh. Kekayaan Peter tercatat sebesar US$1,9 miliar, atau sebesar Rp26,1 triliun.

Peter Sondakh© Forbes

Sementara itu posisi sepuluh ditempati Theodore Rachmat. pemilik saham di perusahaan batubara, Adaro Energy ini memiliki kekayaan sebesar US$1,7 miliar, atau setara Rp23,4 triliun.

Theodore Rachmat© Forbes

Beri Komentar