5 Doa untuk Diri Sendiri yang Perlu Diketahui, Agar Murah Rezeki hingga Diberi Keteguhan Hati

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 23 Februari 2022 06:01
5 Doa untuk Diri Sendiri yang Perlu Diketahui, Agar Murah Rezeki hingga Diberi Keteguhan Hati
Doa untuk diri sendiri dipanjatkan sebagai permohonan kepada Allah atas keinginan, cita-cita, impian, perlindungan, kesehatan, dan keselamatan diri.

Dream – Berdoa menjadi cara manusia yang Bergama untuk berkomunikasi dengan Tuhannya. Doa juga bisa menjadi ungkapan rasa syukur atas nikmat dan rezeki yang telah Allah beri dalam hidup.

Sebagai umat Muslim, wajib hukumnya memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa bisa ditujukan untuk orang tua, anak, saudara, teman, bahkan bisa ditujukan untuk diri sendiri.

Doa untuk diri sendiri dipanjatkan sebagai permohonan kepada Allah atas keinginan, cita-cita, impian, perlindungan, kesehatan, dan keselamatan diri.

Islam mengajarkan, sebaiknya mendoakan diri sendiri terlebih dahulu sebelum mendoakan orang lain. Hal ini bahkan sudah tercantum dalam firman Allah SWT sura Ibrahim ayat 41:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابُ ࣖ

“ Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).”

Lantas bagaimana bacaan doa untuk diri sendiri? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Doa untuk Diri Sendiri Agar Murah Rezeki

Doa untuk diri sendiri yang pertama dipanjatkan untuk memohon kemurahan rezeki dari Allah SWT. Berikut bacaan doanya yang dikutip dari Surat At Taubat ayat 129:

حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Hasbiyallahu laa ilaaha illa huwa, ‘alaihi tawakkaltu, wa huwa rabbul ‘arsyil ‘adzim.

Artinya:

“ Cukuplah Allah bagikut, tiada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dialah Tuhan yang memiliki Arsy yang agung.”

2 dari 5 halaman

2. Doa untuk Diri Sendiri agar Sembuh dari Sakit

Selain itu, jika kamu sedang sakit, maka bacalah doa untuk diri sendiri berikut ini agar kamu sembuh dari sakit yang kamu derita.

A’udzubillahi wa qudrati min syarri maa ajidu wa uhaadziru.

Artinya:

“ Aku berlindung kepada Allah SWT dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”

3 dari 5 halaman

3. Doa untuk Diri Sendiri Demi Kebaikan Dunia Akhirat

Ilustrasi© Shutterstock.com

Kamu juga wajib berdoa agar dirimu diberi kebaikan di dunia dan di akhirat oleh Allah Yang Maha Kuasa. Doa ini dipanjatkan untuk memohon kepada Allah, agar diri sendiri lebih baik dalam hal apapun. Doa ini bisa dibaca setiap selesai sholat fardhu maupun ketika hendak mengerjakan sesuatu.

Berikut bacaan doa untuk diri sendiri demi kebaikan di dunia maupun akhirat yang tercantum dalam Surat Al Baqarah ayat 201:

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatina fiddunyaa hasanah wa dil aakhirati hasanah wa qina ‘adzaaban-naar.

 “ Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.”

4 dari 5 halaman

4. Doa untuk Diri Sendiri Memohon Pertolongan Allah

Meminta pertolongan dan perlindungan kepada Allah adalah hal yang wajib bagi setiap umat Muslim. Sebab tiada lagi yang bisa memberi pertolongan kecuali Dia.

Doa untuk diri sendiri yang dipanjatkan untuk memohon pertolongan ini tercantum dalam Al Quran Surat An Nisa ayat 75:

رَبَّنَآ اَخْرِجْنَا مِنْ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ الظَّالِمِ اَهْلُهَاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ وَلِيًّاۚ وَاجْعَلْ لَّنَا مِنْ لَّدُنْكَ نَصِيْرًا

Rabbanaa akhrijnaa min haadzihil qaryatidz-dzaalimi ahlihaa waj’al-lanaa min-ladunka wa liyyaa waj’al-lanaa min-ladunka nashiiraa.

“ Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang penduduknya zalim. Berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong dari sisi-Mu.”

5 dari 5 halaman

5. Doa untuk Diri Sendiri Demi Keteguhan Hati

Kadang hati manusia terombang-ambing oleh ketidakpastian. Keteguhan hati dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan yang pasti. Jika hati masih bimbang, maka bacalah doa untuk diri sendiri demi keteguhan hati berikut ini:

Allahumma inni as'aluka al tsabata fil amri wa as'aluka al azimata fir rusydi. Wa asaluka syukra ni'matika wa husna ibadatika wa as'aluka lisanan shadiqan wa qalban saliman wa audzubika min syarri ma ta'lamu wa as'aluka min khairi ma ta'lamu wa astaghfiruka mimma ta'lamu innaka anta allamul ghuyub.

Artinya:

" Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ketegaran dalam menghadapi segala permasalahan. Aku memohon kepada-Mu curahan petunjuk, serta aku memohon kepadaMu dapat mensyukuri nikmat dan rajin melakukan ibadah. Aku memohon kepada-Mu lisan yang jujur dan hati yang lurus. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang Engkau ketahui, dan aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui, serta aku memohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui. Sebab hanya Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib."

Beri Komentar