Dibuka Bertahap, Sektor Pariwisata Bisa Dongkrak Perekonomian?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 23 Juni 2020 12:41
Dibuka Bertahap, Sektor Pariwisata Bisa Dongkrak Perekonomian?
Kawasan wisata yang dibuka adalah yang minim penyebaran corona.

Dream – Gugus Tugas Covid-19 berencana membuka sektor pariwisata. Rencana ini disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama berharap sektor ini bisa menggerakkan perekonomian nasional.

“ Rencana pembukaan bertahap sektor pariwisata diharapkan bisa menggerakkan kembali perekonomian masyarakat, khususnya di sektor pariwisata,” kata dia di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Selasa 23 Juni 2020.

1 dari 2 halaman

Dibuka Bertahap

Wishnutama mengatakan, pembukaan kawasan wisata dilakukan secara bertahap. Kawasan wisata yang diperbolehkan beroperasi kembali hanya wisata berbasis alam dan konservasi. Itu pun yang ada di wilayah dengan risiko penularan virus rendah.

Meski begitu, kebijakan ini kata Wishnutama sangat dinanti para pelaku usaha sektor pariwisata. Sebab, mereka selama 3 bulan terakhir paling terdampak langsung pandemi Covid-19.

" Banyak para pelaku sektor pariwisata sangat menanti kebijakan ini karena selama 3 bulan terakhir mereka sangat terdampak," kata Wishnutama.

2 dari 2 halaman

Ini Dia Kawasan Wisata yang Dibuka

Adapun kawasan wisata yang direncanakan dibuka kembali yaitu kawasan wisata bahari, kawasan konservasi perairan, kawasan wisata petualang. Lalu, taman nasional, taman wisata alam, dan taman hutan Raya suaka margasatwa.

Sementara itu, pariwisata kawasan konservasi antara lain kebun raya, kebun binatang, desa wisata dan kawasan wisata alam yang dikelola oleh masyarakat.

Kawasan pariwisata alam tersebut dapat dibuka secara bertahap. Pengunjung tempat wisata juga dibatasi Batas maksimal pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas normal. 

Beri Komentar