Berkembang Pesat, Brand Sepatu Lokal Nggak Kalah dari Luar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 15 Maret 2021 09:34
Berkembang Pesat, Brand Sepatu Lokal Nggak Kalah dari Luar
Tak sedikit merek lokal yang menawarkan kualitas yang unggul.

Dream – Sepatu menjadi salah satu barang penting untuk beraktivitas sehari-hari. Selain melindungi kaki, sepatu juga bisa menjadi barang fesyen yang bisa membuat penggunanya lebih stylish.

Memilih sepatu yang nyaman jadi hal penting yang harus dilakukan. Selain rasa nyaman, style dan warna sepatu jadi syarat penting yang tak boleh dilewatkan.

Bukan hanya brand luar yang menawarkan sepatu berkualitas dengan variasi yang menarik, merek lokal pun mulai menunjukkan pesonanya.

Menurut sneaker enthusiast dan conten creator, Denis Juherman, brand sepatu lokal sudah berkembang dengan signifikan.

“ Banyak produk-produk brand lokal yang menawarkan kualitas yang tidak kalah dengan brand luar,” ujar Denis dalam acara 'Bersebelas #MelangkahBareng Tokopedia', Jumat 12 Maret 2021.

Selain dari segi kualitas dan variasi, harga yang terjangkau juga jadi keunggulan yang dimiliki brand sepatu lokal. Antusiasme masyarkat terhadap brand sepatu lokal mulai terbentuk.

“ Yang pasti sepatu lokal itu murah-murah dan bagus, itu jadi kebanggaan sendiri dari temen-temen yang membeli sepatu lokal,” kata founder brand lokal sepatu “ Never Too Lavish, Bernhard Suryaningrat.

Untuk memperluas jangkauan pemasaran brand sepatu lokal apalagi di masa pandemi, digitalisasi toko menjadi salah satu strategi yang dapat dilakukan. Melalui digitalisasi, Bernhard berharap eksistensi sepatu lokal tidak hanya eksis dalam bentuk nama, tetapi benar-benar dapat diketehuai serta dinikmati oleh masyarajat Indoensia

“ Eksistensi brand lokal bukan hanya sebatas oh ini brand lokal. Kita juga berharap adaptasi brand lokal tidak serta merta hanya berjalan secara konvensional, tapi juga memanfaatkan teknologi yang ada, apalagi di tengah masa pandemi seperti ini,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Inovasi Perlu Dilakukan

Tak lupa, inovasi jadi aspek penting yang harus dilakukan oleh brand lokal. Inovasi ini bertujuan agar bisa menarik minat masyarakat.

Abeng mengungkapkan salah satu inovasi yang dapat dilalukan seperti memproduksi desain sepatu sesuai dengan pendekatan yang lebih personal kepada konsumen.

“ Sepatu bukan hanya sekedar alas kaki, untuk menarik minat pembeli misalnya membuat produk sepatu dengan tema zodiak. Contohnya sepatu yang merepresent zodiak aries akan menarik pembeli yang berzodiak aries," kata Bernard.

2 dari 2 halaman

Kampanye Dukung Pengusaha Fashion

Mewadahi pertumbuhan brand sepatu lokal, Tokopedia menghadirkan kampanye “ Gerakan Bersebelas #MelangkahBareng”. Dalam kampanye ini Tokopedia menggandeng pegiat usaha di industri fesyen lokal khususnya sepatu, yaitu Never Too Lavish (NTL) bersama 10 pegiat usaha lokal lainnya.

“ Upaya bersama ini ditujukan untuk mendukung para pegiat UMKM sepatu lokal mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi,” kata Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo.

Kampanye ini juga bertujuan untuk mendorong lebih banyak masyarakat memakai produk dalam negeri.

 

(Laporan: Putu Monik Arindasari)

Beri Komentar