Triliuner Tersingkat di Dunia, 8 Jam Rasakan Jadi Hartawan Akibat Bank Salah Transfer Rp22 Triliun

Reporter : Nabila Hanum
Senin, 19 September 2022 18:47
Triliuner Tersingkat di Dunia, 8 Jam Rasakan Jadi Hartawan Akibat Bank Salah Transfer Rp22 Triliun
Pria itu mendapatkan uang di rekeningnya sebesar Rp22 triliun.

Dream - Kejadian salah transfer uang lagi-lagi terjadi. Tidak hanya jutaan atau milyaran, kali ini jumlahnya mencapai triliun.

Kejadian seperti ini memang sering terjadi, kesalahan sistem terkadang tidak bisa dielakkan. Seperti yang dialami pria asal Ahmedabad, Gujarat ini.

Dilansir India Times, pria bernama Ramesh Sagar itu mendapatkan uang di rekeningnya sejumlah Rs 11.677 Crore atau sekitar Rp22 triliun.

1 dari 6 halaman

Setahun yang lalu, Sagar dikabarkan membuka rekening di Bank Demat itu. Sagar sendiri telah berinvestasi di pasar saham selama lima hingga enam tahun terakhir di pasar investasi online Kotak Securities.

" Pada 26 Juli 2022, saya menerima Rs 11,677 crore di akun saya, di mana saya menginvestasikan Rs dua crore ATA (Rp 3,7 miliar) di pasar saham dan membukukan keuntungan Rs lima lakh. Malam itu juga sekitar jam 8 hingga 8.30 malam, bank menarik jumlah itu," kata Sagar.

Sagar bukan satu-satunya nasabah yang mendapat kejutan menyenangkan ini, banyak orang lain yang juga beruntung.

2 dari 6 halaman

Ketika IANS mencoba mendapatkan pernyataan dari Kotak Securities tentang masalah ini dari kantor bagian barat (Mumbai), petugas mereka mengatakan bahwa kartu pan investor atau nomor rekening Demat tidak dapat memverifikasi klaim dan mengomentari masalah tersebut.

Kesalahan seperti ini bukan pertama kalinya terjadi. Baru-baru ini, pria bernama Darren James menjadi orang terkaya ke-25 di dunia selama beberapa jam menerima uang Rp749 triliun di rekening banknya.

Pria asal Louisiana, Amerika Serikat ini sempat dibuat shock setelah kejadian tersebut menimpa dirinya. Ia kemudian langsung menghubungi banknya untuk mengatur pengembaliannya kepada pemilik uang yang sah.

Meskipun James mengaku sempat memikirkan untuk menggunakan uang tersebut, Darren sadar bahwa menyimpan uang yang bukan miliknya itu dapat dianggap sebagai pencurian. Ketika dia memberitahu pihak bank, mereka segera menarik kembali dana tersebut.

Laporan : Erdyandra Tri Sandiva

3 dari 6 halaman

Dapat Uang Salah Transfer Rp747 Triliun, Pria Ini Jadi Orang Terkaya ke-25 di Dunia

Dream - Darren James dalam sekejap menjadi orang terkaya di dunia usai mendapat uang US$50 miliar di rekeningnya. Jika dirupiahkan, uang itu sekitar Rp747 triliun.

Pria asal Louisiana, Amerika Serikat, ini sempat terkejut setelah melihat isi rekeningnya tersebut. Dia tidak pernah melihat uang sebanyak itu.

" Sungguh gila hanya untuk melihatnya, karena saya belum pernah melihat angka nol sebanyak itu dalam hidup saya," katanya, dikutip dari India Times.

Dalam sesi wawancara dengan FOX9 pada Juni 2021, James menggambarkan perasaannya saat kejadian itu.

4 dari 6 halaman

" Dari mana itu berasal. Yang saya pikirkan hanyalah siapa yang akan mengetuk pintu kami, karena kami tidak mengenal siapa pun dengan uang sebanyak itu," ujar James.

Salah transfer© indiatimes.com

James kemudian memutuskan untuk melaporkan uang nyasar tersebut kepada bank. Dia meminta bank memperbaiki kesalahan serta mengembalikan uang yang ada di rekeningnya kepada pemilik asli.

" Kami tahu itu bukan milik kami. Kami tidak memilikinya, jadi kami tidak bisa berbuat apa-apa dengan itu," tuturnya.

5 dari 6 halaman

Pernah bekerja di bidang hukum membuatnya sadar bahwa jika ia menyimpan uang tersebut akan dianggap pencurian.

Pihak bank yang segera menanggapi laporan tersebut tidak pernah mengungkapkan dari mana uang itu berasal, atau bagaimana kesalahan itu terjadi.

Terima Uang Salah Transfer Rp746 Triliun, Pria Ini Jadi Orang Terkaya ke-25 di Dunia`© India Times

6 dari 6 halaman

" Uang itu bertahan selama beberapa waktu. Uang itu muncul pada hari Sabtu untuk membuat deposit untuk putri kami. Uang itu tetap di rekening saya pada hari Minggu hingga Senin, dan hilang pada hari Selasa," ungkap James.

Saat ditanya jika uang tersebut benar-benar dikirim untuknya, James menjawab bahwa ia berencana untuk menyumbangkannya kepada orang miskin.

" Saya akan memberkati orang lain, memberikan harapan kepada orang-orang bahwa ada hal positif di dunia ini, itulah impian terbesar saya," katanya.

Laporan : Erdyandra Tri Sandiva

Beri Komentar