Bos Pertamina: Pertalite Belum Dihapus

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 28 Desember 2021 19:33
Bos Pertamina: Pertalite Belum Dihapus
Meski demikian, dia menyebut Pertamina terus mendorong masyarakat menggunakan BBM dengan oktan tinggi.

Dream - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menegaskan, hingga saat ini belum ada kebijakan menghapus Pertalite atau bahan bakar di bawah RON 91. Meski demikian, dia menyebut Pertamina terus mendorong masyarakat menggunakan BBM dengan oktan tinggi.

" Supaya, tadi, ada kesesuaian dengan ketentuan minimum RON 91 kemudian lari ke Pertamax. Tetapi tidak ada kebijakan hari ini yang untuk menghapuskan Pertalite. Itu tidak ada," kata Nicke, dikutip dari merdeka.com, Selasa 28 Desember 2021.

Pertamina, kata dia, mendorong upaya edukasi kepada masyarakat untuk sama-sama merasakan manfaat program langit biru yang dicanangkan sejak 2020.

Dia menyatakan, Pertalite masih akan ada di pasaran. Namun Nicke mengimbau masyarakat menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik.

" Jadi Pertalite ini masih ada di pasar, jadi silahkan, tapi kami mendorong agar menggunakan yg lebih baik yaitu Pertamax supaya kita bisa memberikan kontribusi terhadap penurunan karbon emisi di indonesia," tutur dia

1 dari 1 halaman

Imbauan ini, lanjut Nicke, sesuai ketentuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pengurangan emisi karbon. Dalam aturan itu dimuat rekomendasi penggunaan BBM dengan tingkst RON 91.

" Jadi ini dasarnya. Nah kita melihat bagaimana tahapan yang dilakukan karena bapak presiden sendiri mengatakan bahwa harus melihat juga aspek lain dalam impementasinya," kata dia.

Menurut dia, aspek-aspek itu antara lain affordability dan supply. Artinya keterjangkauan harga dan pasokan dari Pertamina.

" Oleh karena itu mulai pertengahan tahun 2020, pertamina sudah melakukan atas izin pemerintah sdh melakukan program yg kita sebut program langit biru. Program langit biru ini sebetulnya mendorong masyarakat untuk membeli shifthing dari premium ke pertalite," katanya.

Caranya, mulai Juni 2020, Pertamina memberikan diskon Pertalite seharga Premium untuk mendorong peralihan. " Dan ini alhamdulilah kesadaran masyarakat menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan ini meningkat," tutur Nicke.

Beri Komentar