Menuju Spin Off Pada 2023, Ini Persiapan CIMB Niaga Syariah

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 15 Oktober 2019 16:48
Menuju Spin Off Pada 2023, Ini Persiapan CIMB Niaga Syariah
Rencana ini sudah dipersiapkan beberapa tahun yang lalu.

Dream – Unit usaha syariah PT CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, berencana melakukan spin off  atau berdiri sendiri sebagai bank syariah full fledged pada 2023. Jelang spin off, CIMB Niaga Syariah telah melakukan sejumlah persiapan. 

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P Djajanegara, mengatakan untuk menuju spin off, CIMB Niaga Syariah harus mencatatkan pertumbuhan di beberapa sektor. Target yang ditetapkan sebanyak 30 persen setiap tahunnya.

" Secara spesifik, kita, kan 2023, mau spin off. Setiap tahun kita rencananya kalau bisa tumbuh 30 persen," ujar Pandji di Graha CIMB, Jakarta, Senin 14 Oktober 2019.

Pandji mengatakan persiapan untuk spin off sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Ia berharap, meski CIMB Niaga Syariah nantinya berpisah dari induknya, tidak mengubah pelayanan kepada nasabah.

" Tim pun sudah ada, organisasi bayangan sudah ada. Produk yang konvensional kita punya, service level agreement kita naikkan, kita harus lihatkan supaya service di cabang itu sama persis saat nasabah ketemu customer service cabang konvensional," kata dia.

1 dari 5 halaman

Target Pembiayaan Capai 30 Persen

Pada tahun ini dan 2020 mendatang, pembiayaan CIMB Niaga Syariah ditargetkan tumbuh mencapai 30 persen.

" Komposisi terbesar pembiayaan CIMB Niaga Syariah berasal dari sektor korporasi dan konsumer. Paling banyak segmen korporasi dan dari sisi ritel itu mortgage," ujar dia.

Persiapan lainnya yakni perbaikan dari sisi sumber daya manusia. Setiap SDM diharuskan mampu memberikan penjelasan mengenai layanan syariah kepada nasabah.

" Lalu human resources-nya, jangan sampai stigmanya kurang bagus makanya kita sosialisasi tidak hanya nasabah tapi internal," kata dia.

2 dari 5 halaman

Dukung BPJH, CIMB Niaga Syariah Bantu Layanan Perbankan UMKM

Dream – PT CIMB Niaga Syariah, mendukung sosialisasi sertifikasi halal dan pengembangan literasi keuangan syariah yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH).

Dukungannya yang diberikan Unit syariah PT Bank CIMB Niaga berupa penyediaan layanan keuangan syariah bagi para pelaku UMKM, komersial, atau korporasi.

“ Sebagai bank syariah dengan aset terbesar keempat di Indonesia, CIMB Niaga Syariah siap mendukung BPJH,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji J. Djajanegara, di Jakarta, Senin 14 Oktober 2019.

Pandji mengatakan dukungan CIMB Niaga Syariah berupa menyediakan layanan keuangan syariah bagi para pelaku usaha baik skala UMKM, commercial atau corporate. Produk layanan keuangan itu berupa tabungan, pembiayaan serta menyediakan transaction banking dan trade finance BI.

 

 

Lebih lanjut, kata Pandji, perusahaan juga akan memberikan literasi keuangan syariah kepada nasabahnya mengenai jaminan produk halal.

" CIMB Niaga Syariah akan membantu BPJPH dalam mensosialisasikan mengenai sertifikasi halal kepada para pelaku usaha yang menjadi nasabah dan mitra," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPJPH, Sukoso menegaskan, jaminan produk halal sudah diatur dalam Undang-undang Dasar 1945 yang berbunyi, negara wajib menjamin setiap warga negara punya hak dan dilindungi untuk menjalankan perintah agamanya.

" Karena halal suatu kewajiban, karena diwajibkan Alquran," ujar Sukoso.

3 dari 5 halaman

Pertama di Indonesia, CIMB Niaga Buat Lounge Layanan Digital Perbankan

Dream – CIMB Niaga memudahkan nasabah untuk mengakses layanan digital. Bank ini meluncurkan Digital Lounge @Home untuk memberikan layanan perbankan digital yang lengkap dan nyaman bagi keluarga.

Dengan layanan ini, CIMB Niaga memberikan waktu yang fleksibel dan kemudahan menjangkau akses bagi nasabah maupun para calon nasabah. 

" Digital Lounge @Home ini baru pertama kali diluncurkan di Kemang, untuk memastikan bahwa ini sesuatu yang baru di residential,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan, saat peluncuran Digital Lounge @Home di Jakarta, Kamis 26 September 2019.

Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, menjelaskan layanan digital lounge ini merupakan yang pertama kali hadir di Indonesia. Layanan tersebut menjadi jawaban bagi nasabah yang memerlukan kecepatan dan efisiensi dalam perbankan.

4 dari 5 halaman

Apa Saja Fiturnya?

Dalam Digital Lounge @Home, mesin self service banking juga dihadirkan. Dengan mesin ini, calon nasabah dapat membuka rekening tabungan hanya dalam waktu lima menit. Mesin tersebut juga dapat digunakan untuk tarik dan setor tunai, dan video banking.

 

 

Untuk pembukaan rekening maupun layanan perbankan lainnya, dapat dilakukan secara self service ataupun face to face dengan video banking officer.

Fasilitas yang hadir dalam Digital Lounge ini adalah Smart Meeting Room yaitu fasilitas terbaru dari Video Banking. Dengan fasilitas ini, nasabah dapat mengakses beberapa kegiatan termasuk konsultasi perbankan dan investasi.

5 dari 5 halaman

Ada Juga Area Bermain Anak

CIMB Niaga juga menghadirkan fasilitas keluarga untuk nasabah yang datang ke loung tersebut. Adanya vending machine yang beroperasi 24 jam, kids area, dan claw machine.

Digital Lounge @Home CIMB Niaga juga memberikan pembelajaran mengenai green banking karena paperless diterapkan dalam perbankan ini.

" Tujuan kami adalah tidak hanya cashless tetapi juga cardless. Jadi buat bank lebih efisien dan masyarakat lebih gampang, wallet-nya nggak usah tebel," kata Lani.

Digital Lounge @Home CIMB Niaga memberikan akses operasional yang fleksibel, yaitu Senin - Minggu (termasuk hari besar). Di buka pukul 08.00 - 20.00 WIB. Akses 24 jam diberikan untuk fasilitas ATM dan CDM.

(Sah, Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan