Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai 25 Oktober, Kapan Tes Digelar?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 16 Oktober 2019 17:24
Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai 25 Oktober, Kapan Tes Digelar?
Pendaftaran seleksi CPNS akan dibuka sembilan hari lagi.

Dream – Pemerintah telah memastikan akan memulai proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pekan depan atau pada 25 Oktober 2019. Rekrutmen ini menjadi tahap II seleksi CPNS tahun ini.

Sekadar informasi, seleksi CPNS II tahap pertama sebelumnya dilaksanakan pada Februari 2019 lalu.

Setelah informasi proses pendaftaran diumumkan, kapan pelaksanaa tes seleksi CPNS 2019 akan digelar?

Mengutip laman Liputan6.com, Rabu 16 Oktober 2019, Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmaja, mengatakan, jadwal pelaksanaan tes seleksi CPNS 2019 masih harus dibicarakan dengan pihak terkait lainnya.

" Besok kita ada acara juga, nanti akan bicarakan itu," kata Setiawan singkat saat ditemui dalam acara Penilaian Kinerja PNS, Akselerasi Implementasi Merit Sistem Berbasis Manajemen Kinerja di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

Menurut Setiawan, penentuan tes CPNS 2019 tidak serta merta harus menunggu pengangkatan menteri baru pada 20 Oktober besok. " Kita birokrasi jalan terus," serunya.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Tommy Kurnia)

1 dari 5 halaman

Sah! Pendaftaran CPNS Dibuka 25 Oktober 2019, Ada 100 Ribu Formasi

Dream – Sahabat Dream, segera persiapkan curriculum vitae (CV). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, mengumumkan proses penerimaan CPNS tahun 2019 akan dibuka pada 25 Oktober 2019.

" Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 16 Oktober 2019.

Syafruddin tak mau memerinci lebih lanjut kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS. Menurutnya, nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Itu kewenangan presiden," kata dia.

 

Untuk formasi penerimaan CPNS pada tahun ini, kata dia, ada sebanyak 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi yang ada tersebut kebanyakan dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

" Ya terutama guru, kesehatan," kata Syafruddin.

2 dari 5 halaman

CPNS Dibuka Bulan Ini, 4 Formasi Ini Paling Dibutuhkan

Dream – Sahabat Dream, pemerintah telah mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Rekrutmen ini akan berlangsung pada 25 Oktober 2019.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan, mengatakan, sebanyak 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

“ Empat besar formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan,” kata Ridwan di Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, mengumumkan proses penerimaan CPNS tahun 2019 akan dibuka pada 25 Oktober 2019.

 

 

" Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 16 Oktober 2019.

Syafruddin tak mau memerinci lebih lanjut kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS. Menurutnya, nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Itu kewenangan presiden," kata dia.

3 dari 5 halaman

Waspada Penipuan

Bukan menjadi rahasia umum bahwa rekrutmen CPNS sukses merebut hati masyarakat. Puluhan ribu pelamar berbondong-bondong melamar untuk menjadi calon abdi negara. Malah, tak jarang juga yang menggunakan cara kotor agar bisa lolos seleksi, misalnya menggunakan joki.

Yang menjadi “ gula-gula” dalam rekrutmen CPNS adalah keterjaminan hidup saat menjadi PNS. Di pekerjaan ini, ada insentif yang menarik perhatian masyarakat. Sebut saja gaji ke-13 dan tunjangan pensiun.

Karena diminati banyak orang, ada saja celah yang dimanfaatkan oknum. Orang-orang tak bertanggung jawab tak segan untuk menjerat korban dengan memberikan informasi palsu tentang rekrutmen CPNS.

“ Jenis penipuan yang kerap ada selama ini beragam, mulai dari Surat Keputusan (SK) palsu hingga simulasi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang mengatasnamakan BKN,” kata Ridwan.

Makanya, dia meminta masyarakat untuk semakin pintar menyaring informasi resmi. Informasi resmi yang diberikan seputar CPNS akan diberikan di kanal-kanal resmi milik pemerintah. “ Yakni, website berdomain go.id dan media sosial yang sudah terverifikasi,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Tommy KurniaBadan Kepegawaian Negara)

4 dari 5 halaman

Sambil Tunggu Rekrutmen, Kamu Bisa Ikut Try Out CPNS di Sini

Dream – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka beberapa hari lagi. Dalam rekrutmen CPNS, ada ujian bernama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Dalam seleksi ini, para pelamar diminta mengerjakan sederet soal, dari tes karakteristik pribadi, intelegensia umum, sampai wawasan kebangsaan. Jika tak berlatih, soal-soal ini akan membuatmu pusing tujuh keliling saat mengerjakannya.

Nah, agar bisa menjawab soal-soal ujian SKD, pemerintah menyediakan saluran khusus untuk latihan. Di kanal ini, masyarakat bisa “ asah otak” sebelum bertempur dengan SKD.

 

 

“ Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya,” kata Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN, Efni Surayadi, di Jakarta, dikutip dari bkn.go.id, Rabu 16 Oktober 2019.

Kata Efni, kanal soal-soal try out SKD bisa diakses di cat.bkn.go.id. Materi soal yang disediakan berasal dari bank soal BKN.

5 dari 5 halaman

Kuota Pendaftar Dibatasi

Sayangnya, pendaftaran simulasi soal-soal SKD di laman BKN ini dibatasi. Per hari, kuota maksimal yang disediakan sebanyak 1.500 orang.

“ Memang dibatasi pendaftarnya per hari,” kata Efni.

Alasannya, BKN ingin memastikan masyarakat bisa mengakses situs dengan baik. Tapi, lanjut dia, jumlah akses untuk mengikuti try out tidak dibatasi.

“ Masyarakat bisa mencobanya kapan pun dan di mana pun,” kata dia. 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik