Sumber: Shutterstock
Dream - Pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19 mengakibatkan turunnya angka penjualan dan sempitnya lapangan pekerjaan. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang masih mengandalkan sistem penjualan offline banyak terkena imbasnya.
Strategi penghematan terpaksa mereka tempuh seperti dengan menurunkan produksi atau mengurangi jumlah karyawan agar usaha kecilnya tetap bertahan.
Keadaan inilah yang membuat Tokopedia berinisiatif mengadakan ‘Hyperlocal’. Program ini difokuskan untuk mempercepat digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Melalui inisiasi ini, Tokopedia mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan usaha serta meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi.
“ Pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia bisa terwujud jika masyarakat punya kesempatan sama bahkan di tengah pandemi. Ini melatarbelakangi kehadiran inisiatif Hyperlocal yang akan terus diusung Tokopedia,” ungkap Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Ivander Wijaya pada konferensi virtual Tokopedia, 6 Agustus 2021.
Terdapat beberapa program yang disediakan oleh Tokopedia, seperti kampanye KTP atau Kumpulan Toko Pilihan, yang menggandeng UMKM lokal di berbagai daerah.
Hal ini bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk dari penjual setempat. Tidak hanya meningkatkan usaha penjual, juga meningkatkan usaha di daerah.

“ Sejak mengikuti program KTP Palembang di Tokopedia, penjualan meningkat pesat hingga 3x lipat dengan kenaikan omzet mencapai 30%,” ujar Pemilik Warung Bu Neneng, Rita Damayanti pada kesempatan yang sama.
Selain KTP, Tim RGX Tokopedia juga memberikan pendampingan dan edukasi bagi para pengusaha lokal. Program SKS atau Sekolah Kilat Seller dalam webinar gratis.
Tidak hanya itu, ada Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal selama tanggal 25 hingga akhir setiap bulan.
“ Sejak mengikuti WIB, penjualan harian kami meningkat hingga 2x lipat. Bahkan selama PPKM berlangsung, omzet bisa mencapai puluhan juta,” jelas Pemilik Sniff Sniff Jakarta, Daniel Christian.
Tokopedia bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif Digitalisasi Pasar. Hal ini untuk membantu para pedagang di pasar tradisional berbagai daerah.

“ Mulai dari Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Kab. Bandung hingga Tasikmalaya, mereka dapat memanfaatkan teknologi agar l bisa tetap beradaptasi terutama di tengah pandemi,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan.
Dream - Pembatasan aktivitas bersama dengan banyak orang terjadi besar-besaran yang berakibat menyempitnya lapangan pekerjaan dan menurunnya angka penjualan. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM offline banyak terkena imbasnya.
Beberapa di antaranya bahkan terpaksa menurunkan produksi atau mengurangi jumlah karyawan. Keadaan ini seharusnya menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi.
Sahabat Dream yang ingin memulai berjualan online, dapat menyimak beberapa tips memaksimalkan penjualan UMKM secara online berikut.

1. Manfaatkan Fitur Promo
Beragam marketplace menghadirkan beberapa fitur promo seperti gratis ongkir, voucher potongan harga hingga cashback. Hal ini dapat dimanfaatkan para UMKM untuk mempromosikan produk mereka.
“ Jika ada promo voucher di Tokopedia biasanya hal ini dimanfaatkan para penjual untuk ikutan promosi. Jadi promo juga berlaku di toko mereka” jelas Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Tokopediq, pada konferensi virtual bertajuk Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal, 22 Juni 2021.
2. Ikuti Program dan Kampanye

Pada momentum tertentu, marketplace mengadakan kampanye untuk para penggunanya. Beragam penawaran akan diberikan marketplace untuk mempromosikan barang-barang para penjualnya.
“ Kita ada Waktu Indonesia Belanja dan tidak hanya itu ada beberapa momentum yang bisa dimanfaatkan para penjual” tambah Ekhel
Inovasi yang dilakukan harus mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen.
“ Salah satu inovasi yang bisa dilakukan sesuai momentum seperti saat perayaan ulang tahun Jakarta, bisa membuat hal-hal yang berhubungan dengan ikon Jakarta” tambah Ekhel.

Seperti yang dilakukan 2 UMKM dengan menghasilkan beragam produk kebudayaan Betawi yaitu Thekla Odelia dengan Caramie dan Ukrumah Suda dengan kerajinan tangan khas Indonesia di balik produk CariSouvenir.
Advertisement
Habib Husein Jafar Bagikan Momen Saat Jenguk Onad di Panti Rehabilitasi

Perdana, Kate Middleton Kenakan Tiara Bersejarah Berhias 2.600 Berlian

Update Korban Banjir Sumatera: 846 Meninggal Dunia, 547 Orang Hilang

Anggota DPR Minta Menteri Kehutanan Raja Juli Mundur!

Salut! Praz Teguh Tembus Aras Napal, Daerah di Sumut yang Terisolir karena Banjir Bandang


PLN Percepat Pemulihan Jaringan Listrik di 3 Wilayah Bencana
Rangkaian acara Dream Inspiring Women 2023 di Dream Day Ramadan Fest Day 5

Potret Persaingan Panas di The Nationals Campus League Futsal 2025

PNS Dihukum Penjara 5 Tahun Setelah Makan Gaji Buta 10 Tahun

Ada Kuota 5 Persen Jemaah Haji Lansia di Setiap Provinsi, Ini Ketentuannya

Habib Husein Jafar Bagikan Momen Saat Jenguk Onad di Panti Rehabilitasi

Perdana, Kate Middleton Kenakan Tiara Bersejarah Berhias 2.600 Berlian

Update Korban Banjir Sumatera: 846 Meninggal Dunia, 547 Orang Hilang