Dukung UMKM Lokal 'Go Digital' dengan Program Hyperlocal

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 9 Agustus 2021 06:45
Dukung UMKM Lokal 'Go Digital' dengan Program Hyperlocal
UMKM Lokal juga punya kesempatan berkembang yang sama

Dream - Pembatasan aktivitas karena pandemi Covid-19 mengakibatkan turunnya angka penjualan dan sempitnya lapangan pekerjaan. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang masih mengandalkan sistem penjualan offline banyak terkena imbasnya.

Strategi penghematan terpaksa mereka tempuh seperti dengan menurunkan produksi atau mengurangi jumlah karyawan agar usaha kecilnya tetap bertahan.

Keadaan inilah yang membuat Tokopedia berinisiatif mengadakan ‘Hyperlocal’. Program ini difokuskan untuk mempercepat digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Tokopedia

Melalui inisiasi ini, Tokopedia mendukung para pegiat bisnis lokal di berbagai daerah di Indonesia agar memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan usaha serta meningkatkan daya saing bisnis melalui teknologi.

“ Pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia bisa terwujud jika masyarakat punya kesempatan sama bahkan di tengah pandemi. Ini melatarbelakangi kehadiran inisiatif Hyperlocal yang akan terus diusung Tokopedia,” ungkap Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Ivander Wijaya pada konferensi virtual Tokopedia, 6 Agustus 2021.

1 dari 5 halaman

Beragam Program

Terdapat beberapa program yang disediakan oleh Tokopedia, seperti kampanye KTP atau Kumpulan Toko Pilihan, yang menggandeng UMKM lokal di berbagai daerah.

Hal ini bertujuan agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan produk dari penjual setempat. Tidak hanya meningkatkan usaha penjual, juga meningkatkan usaha di daerah.

Tokopedia

 

“ Sejak mengikuti program KTP Palembang di Tokopedia, penjualan meningkat pesat hingga 3x lipat dengan kenaikan omzet mencapai 30%,” ujar Pemilik Warung Bu Neneng, Rita Damayanti pada kesempatan yang sama.

Selain KTP, Tim RGX Tokopedia juga memberikan pendampingan dan edukasi bagi para pengusaha lokal. Program SKS atau Sekolah Kilat Seller dalam webinar gratis.

Tidak hanya itu, ada Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal selama tanggal 25 hingga akhir setiap bulan.

“ Sejak mengikuti WIB, penjualan harian kami meningkat hingga 2x lipat. Bahkan selama PPKM berlangsung, omzet bisa mencapai puluhan juta,” jelas Pemilik Sniff Sniff Jakarta, Daniel Christian.

2 dari 5 halaman

Kerjasama Pemerintah Pusat dan Daerah

Tokopedia bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif Digitalisasi Pasar. Hal ini untuk membantu para pedagang di pasar tradisional berbagai daerah.

Tokopedia

“ Mulai dari Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Kab. Bandung hingga Tasikmalaya, mereka dapat memanfaatkan teknologi agar l bisa tetap beradaptasi terutama di tengah pandemi,” kata Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan.

3 dari 5 halaman

Dream - Pembatasan aktivitas bersama dengan banyak orang terjadi besar-besaran yang berakibat menyempitnya lapangan pekerjaan dan menurunnya angka penjualan. Pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM offline banyak terkena imbasnya.

Beberapa di antaranya bahkan terpaksa menurunkan produksi atau mengurangi jumlah karyawan. Keadaan ini seharusnya menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk beradaptasi dengan teknologi.

Sahabat Dream yang ingin memulai berjualan online, dapat menyimak beberapa tips memaksimalkan penjualan UMKM secara online berikut.

Tokopedia

1. Manfaatkan Fitur Promo

Beragam marketplace menghadirkan beberapa fitur promo seperti gratis ongkir, voucher potongan harga hingga cashback. Hal ini dapat dimanfaatkan para UMKM untuk mempromosikan produk mereka.

“ Jika ada promo voucher di Tokopedia biasanya hal ini dimanfaatkan para penjual untuk ikutan promosi. Jadi promo juga berlaku di toko mereka” jelas Ekhel Chandra Wijaya, External Communication Tokopediq, pada konferensi virtual bertajuk Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal, 22 Juni 2021.

4 dari 5 halaman

2. Ikuti Program dan Kampanye

2. Ikuti Program dan Kampanye

Tokopedia

Pada momentum tertentu, marketplace mengadakan kampanye untuk para penggunanya. Beragam penawaran akan diberikan marketplace untuk mempromosikan barang-barang para penjualnya.

“ Kita ada Waktu Indonesia Belanja dan tidak hanya itu ada beberapa momentum yang bisa dimanfaatkan para penjual” tambah Ekhel

5 dari 5 halaman

3. Lakukan Inovasi

Inovasi yang dilakukan harus mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan konsumen.

“ Salah satu inovasi yang bisa dilakukan sesuai momentum seperti saat perayaan ulang tahun Jakarta, bisa membuat hal-hal yang berhubungan dengan ikon Jakarta” tambah Ekhel.

Tokopedia

Seperti yang dilakukan 2 UMKM dengan menghasilkan beragam produk kebudayaan Betawi yaitu Thekla Odelia dengan Caramie dan Ukrumah Suda dengan kerajinan tangan khas Indonesia di balik produk CariSouvenir.

Beri Komentar