Hore! Uang Baru Rp75 Ribu Bisa Dipesan Kolektif Mulai Besok Pagi

Reporter : Syahid Latif
Senin, 24 Agustus 2020 16:32
Hore! Uang Baru Rp75 Ribu Bisa Dipesan Kolektif Mulai Besok Pagi
Teman satu kantor, satu RT, atau yang tergabung dalam ikatan alumni bisa mengajukan pemesanan uang baru Rp75 ribu secara kolektif.

Dream - Bank Indonesia berupaya mempercepat peredaran uang baru pecahan Rp75 ribu dengan membuta pemesanan secara kolektif. Cara baru ini bisa dilakukan di kantor perwakilan BI di daerah mulai besok, 25 Agustus 2020 pukul 7 pagi.

Cara mendapatkan uang pecahan Rp75 ribu ini bisa dilakukan bisa dilakukan oleh pegawai yang bekerja di kementerian/lembaga dan instansi, serta di korporasi/asosiasi/perkumpulan. Persyaratannya, calon pemesan wajib membawa minimal 17 orang untuk ikut menukarkan uang.

" Pertama untuk kementerian/lembaga. Siapa yang dapat lakukan penukaran, adalah pegawai kementerian/lembaga dan instansi, dan dapat menyertakan kolega minimal 17 orang. Apakah keluarga atau karyawannya, minimal 17 orang," jelas Kepala Departemen Pengelolaan BI Marlison Hakim dalam sesi teleconference, Senin, 24 Agustus 2020.

Pemesanan kolektif uang baru juga bisa dilakukan oleh korporasi, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta. Kemudian asosiasi semisal ahli dokter, lalu perkumpulan seperti ikatan alumni, serta perkumpulan masyarakat.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Warga Satu RT/RW Juga Bisa Pesan Kolektif

Sama seperti mekanisme untuk PNS, satu orang bisa mengajak lebih dari 17 kawannya untuk ikut memesan uang baru Rp 75 ribu tersebut.

Marlison juga tak menutup kemungkinan masyarakat mengajukan pemesanan uang kolekti di atas 100 orang. " Makin banyak makin bagus, dan makin banyak orang-orang yang punya uang peringatan kemerdekaan ini," dia menambahkan.

Menurut masyarakat, masyarakat yang berada dalam satu lingkungan seperti warga satu RT atau RW juga diperbolehkan mengajukan penukaran uang baru Rp75 ribu secara kolektif.

Meski bisa mengajukan pemesanan secara kolektif, BI tetap memberlakukan kebijakan satu orang yang bisa mengambil uang yang sudah bisa dipesan tersebut. 
" Tunjuk 1 PIC (Person In Charge), dan 1 PIC ini yang melakukan penukaran," imbuh Marlison.

Dijadwalkan cara pemesanan uang baru Rp75 ribu secara kolektif sudah bisa dimanfaatkan besok pagi sekitar pukul 7 pagi.

(sah, Sumber: Merdeka.com)

2 dari 3 halaman

Uang Baru Rp75.000 Bisa Didapat di Bank Mandiri 1 Oktober 2020

Dream - Antusiasme masyarakat mendapatkan uang khusus pecahan Rp74.000 membuat banyak orang kesulitan mengakses situs yang disiapkan Bank Indonesia. Masalah ini kemungkinan akan segera teratasi dalam waktu dekat.

PT Bank Mandiri Tbk menyatakan akan memfasilitas penularan uang rupiah baru pecahan Rp75.000 di 408 kantor cabangnya di seluruh Indonesia. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan masyarakat mulai 1 Oktober 2020 mendatang.

Hingga akhir September 2020, fasilitas pemesanan uang baru Rp75.000 hanya dilayani oleh BI. Para pemesan dibatasi hanya bisa memesan 1 uang baru untuk 1 KTP.

" Jadi teman-teman bisa melakukan penukaran lewat online yang disiapkan Bank Indonesia tadi. Di sini karena jumlah terbatas setiap 1 lembar (uang Rp 75.000) 1 nomor KTP," Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunadi dalam sesi teleconference, Rabu, 19 Agustus 2020.

 

3 dari 3 halaman

Ada 5 Bank yang Ditunjuk

Setelah masa penukaran di BI yang merupakan tahap pertama selesai, bank sentral di Tanah Air ini akan mengizinkan penukaran uang baru Rp75.000 di bank-bank umum.

Sebanyak lima bank umur telah ditunjuk untuk melayani penukaran uang edisi spesial 75 tahun Kemerdekaan RI itu pada 1 Oktober 2020. Satu dari lima bank umum tersebut adalah Bank Mandiri.

" Penukaran tahap II 1 Oktober sampe selesai, nanti Bank Mandiri sediakan 408 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi sekarang belum bisa, nanti setelah September bapak-ibu ingin menukar bisa datang," tuturnya.

" Nanti penjatahan sesuai dengan minat dari nasabah yang ingin menukar. Kumpulkan dulu minatnya, nanti Mandiri akan minta ke BI sesuai jatah yang diperlukan," dia menambahkan.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar