CV Yang Kreatif Biasanya Sukses Memikat Perusahaan.
Dream – Bagi Anda yang pernah melamar kerja, pasti sudah pernah membuat curriculum vitae (CV). Lewat CV itulah kita memperkenalkan diri kepada manajemen perusahaan yang dilamar.
Bentuk CV biasanya berupa satu dua lembar kertas berisi daftar riwayat hidup dan pengalaman berkarier. Supaya CV yang dibuat tak berakhir di tempat sampah, banyak pelamar kerja yang memoles resume itu dengan sekreatif mungkin.
Ada yang membuatnya menjadi bentuk majalah, membuatnya menjadi mainan, dan ada pula yang memasukkannya ke kotak makanan.
Berikut ini beberapa bentuk CV unik yang kami kutip dari berbagai sumber.
© Dream
Seorang seniman bernama Andy Morris membuat CV yang tidak biasa. Pria berusia 34 tahun ini mengantarkan CV itu dengan miniatur Lego kepada perusahaan untuk bisa menarik perhatian perusahaan periklanan dan pemasaran.
Karakter Lego yang digunakan ini memakai jaket bomber dan topi. “ Melamar pekerjaan adalah proses yang membosankan yang bisa menghasilkan gunungan kertas untuk pencari kerja dan perusahaan,” kata Andy.

Untuk itulah, dia membuat CV dengan cara yang tidak biasa. Andy memerlukan waktu dua bulan untuk membuat CV dengan cara unik. Di kemasannya, dicantumkan biodata dan sepenggal informasi tentang dirinya.
Untuk keterangan lebih lanjut tentang CV-nya, pria berusia 34 tahun ini menyertakan alamat tautan agar perusahaan bisa membaca seluruh isi CV Andy.

“ Saya hanya ingin melakukan sesuatu yang membuat saya dilihat,” kata pria yang ahli di bidang desain grafis ini.
© Dream
Cara membuat CV yang dilakukan pria asal Bangalore, India, Sumukh Mehta, ini bisa ditiru. Sumukh membuat CV-nya menjadi tiruan majalah Gentleman Quarterly (GQ). Dari CV-nya, bisa ditebak GQ-lah yang disasar oleh Sumukh.

Dia memerlukan waktu tiga minggu untuk membuat CV setebal 20 halaman ini, mulai dari pengambilan gambar hingga editing. CV tersebut dikirimkan ke kantor GQ di London, Inggris; New York, Amerika Serikat; dan Mumbai India.
Hasil kerja kerasnya berbuah manis. Sumukh berhasil memikat hati pemimpin redaksi GQ di Inggris, Dylan Jones. Dylan juga dikabarkan memberikan pekerjaan kepada Sumukh di bidang pemasaran global tanpa wawancara.
© Dream
Ini bukan berarti CV-nya dibentuk menjadi kotak donat, ya, Sahabat Dream. Seorang lulusan baru bernama Lukas Yla menyelipkan CV-nya di kotak makanan ini.
“ Semua resume akan berakhir di tempat sampah. Punyaku? Berakhir di perutmu,” begitu kutipan CV-nya.

Dia berpendapatan kebanyakan CV akan berakhir di tempat sampah, lalu Lukas membuat CV-nya seperti ini. Sebelum menyebar CV, Lukas terlebih dahulu meriset kebiasaan karyawan di New York. Ternyata, mereka suka makanan ringan, salah satunya donat.
Lukas pun menyebar 40 kotak donat ke perusahaan yang diincar dan itu dilakukannya seorang diri. Pria yang mengincar bagian pemasaran ini memetik hasil yang manis. Ada 10 perusahaan yang memanggilnya untuk melakukan wawancara kerja.
Ingin mencobanya, Sahabat Dream?
Advertisement
Jakarta Fashion Week 2026, Tampilkan Karya Lebih dari 100 Desainer

Jakarta Expat Tennis Ladder, Komunitas yang Jadi Rumah Kedua Para Ekspatriat

Latih Si Kecil Biar Tak Boros, Ayah Bunda Bisa Terapkan Hal Ini

Siap-Siap, Tarif TransJakarta Bakal Naik!

Girangnya Bocah 7 Tahun Bisa Kuliah Kimia di Nanyang Technological University
