Shutterstock
Dream - Konsumsi masyarakat Indonesia mengalami tren meningkat saat Ramadan dan Idul Fitri. Banyak orang belanja kebutuhan untuk persiapan Ramadan dan lebaran.
Berdasarkan data Tokopedia pada 11 hingga 20 April 2022, kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya adalah kategori Makanan dan Minuman, Fesyen, Perawatan Diri dan Kecantikan.
“ Parsel Ramadan dan Lebaran berisi cokelat, kue kering, dan diffuser pengharum ruangan menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat lewat Tokopedia,” ungkap Head of Extrenal Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Senin 25 April 2022.
Selain coklat dan kue kering, pada kategori Makanan dan Minuman, produk yang paling diburu meliputi makanan dan minuman siap konsumsi, teh, dan hampers buah.
Menjelang Hari Raya, brand fashion berlomba-lomba mengeluarkan koleksi terbaru mereka. Beragam potongan dan warna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tampil stand out di hari Lebaran. Apalagi brand lokal pun tak kalah saing dengan baju rancangan rumah brand luar.
“ Produk lokal sekarang punya nilai juara dan bisa bersaing di pasar, produk seperti baju ihram, jilbab anak serta jaket batik perempuan menjadi yang paling laris menjelang Hari Raya,” tambah Ekhel.
Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). Ada juga kampanye Ramadan in Style yang menggandeng UMKM lokal di industri fesyen termasuk fesyen muslim, salah satunya Wearing Klamby. Kenaikan transaksi Wearing Klamby mencapai hingga 300% di Lebaran 2021.
Pada kategori Perawatan Diri, parfum untuk perempuan, parfum khusus rambut serta krim pelindung (sunblock) untuk badan adalah beberapa produk paling laku.
Lalu di kategori Kecantikan, produk maskara, serta bedak wajah menjadi produk paling dicari.
“ Kategori parfum juga mengalami peningkatan karena brand lokal memang sangat bersaing sekarang, saya pun sekarang memilih parfum lokal yang wanginya unik banget. Harapannya kita sebagai platform bisa membantu penjual untuk menjual barangnya dan mengajarkan tentang edukasi ke toko juga,” tambah Ekhel.
Tren belanja di Tokopedia selama Ramadan atau menjelang Lebaran 2022 turut didorong oleh deretan inisiatif bagi masyarakat Indonesia termasuk UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya Tokopedia Ramadan Ekstra, tradisi belanja terbesar dari Tokopedia sepanjang Ramadan hingga 30 April 2022 mendatang.
Tak ketinggalan Tokopedia NOW!, layanan 24 jam dalam 7 hari yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian seperti sembako, daging, sayur, buah dan sebagainya dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.
“ Jadi belanja makanan untuk sahur dua jam sebelumnya pun dimungkinkan berkat kehadiran 24/7 Tokopedia Now!,” tambah Ekhel.
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Clara Shinta Ungkap Rumah Tangganya di Ujung Tanduk, Akui Sulit Bertahan karena Komunikasi Buruk
Cara Cek Penerima Bansos BLT Oktober-November 2025 Rp900 Ribu